Lab. Rekayasa Budaya dan Pengabdian Masyarakat

Laboratorium Rekayasa Budaya dan Pengabdian Masyarakat


PROFIL

  • Pembina

Dr. Hj. Rifa Hidayah, M. Si

  • Penanggungjawab

Dr. Ali Ridho, M. Si

Dr. A. Khudori Soleh, M. Si

Dr. Endah Kurniawati, M. Si

  • Ketua Laboratorium (RBPM)

Muchamad Adam Basori, MA (TESOL)

 

VISI

Menjadi laboratorium yang mengimplementasikan praktek-praktek psikologi humanistik melalui lensa penggunaan bahasa komunikasi interdisipliner dalam meningkatkan kepuasan hidup sehat individu, menyeimbangkan pola jiwa, dan mewujudkan kebahagiaan hidup kebutuhan dasar manusia seperti yang digambarkan dalam representasi multimodal.

 

MISI

  1. Melestarikan nilai-nilai humanistic psychology kepada sesama manusia dalam menelaah fenomena gejala raga, jiwa, dan rasa dengan interaksional verbal, non-verbal, dan representasi multimodal.
  2. Merevitalisasi fungsi keseimbangan konsumsi raga, jiwa, dan rasa supaya individu mampu memenuhi kebutuhan dasarnya dan mewujudkan kepuasan hidup sehat dengan kesadaran penggunaan bahasanya.

 

TUJUAN

  1. Menelaah kembali konsep dunia ‘diri’ yang utuh, bersatu, dan indah
  2. Memotivasi individu-individu yang pernah, sedang, dan akan mengalami permasalahan yang terkait, tapi tak terbatas pada keseimbangan keinginan (will) dan kebutuhan (need) dasar manusia.
  3. Menjaga keunikan paradigma berpikir, bertindak, dan berbicara masing-masing alamiah individu dan segala situasi kontekstualnya.
  4. Membuka jalan bagi individu dari pusat nilai-nilai kepribadiannya, kreatifitasnya, dan keaktifan alamiah manusiawinya.

 

PROGRAM LAYANAN

Psycholinguistic Therapy menyelidiki sifat dasar kesulitan berbicara, bahasa tulisan, dan atau literasi anak-anak, remaja, dan orang dewasa tanpa menargetkan intervensi untuk mengungkap fakta diri pada raga, jiwa, dan rasanya melalui representasi multimodal situasi kontekstualnya.

 

JENIS PROGRAM LAYANAN

  1. Person-centered therapy
  2. Motivation
  3. Coping with depression
  4. Valuing self-worth

 

BIBLIOGRAPHY

[…]

X