Mahasiswa Psikologi UIN Malang Meraih Duta Generasi Berencana (GenRe)

Malam pemilihan Duta GenRe Kabupatan Malang 2020, yang diselenggarakan di Kantor Bupati Kabupaten Malang pada (27/2) sagat meriah dan antusias para peserta sangat luar biasa semangatnya.

Menjadi salah satu pemenang duta GenRe adalah dambaan setiap remaja pada umumnya, hal itu pula yang menjadi keinginan salah satu remaja yang berasal dari kecamatan Karang Ploso dan kecamatan Gondanglegi, kabupaten Malang. Keduanya merupakan mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang bernama Amilia Dwi Yanti dan Rizqi Aufaqi Akrom. Mengawali pendaftaran pada tanggal 20 Januari 2020 dengan tekad yang sangat kuat dan mantap, akhirnya setelah melewati beberapa tahap yaitu tahap testulis, open interview, presentasi dan deep interview. akhirnya pada tanggal 27 Febaruari 2020 Amilia dan Rizqi berhasil mengalahkan 113 peserta yang mendaftar, dan kembali memantapkan langkahnya menuju grand final 5 besar duta GenRe kabupaten Malang tahun 2020 yang diadakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) kabupaten Malang.

Mendapatkan dukungan dari berbagai pihak terutama pihak keluarga, pihak kampus, dan teman sebaya menambah motivasi Amilia dan Rizqi untuk terus melangkah menjadi seorang duta, agar bias menjadi role model yang baik bagi teman-teman yang lain. Beberapa program kerja yang diusung adalah mensosialisasikan mengenai dampak negative pernikahan dini, bahaya seks pra nikah dan bahaya narkoba dan obat-obatan terlarang bagi remaja.

Untuk lebih memahami program yang telah diusung, Amilia sering berkonsultasi dengan ibu Susi Yulianti, S.P, MM selaku penyuluh KB kecamatan Karang Ploso, ibu Dr. Elok Halimatus Sa Diyah, M.Si.selaku Wakil Dekan III bidang kemahasiswaan Fakultas Psikologi UIN Malang dan rekan kuliah yang pernah menjadi duta GenRe tahun 2019 yaitu Martin Hidayat. Kerja keras yang dilakukan Amilia ini akhirnya membuahkan hasil, tepat pada tanggal 27 Februari Amilia dinobatkan menjadi juara 2 duta GenRe jalur masyarakat kabupaten Malang 2020.

Hal ini tentunya menjadi salah satu prestasi yang membanggakan bagi semua pihak, terutama pihak Fakultas Psikologi UIN Malang. Pasalnya pada grand final pemilihan duta GenRe kabupaten malang terdapat dua orang yang berhasil menyabet gelar menjadi duta GenRe kabupaten malang 2020. Semoga kerja keras dan ketekunan mereka dapat menjadi contoh bagi rekan-rekan kuliah maupun orang lain agar mampu mengembangkan dan mengaktualisasikan diri menjadi lebih baik lagi.

X