Pelantikan ORMAWA Psikologi 2023

[vc_row][vc_column][vc_column_text]ORMAWA Fakultas Psikologi UIN MALANG melaksanakan kegiatan pelantikan OMIK Fakultas Psikologi. Kegiatan ini dilaksanakan pada jam 13.00 yang bertepat di ruang Psychomovie. Pada acara kali ini di hadiri oleh 62 mahasiswa, yang terdiri dari 16 mahasiswa dari Senat Mahasiwa, 38 mahasiswa dari perwakilan Dewan Eksekutif Mahasiswa, serta 8 mahasiswa dari perwakilan Lembaga Semi Otonom Fakultas Psikologi. Kegiatan ini dihadiri oleh demisioner ketua SEMA dan DEMA pada periode 2022, serta dihadiri oleh Dekan Fakultas Psikologi dan Kepala Laboratorium Kemahasiswaan Dan Alumni,

Dalam kegiatan ini dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama diawali dengan pembacaan ayat suci al-qur’an, yang di bacakan oleh rekan Rizki Ramadhani Pratama, kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu wajib, dan diakhiri dengan pembacaan do’a, yang dipimpin oleh rekan Dimas Rangga Aditya. Dan pada sesi kedua, diawali dengan Pelantikan Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Psikologi Masa Bakti 2023, dengan dibacakannya Surat Keputusan yang di bacakan oleh rekan Ranto Jagad Kelana Hasibuan, dan dilanjutkan dengan prosesi pelantikan dan pembacaan sumpah janji Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Psikologi, yang dipandu oleh Dekan Fakultas Psikologi Prof. Dr. Rifa Hidayah, M.Si.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan, sambutan pertama diawali oleh ketua SEMA Fakultas Psikologi, Ahmad Afskar Nala A., dalam sambutannya ia menyampaikan bahwa,saat ini minat mahasiswa terhadap berorganisasi sangat turun, mahasiswa lebih akan focus pada zona nyamannya, tanpa harus menjadi penggerak-penggerak yang bisa membersamai dan juga menjadi pelopor estafet organisasi kedepannya. Ia juga menyampaikan kepada rekan-rekan Lembaga Omik Fakultas Psikologi bahwa mereka mendapat kesempatan yang dimana mahasiswa lainnya tidak mendapatkannya, ia berharap bahwa mereka bisa memanfaatkan momentum ini sebagai ranah pengembangan aktualisasi diri dan juga proses yang bisa mereka berikan kemanfaatan dalam ranah internal maupun eksternal organisasi. Ia juga berharap bahwa dengan 72 SDM OMIK Fakultas Psikologi saat ini, bisa melanjutkan estafet perjuangan, dan juga menciptakan inovasi serta kreatifitas membawa pembaharuan dalam suatu pergerakan baru di era selanjutnya. Ia juga mengatakan bahwa dalam hal ini, SEMA sebagai wadah dalam penyampaian opini serta saran mempunyai beberpa fungsi yaitu, advokasi,budgeting,aspiratif, dan komunikatif dalam segala halnya di esok hari.

Kemudian, dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua DEMA Fakultas Psikologi, Moch. Al Ihza Dwi Kurniawan. Dalam sambutannya ia menyampaikan bahwasanya, kita harus mengembalikan aktualisasi atau eksistensi diri pada organiasi yang telah kehilangan marwahnya. Ia berharap kepada rekan-rekan DEMA dan LSO untuk kedepannya dapat berkomitmen tinggi akan tugas-tugas yang diberikan. Ia juga berharap agar jika nantinya akan ada tantangan dan peluang saat menjalankan tugas, mereka bisa menghadapi itu semua, serta kedepanya mereka mempunyai inovasi dan kebijakan-kebijakan baru. Ia mengatakan bahwa peran DEMA sangatlah penting, mereka adalah mahasiswa pendorong perubahan positif melalui kegiatan-kegiatan yang mempunyai banyak inovasi.

Sambutan terakhir yakni, sambutan dari Dekan Fakultas Psikologi, Prof. Dr. Rifa Hidayah, M.Si. Beliau mengatakan bahwa, rekan-rekan yang datang saat itu mereka adalah mahasiswa pilihan yang mampu dan mau belajar untuk berorganisasi dan sebagai wadah aspirasi mahasiswa agar kedepannya kegiatan kemahasiswaan menjadi lebih baik, terutama di Fakultas Psikologi, beliau juga mengajak sebagai mahasiswa pilihan agar selalu berperilaku sebagaimana seorang yang di teladani, dan juga saling tolong menolong dalam kebaikan dan ketakwaan. Ia berharap agar organisasi ini tidak hanya milik ketua, akan tetapi milik bersama, yang artinya di dalamnya harus saling bahu-membahu agar program yang akan dijalankan bisa dilaksanakan dengan baik. Beliau berpesan jika aktif dalam berorganisasi, etika dan perilaku harus dijaga, dan tugas sebagai mahasiswa harus dilaksanakan, karena itu adalah tugas yang utama dan menjadi tanggung jawab yang sifatnya personal. Beliau berharap bahwa mahasiswa- mahasiswa yang aktif dalam berorganisasi dan menjadi pengurus SEMA-DEMA menjadi pelopor untuk segera atau di awal waktu lulus menjadi sarjana psikologi. Beliau berpesan agar menggunakan kegiatan-kegiatan atau pertemanan yang ada di SEMA, DEMA untuk mempercepat studi, dengan program-program yang dirancang dengan baik. Beliau juga menegaskan bahwa, kesetiaan itu penting, akan tetapi kesetiaan itu ada prioritasnya, selama pemimpin yang ia ikuti tidak mengajak pada kedzoliman, maka pemimpim tersebut harus diikuti. Beliau mengingatkan kembali, untuk saling mengingatkan dalam hal kebaikan karena pahala yang akan di dapat sangatlah besar. SEMA-DEMA ada untuk mendukung ketercapaian pembelajaran akan lebih baik, maka dari itu program-programya mendukung ke arah akademik, yang pengembangannya agar menjadi lebih baik dan menyelesaikan studi sesuai dengan ekspektasi/sesuai dengan keinginan. Beliau menyampaikan pesan terakhir sebelum mengakhiri sambutannya yakni, setiap tanggung jawab itu akan dimintai pertanggung jawabannya maka dalam organisasi pun akan dimintai pertanggung jawabannya, bagaimana program tersebut berjalan dengan baik, maka tanamkanlah dalam diri perseorangan.

