Minat Remaja Pada Crypto : Peluang atau Fomo ?

Oleh : Muhamad Ali Sifaudin Yudi

Akhir-akhir ini dunia maya sedang digegerkan dengan adanya dunia per cryptoan yang bisa mendapatkan ratusan hingga milyaran uang jika dia benar-benar meneuni dalam dunia crypto ini. Banyak para remaja atau anak-anak yang mempunyai cita-cita uang banyak dalam waktu cepat semua tertarik pada bidang ini. Karena ada salah satu influencer atau orang yang paham dengan dunia percryptoan ini mengatakan bahwa” jika kita paham dengan dunia persahaman didalam crypto maka uang yang mencari kita bukan kita yang mencari uang”. Dengan kata-kata itu yang sampai viral didunia sosmed banyak remaja-remaja yang sampai putus sekolah demi belajar tentang percryptan ini. Dia jga pernah berkata bahwa Pendidikan dinegara kita itu sangat rendah karena ap akita disekolah hanya disuruh belajar, belajar, dan belajar tidak ada letak Dimana titik kita harus eksekusi. Diusianya yang dibilang sangat muda dan dapat mengahasilkan uang triliyuan itu juga sangat menekam erat bahwa apa yang dikatakan tentang sekolah itu ada benarnya. Disini kita juga sudah hidup di zaman semua nya serba teknologi, jangan sampai kita sampai kalah dengan adanya teknologi karena teknologi ni sifatnya hanya membantu pekerjaan kita agar mencapai hasil yang telah kita pilih. Dia juga akhir-akhir ini membuka sebuah seminar atau sekolah dalam sehari yang mempelajari tentang crypto ini dengan harga 17jt per orang, yang dikejutkan lagi adalah yang mengikuti itu sangatlah banyak dan rata-rata adalah anak yang putus sekolah dan meminta uang kepada orang tuanya agar mengikuti seminar tersebut.

Dan dimulai sejak hari ini Dimana dunia percryptoan ini sangatlah meluas dan berkembang sangatlah pesat. Ada beberapa hal Dimana maraknya dunia percriptoan ini karena harga kripto-kripto lainnya seringkali mengalami fluktuasi yang signifikan dalam waktu singkat. Diskusi bisa mencakup faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan harga, seperti berita pasar, sentimen investor, perubahan regulasi, dan pengaruh pasar global. Semakin banyak institusi keuangan dan perusahaan besar yang mulai mengadopsi kripto, baik sebagai investasi atau untuk integrasi teknologi blockchain dalam operasi mereka. Kasus-kasus adopsi institusional ini bisa menjadi topik menarik untuk didiskusikan, termasuk dampaknya terhadap harga dan legitimasi kripto. Regulasi kripto terus berkembang di berbagai negara. Diskusi bisa mencakup langkah-langkah baru dari regulator, seperti larangan perdagangan kripto atau langkah- langkah untuk memperkuat perlindungan investor. Ini juga dapat melibatkan diskusi tentang bagaimana regulasi dapat memengaruhi pasar dan adopsi kripto.i: Kripto dan teknologi blockchain terus mengalami inovasi. Diskusi dapat mencakup perkembangan terbaru dalam teknologi, proyek-proyek baru, atau tren seperti DeFi, NFT (Non-Fungible Token), dan pengembangan jaringan blockchain baru.i: Kripto dan teknologi blockchain terus mengalami inovasi. Diskusi dapat mencakup perkembangan terbaru dalam teknologi, proyek-proyek baru, atau tren seperti DeFi, NFT (Non-Fungible Token), dan pengembangan jaringan blockchain baru.

Trend crypto pada lapisan Masyarakat

masyarakat di Indonesia telah menunjukkan kesempatan dan peningkatan dalam penggunaan kripto sebagai komoditi digital dan aplikasi yang menarik. Berbagai kelompok, termasuk tokoh-tokoh terkenal, seniman, dan pengikut, telah menggunakan kripto. Trend ini sangat mengegerkan Masyarakat terlebih kepada anak muda jaman sekarang. Yang berfikiran bahwa mencari uang itu sangat mudah dan tidak perlu kerja keras ekstra. Terlebih dizaman sekarang semuanya serba media social dan pemahaman tentang kripto ini sangat berkembang pesat dengan adanya bukti bahwa ada salah satu ifluenser yang dibilang sangat muda sudah bisa mendapatkan uang milyaran rupiah dari hasil crypto tersebut. Dengan hanya duduk dan meihat layer laptop atau handphone terlebih pemuda zaman sekarang adlah kaum mageran yang tidak mau bekerja yang dapat mengeluarkan keringat.

