Sambutan Hangat Bagi Keluarga Baru Mahasiswa Psikologi 2016

OPAK Fakultas Psikologi Tahun 2016
OPAK-F : Dekan Fakultas Psikologi Memotong Pita sebagai simbolis pembukaan OPAK 2016 tingkat Fakultas

PsychoNews – Menjadi seorang mahasiswa adalah tanggung jawab dan pengalaman luar biasa yang akan dialami oleh setiap mahasiswa. Terlebih oleh keluarga baru fakultas Psikologi UIN Malang angkatan tahun 2016. Guna menyukseskan terwujudnya mahasiswa fakultas Psikologi yang berkualitas, dan memahami perannya sebagai seorang mahasiswa psikologi yang sebenarnya, tercatat kurang lebih sebanyak 250 Mahasiswa baru disambut dalam kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh civitas akademika fakultas Psikologi UIN Malang, yakni Orientasi Pengenalan Akdemik Kampus Fakultas Psikologi 2016 (OPAK-F Fakultas Psikologi 2016). Kegiatan bertajuk sosialisasi hiruk pikuk sistem akademis di kampus dan seluruh bidang organisasi yang mewadahi bakat dan minat mahasiswa fakultas Psikologi untuk peningkatan Kompetensi bagi Mahasiswa Psikologi dalam menyongsong kesuksesan sebagai calon mahasiswa psikolog ke depan dimana  “Together to Be a Real Psychology Student” dijadikan sebagai tema oleh panitia pelaksana OSFAK, yakni Senat Mahasiswa (SEMA) dan Dewan Mahasiswa (DEMA) Periode 2016/2017.

Kegiatan OPAK-F Fakultas Psikologi 2016 yang dihadiri oleh jajaran dekanat, dosen, karyawan, anggota SEMA, DEMA dan mahasiswa semester dua Fakultas Psikologi bertujuan membentuk karakter calon mahasiswa Psikologi yang kreatif, inovatif, aktif, empati dan mencerminkan nilai-nilai kemanusiaan sebagai praktik dalam keilmuan psikologi yang berupaya selalu memanusiakan manusia.

Event yang berlangsung di halaman depan antara gedung B tepatnya di depan Tangga besar selama (19-20 Agustus) ini diikuti dengan sangat antusias oleh seluruh mahasiswa baru fakultas Psikologi. Hal ini Nampak dari kedatangan mereka yang tepat waktu selama dua hari acara juga banyaknya respon saat sesi pertanyaan pasca presentasi pengenalan SEMA, DEMA, LSO, dan Komunitas Intra Fakultas Psikologi. Tak satupun dari peserta mengeluhkan lamanya durasi acara. Seperti apa sih welcoming family yang diadakan oleh panitia OPAK-F Fakultas Psikologi 2016?

Di hari pertama dihadapan 250 peserta kepribadian, pria yang menjabat sebagai Dekan Fakultas Psikologi M. Lutfi Mustofa menyambut mahasiswa baru dengan semangat, Beliau menghimbau jika mahasiswa fakultas Psikologi adalah mereka yang multitalenta. Beliau menjelaskan bahwa menjadi mahasiswa Psikologi berarti kita harus siap untuk mengembangkan skill di bidang akademik dan non akademik. Beliau juga berharap bahwa mahasiswa Psikologi UIN Malang nanti bisa berkontribusi kepada diri sendiri, dimana mereka harus bisa menerapkan ilmu ini untuk meningkatkan kompetensi dirinya, lalu kepada sesama, dan kepada institusi baru kepada masyarakat diantaranya dalam bentuk pengabdian masyarakat.

IMG_20160821_095351
Daud Antonius: Pemateri CEO Komunitas Psikologi ID Memberikan Materi kepada Maba Psikologi tahun 2016

Kemudian, dengan atraktif dan santai narasumber utama Daud Antonius yang dikenal publik sebagai public speaker dan Co-Founder dari Komunitas Psikologi Digital yakni @PsikologiID berkesempatan berbagi kepada mahasiswa baru Fakultas Psikologi UIN Malang. Beliau menyampaikan materi secara aplikatif dan bermakna. Pria yang sudah aktif menjadi pembicara ini mengajarkan strategi menjadi mahasiswa psikologi, meliputi etika sebagai mahasiswa Psikologi. Mahasiswa baru Psikologi UIN Malang juga diminta untuk memahami bahwa dirinya dengan belajar psikologi tidak semerta-merta mengetahui bagaimana pikiran orang lain apalagi kepribadiannya. Selalu dibutuhkan proses untuk mengenal kepribadian orang lain dan bertanyalah bila ingin tahu bagaimana pikiran seseorang terhadap sesuatu. “Ingat anda bukanlah peramal. Namun, anda adalah mahasiswa Psikologi yang memiliki senjata berupa konsep ilmiah, logis dan alat-alat tes,” terang pria yang sudah meluncurkan tiga buku seri berjudul Who Am I yang menyajikan tes kepribadian sederhana dan populer.

Pihak SEMA dan DEMA, seluruh Komunitas intra fakultas Psikologi, dan Lembaga Semi Otonom (LSO) juga ikut menyapa para keluarga baru di fakultas ini. Dimana masing-masing dari mereka diberikan waktu untuk mengenalkan aspirasi, aktivitas dan prestasi selama dua tahun terakhir sehingga mahasiwa baru kedepannya bisa menetukan pilihan untuk aktif dalam bidang sesuai bakat dan minat yang dimiliki. Selain itu stand-stand juga disediakan sehingga mereka bisa bertanya lebih detail diluar forum terkait komunitas dan LSO yang berada di fakultas.

Tak hanya sesi materi, peserta juga diberikan kesempatan untuk unjuk keberanian dan potensi yang mereka miliki pada hari kedua acara yakni Pentas Seni Mahasiswa Baru Fakultas Psikologi 2016. Satu persatu kelompok berusaha menampilkan penampilan terbaiknya untuk menghibur seluruh peserta acara OSFAK. Ada yang menari saman, menyanyi diiringi musik, berpuisi, drama apik dan masih banyak kreasi aktivitas seni lainnya.

Pentas seni yang meriah dan menghibur akhirnya menutup keceriaan dalam nuansa kekeluargaan acara penyambutan mahasiswa baru fakultas Psikologi 2016. Tak lupa doa dipanjatkan agar mereka mampu mengaplikasikan materi yang didapat di acara ini dalam kehidupan akademis mereka nanti. Gubernur Dema Periode 2016 Faqihul Muqoddam, menuturkan terima kasihnya kepada seluruh panitia atas usahanya merealisasikan kegiatan ini tak lupa kepada seluruh mahasiswa Baru Fakultas Psikologi yang telah aktif dan tertib dalam mengikuti OPAK-F Fakultas Psikologi 2016. Tutupnya. (Red.Ms)

Reportase: WREP

[button href=”http://psikologi.uin-malang.ac.id/wp-content/uploads/2016/08/Berita-Osfak-Tahun-2016.pdf” rounded=”” size=”btn-mini” style=”blue” target=”_blank”]Simpan[/button]

Tanggapan Anda

Silahkan login di akun facebook anda jika ingin memberikan komentar/tanggapan