Sekilas Profil

Profil Magister Psikologi

Program Magister Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim telah memperoleh izin penyelenggaraan dengan diterbitkannya SK Surat Nomor: 836/KPT/I/2019 dari Departemen Pendidikan Nasional – Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi tertanggal 23 Sepetember 2019. Selanjutnya pada bulan Februari 2020 Program Studi Magister Psikologi mulai membuka pendaftaran mahasiswa untuk pertama kalinya. Pada awal berdirinya Program Studi Magister Psikologi berada di bawah pengelolaan Program Pasca Sarjana, namun pada bulan Agustus 2020 berdasarkan keputusan rektor pengelolaan Prgram Studi Magister Psikologi diintegrasikan dengan Fakultas Psikologi. Sehingga sejak semester ganjil 2020/2021 Program Studi Magister Psikologi resmi dibawa pengelolaan Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Pendirian Program Studi Magister Psikologi ini merupakan respon terhadap kebutuhan masyarakat akan profesional-profesional dalam bidang Psikologi, yaitu bidang ilmu yang memfokuskan pada tingkah laku dan proses-proses mental manusia di berbagai konteks.

Program Studi Magister Psikologi ini, yang bersifat multientry baik dari lulusan S1 psikologi maupun non-psikologi dan berfokus pada penelitian serta pengembangan ilmu psikologi. Program Magister Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim berfokus pada penelitian dan pengembangan ilmu psikologi yang mendorong lulusan agar menguasai teori-teori psikologi, mampu melakukan penelitian ilmiah dalam bidang psikologi baik secara kuantitatif maupun kualitatif. mampu menjelaskan dinamika tingkah laku manusia berdasarkan teori psikologi dan Islam, mampu memahami dan menerapkan kode etik psikologi dalam pendidikan dan penelitian, mampu memanfaatkan pengetahuan psikologi dan penelitian psikologi dalam membantu permasalahan di masyarakat.

Kualitas lulusan yang bermutu merupakan tujuan Program Studi Magister psikologi, oleh karena itu berbagai upaya kami lakukan untuk meningkatkan kualitas lulusan magister psikologi, mulai dari penataan sistem, metode dan media pembelajaran, penyediaan berbagai fasilitas ruangan, koneksi internet, jurnal berlangganan, pusat studi serta fasilitas lainnya untuk mendukung tercapainya kualitas lulusan yang baik

Visi Keilmuan

Mengembangkan keilmuan psikologi yang memadukan antara psikologi dan nilai-nilai Islam secara integratif

Misi

  1. Mencetak magister psikologi yang berkarakter ulul-albab
  2. Menghasilkan sains psikologi yang relevan dan budaya saing tinggi

Tujuan

  1. Memberikan akses pendidikan magister psikologi yang lebih luas kepada masyarakat
  2. Menyediakan magister psikologi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat

Strategi

Menyelenggarakan Tridharma Perguruan Tinggi dalam Magister Psikologi secara integratif yang berkualitas Transparan, Akuntabel, Good University Government lebih rinci dituangkan dalam bentuk pedoman bagi civitas akademika.

X