Cripto ini menjadi pembincangan luas tidak hanya diindonesia melainkan juga didunia karena titik pasar saham kita semakin sempit yang duu kita bisa berinvestasi dibidang tanah, emas, pabrik dan lain-lain dan menyusutnya bumi karena padatnya populasi dibumi mengakibatkan semakin sempit pasar Dimana agar kita dapat berinvestasi untuk jangka Panjang, maka muncullah dunia persahaman kripto ini yang berbasis kepada teknologi. Hal ini menyorot sangat tajam bagi kaum muda mudi yang sangat jago dalam teknologi dan lebih memilih belajar pasar saham crripto ini karena apa mereka juga berfikir sistem pembelajaran di sekolah itu sangat sistematik dan paten sedangkan zaman ini terus maju dan berkembang kenapa sistem Pendidikan disekolah tetap mempelajari tentang hal yang tidak langsung dieksekusi dan dinikmati hasilnya. Maka dari itu kita sebagai remaja harua lebih meluas dalam mencari pengalaman dan beajar dengan ketertarikan teknologi dengan gaji yang maksimal namun juga haru belajar didalam pasr percriptoan ini sangat dalam

Fakta yang ketiga adalah sejumlah Perusahaan besar seperti google, Microsoft, dell dan perusaan lain sudah memakainsitem pembayaran crypto atau sudah mengizinkannya. Dalam hal ini bisa disimpulkan bahwa crypto ini bisa menjadi investasi jangka Panjang dari 5 sampe 10 tahun kedepan karena dengan Adaya banyaknya hamper semua umat manusia memakai teknologi ataupun lainnya. Dengan demikian, trend kripto pada lapisan masyarakat di Indonesia menunjukkan bahwa kripto telah menjadi komoditi digital yang cukup populer dan menarik bagi banyak orang, dengan kemungkinan bahwa peningkatan penggunaan kripto akan lebih luas dan berkembang di dalam negeri.

Kacamata psikologi pada Crypto

Kacamata psikologi pada investasi crypto merupakan kemampuan yang penting untuk membantu pengguna dalam menghindari     risiko   dan meningkatkan keseimbangan pendapatan. Berikut adalah beberapa psikologi yang penting untuk investasi crypto. Memahami emosi: Psikologi ini membantu pengguna mengenal pasti emosi yang mereka rasakan ketika berinvestasi. Pengguna harus memahami emosi yang mereka rasakan dan menggunakan emosi tersebut untuk membuat keputusan yang baik. Memahami kelebihan dan kekurangan: Psikologi ini membantu pengguna mengenal pasti kelebihan dan kekurangan dari setiap jenis crypto. Pengguna harus memahami kelebihan dan kekurangan dari setiap jenis crypto untuk membuat keputusan yang baik. Memahami kemungkinan risiko: Psikologi ini membantu pengguna mengenal pasti kemungkinan risiko yang ada dalam investasi crypto. Pengguna harus memahami    kemungkinan    risiko untuk membuat keputusan yang baik. Memahami kemampuan investasi: Psikologi ini membantu pengguna mengenal pasti kemampuan investasi yang mereka miliki. Pengguna harus memahami kemampuan investasi untuk membuat keputusan yang baik.(Afani & Tambunan, 2022)

Dalam hal ini, kacamata psikologi pada investasi crypto bergantung pada berbagai faktor, termasuk kemampuan untuk memahami konsep investasi, kemampuan untuk membagi investasi dengan kemungkinan risiko, dan kemampuan untuk menggunakan teknologi digital. Selain itu, kacamata psikologi juga bergantung pada kemampuan untuk mengikuti trend investasi yang menarik dan mengubah pikiran masyarakat Indonesia.