Online Global Classroom

Serangkaian Online Global Classroom yang diadakan pada tangga 17 April 2024 secara online antara Fakultas Psikologi UIN Malang dan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Tekonologi Malasia dengan tema Joint Organized Between School of HRD and Psychology. Dalam kegiatan ini ada 5 pemateri yang menyampaikan materi sesuai dengan topik. Kegiatan ini dibuka oleh Prof Rifa Hidayah selaku Dekan Fakultas Psikologi UIN Malang.

Materi pertama yaitu tentang “ The Application of Psychology Testing in the Context of Clinical Psychology”

Profesor Aisyah mengawali materi pada siang hari ini, membahas topik kontroversial “kepribadian” dalam konteks pekerjaan. Dia menekankan relevansi historis Indikator Tipe Myers-Briggs (MBTI), yang diambil dari karya Carl Jung, sebagai alat untuk menentukan tipe psikologis dan membantu dalam pengambilan keputusan pekerjaan. Sebagai penutup, Profesor Aisyah mencatat, “Tes kepribadian sangat penting bagi keberlanjutan organisasi, memberikan wawasan penting dalam seleksi karyawan dan manajemen kinerja.”

Materi kedua yaitu “ The Application of Psychology Testing in industrial and Organisational Psychology”

Materi kedua disampaikan oleh Dr. Wan Mohd Azam, Dr. Wan membahas tentang “Kesehatan Mental.” Dia menguraikan bagaimana kesejahteraan mental memungkinkan individu untuk menyadari potensi mereka dan mengelola tekanan hidup yang normal. Dr. Azam secara khusus menyoroti ‘Kesehatan Mental Digital’, sebuah bidang yang sedang berkembang yang memanfaatkan teknologi untuk mengelola masalah kesehatan mental. Kesimpulannya menunjukkan peran penting tes psikologis dalam pengaturan klinis untuk diagnosis, pengobatan, dan pengelolaan kondisi kesehatan mental yang efektif.

Materi ketiga yaitu tentang “ Human Performance Improvement in Cyberpsycholoy”

Diskusi mengenai cyberpsikologi disampaikan oleh Yusuf Ratu Agung. Ia mengkaji bagaimana teknologi digital, khususnya internet, mempengaruhi psikologi manusia. Bapak Yusuf menekankan perlunya strategi untuk memitigasi masalah seperti kecanduan media sosial dan gangguan mood yang banyak terjadi di era digital saat ini. Ia menyatakan, “Memahami dampak psikologis dari interaksi kita dengan teknologi sangat penting untuk mengembangkan intervensi yang efektif.”

Materi berikutnya yaitu tentang “Applied Psychological Testing in the Context of Assesment Center”

Dr. Endah Kurniawati membahas tentang peran Assessment Center dalam memprediksi potensi individu untuk tanggung jawabnya di masa depan. Ia menyoroti integrasi tes psikologi dengan simulasi perilaku untuk menilai kompetensi secara menyeluruh. “Tes psikologi sangat penting untuk meningkatkan efektivitas assessment center, terutama dalam memahami beragam kemampuan individu,” tutupnya.

Materi Terakhir yaitu tentang Artificial Intelligence for Children”

Novia Sholihah menutup sesi seminar dengan materi “Artificial Intelligence” . Novia Sholichah mengeksplorasi bagaimana teknologi AI membantu memecahkan tantangan kognitif dan penerapannya dalam psikologi dan pendidikan. Secara khusus, ia menyebutkan peran AI dalam memfasilitasi pembelajaran interaktif dan kerja tim di antara siswa melalui robotika, menjadikan pembelajaran lebih menarik dan produktif.

Online Global Classroom yang diselenggarakan berturut-turut ini memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana psikologi berkaitan dengan tantangan dan teknologi modern, menawarkan solusi inovatif dan meningkatkan pemahaman kita tentang perilaku manusia dalam berbagai situasi.