Acara selanjutnya yakni, pemberian SK kepada ketua SEMA dan DEMA demisioner. Dan dilanjutkan dengan penyerahan bendera dari demisioner kepada ketua SEMA dan DEMA yang baru, serta diakhiri dengan berfoto bersama,

Diakhir sesi kegiatan pelantikan OMIK Fakultas Psikologi, diadakannya sesi wawancara dengan Dekan Fakultas Psikologi, serta Ketua SEMA dan DEMA Fakultas Psikologi. Dekan Fakultas Psikologi, Prof. Dr. Rifa Hidayah, M.Si. menyampaikan saran kepada kepengurusan yang baru ini yang pertama adalah selalu menjaga komunikasi, kekompakan dalam melaksanakan program kerja yang nantinya akan dilaksanakan secara bersama-sama, selain itu jika ada kegiatan atau suatu program time line nya juga harus di sesuaikan jangan sampai berbenturan dengan kegiatan yang seharusnya dilaksanakan mahasiswa sebagai mahasiswa, misalkan pada saat kuliah ataupun saat praktikum. Beliau juga berharap agar di kepengurusan yang baru ini semua berjalan dengan baik dan nanti kepengurusannya akan berjalan sampai nantinya husnul khatimah, dengan program-program yang nantinya diharapkan berjalan sesuai dengan schedule, dapat dilaksanakan dengan baik dan tentunya bisa mewakili aspirasi seluruh mahasiswa yang ada dibawah prodi psikologi sehingga aspirasi mereka terwakili melalui wadah-wadah di omik melalui SEMA-DEMA.

Dilanjutkan dengan Ketua SEMA Fakultas Psikologi, Ahmad Afskar Nala A., ia menyampaikan bahwa dengan memperkuat kondisi internal itu adalah pondasi karena ia tidak bisa hanya berdiri sendiri dan dimana bakal banyak terobosan dan pembaharuan baru dari kepengurusan sebelum-sebelumnya, maka dari itu dengan memperkuat kondisi internal agar berjalannya program kerja atau rencana kedepannya dengan baik, serta saat kepengurusannya saat ini ia akan mengadakan suatu pergerakan baru yang dimana pembaharuan-pembaharuan tersebut akan menjadi suatu hal beda dari tolak ukur SEMA Fakultas Psikologi sebelumnya, dimana pada tahun ini ia akan membuat adanya innaguration night yang dimana untuk memperkuat bonding dari rekan-rekan SEMA F, dan juga nantinya akan diadakan safari aspirasi yang menjadi output dalam birokrasi membersamai dan juga terkait dengan adanya kunjungan dan studi banding yang akan menjadi suatu evaluasi dan tolak ukur antara Lembaga Fakultas Psikologi dengan Lembaga SEMA yang ada di ranah eksternal. Ia berharap agar SEMA F, bisa terus membersamai, dan terus menjadi mitra kerja yang bisa bersama-sama untuk memberikan perubahan dan pembaharuan, serta bisa memaksimalkan akan fungsi sebagai Lembaga Legislatif itu sendiri, juga pastinya ia berharap semoga kedepannya akan tercipta regenerasi sebagai proses kaderasasi pemimpin-pemimpin ketua umum SEMA yang terbentuk untuk periode selanjutnya lebih baik lagi dari periodenya saat ini.

Selanjutanya, diakhiri oleh Ketua DEMA Fakultas Psikologi, Moch. Al Ihza Dwi Kurniawan, ia menyampaikan bahwa, dengan program kerja yang inovatif dan impact nya terhadap mahasiswa umum ia berharap kedepannya organisasi khususnya Dema-F Psikologi masih relevan pada masa sekarang ini. Dan dengan pembaharuan tentang digitalisasi dapat lebih banyak menampung bakat minat mahasiswa. Ia juga menyampaikan bahwa DEMA-F Psikologi sebagai wadah bakat minat serta menjadi wadah aktualisasi diri bagi rekan-rekan mahsaiswa umum. Ia berharap bahwa di akhir kepengurusannya dapat menjadi akhir yang husnul hotimah, dan bisa melaksanakan program-program kerja yang telah direncanakan, secara kondisi internal kedepannya agar bisa menjadi kondusif dan juga bisa saling menghargai satu sama lain.

Dan dengan ini berakhirlah acara kegiatan pelantikan OMIK Fakultas Psikologi 2023, acara berjalan dan dengan baik, lancar serta khidmad tanpa ada kendala apapun. Harapannya, pada kepengurusan yang baru ini dapat menjadi OMIK Fakultas Psikologi yang mempunyai inovasi serta kreatifitas yang terus berkembang dan diiringi dengan akhlak dan tanggung jawab yang lebih baik dari sebelumnya.

admin[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *