Bangun Kohesivitas Lewat Ta’aruf Dan Outbound MABA Psikologi 2016

 Psikologi Komunikasi, Psikologi Populer

Kohesivitas Kelompok

PsychoNews – Ta’aruf dan outbound Mahasiswa Baru 2016 yang dilaksanakan pada jum’at-minggu (28-30/11) merupakan program rutin tahunan DEMA Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang. Seperti yang diberitakan sebelumnya, kegiatan ini dilaksanakan di area Perkemahan Air Terjun Coban Rondo kabupaten Malang, Jawa Timur. Pelaksanaan TAO (Ta’aruf dan outbound) Psikologi 2016 yang diadakan oleh DEMA-F Psikologi ini bertujuan untuk merekatkan tali kekeluargaan antara para maba, senior, dan juga dosen agar mereka sebagai bagian civitas akademika Fakultas Psikologi agar dapat berinteraksi dengan baik. Selain itu, dalam kegiatan ini mahasiswa baru akan dibagi dalam kelompok-kelompok kecil guna melatih setiap individu untuk bekerja sama dalam tim sehingga akan meningkatkan kekompakan mereka.

Kegiatan Ta’aruf dan Outbound (TAO) Psikologi 2016 ini dimulai dengan pembukaan yang dilaksanakan pada hari Jum’at (28/10) tepatnya pukul 17.00 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan sharing materi  yang disampaikan dari beberapa dosen fakultas Psikologi, diantaranya yakni bapak Yusuf Ratu agung dengan materi analisa diri, bapak Edi Purwanto dengan materi keorganisasian, ibu Puji Astutik dengan materi kepsikologian dan terakhir bapak Mukhlis dengan materi bakat dan minat.

Tidak hanya materi Psikologi yang diberikan namun ada pula kegiatan senam sembari makan bersama-sama, dan puncak dari kegiatan ini adalah perayaan api unggun dan pentas seni yang dikoordinir langsung oleh para mahasiswa baru. Di hari terakhir, kegiatan outbound dilaksanakan dengan bimbingan dari tim Mega Putih yang mengenalkan berbagai macam permainan edukatif. Kemudian, maba melanjutkan perjalanan terakhir kegiatan TAO Psikologi 2016 ini di Air Terjun Coban Rondo sembari melantunkan hymne psikologi ciptaan Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI). Hal ini menjadi pengalaman yang paling berkesan bagi para mahasiswa baru fakultas Psikologi UIN Malang.

Motivasi mahasiswa baru dalam kegiatan TAO Psikologi 2016 ini sangatlah tinggi. Hal ini dibuktikan dengan semangat maba yang masih saja membara untuk mendengar dan menyimak beberapa materi yang disampaikan oleh pemateri walaupun berada ditempat yang dingin dan sesekali diguyur hujan. Alhasil, semua tujuan yang ditargetkan oleh panitia terlaksana dengan baik, berjalan dengan lancar dan bermanfaat bagi semua maba. Faqih Muqaddam selaku gubernur DEMA-F Psikologi menyatakan bahwa kegiatan ini sangatlah berkesan menyenangkan serta dapat meningkatkan kohesivitas kelompok.

Pembangunan kohesivitas ini secara tidak langsung akan memberikan pengalaman belajar kepada Maba yang masih terbawa arus model belajar di tingkat sekolah. Menurut Newcomb, dkk (1981) kohesivitas kelompok diistilahkan dengan kekompakan. Kekompakan dalam hal ini memiliki dasar-dasar seperti integrasi, ketertarikan interpersonal dan sikap-sikap saling percaya serta rasa nyaman bersama anggota kelompok. Ta’aruf Outbound dilaksanakan untuk mendukung Mahasiswa Fakultas Psikologi dalam membangun kekuatan positif dalam dirinya, seperti motivasi diri, kepemimpinan, dan rasa empati yang tinggi pada setiap angggota dalam kelompok. Pada beberapa kelompok, ikatan diantara anggota kuat dan menetap, pada kelompok lain ikatan tersebut luntur dan hilangnya rasa berkelompok dan lama anggota-anggotanya memisahkan diri (Sears, dkk., 1997). Ketua DEMA Fakultas Psikologi Faqih Muqaddam berpesan agar mahasiswa baru psikologi 2016 tetap menjaga kekompakan dan keakraban selama menjalankan perannya sebagai mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang. (Red.Ms)

Reportase        : Fzh

Editor                 : Wahyu Riska Elsa P

Tanggapan Anda

Silahkan login di akun facebook anda jika ingin memberikan komentar/tanggapan

Author: