Mahasiswa Psikologi Uin Malang Berhasil Menjuarai MTQ Se-Kabupaten Malang

Mahasiswa UIN Maulana Malik Ibrahim Malang berhasil meraih juara 1 di MTQ se-Kabupaten malang yang diadakan oleh LPTQ (Lembaga pengembangan Tahfidzul Qur’an) Malang dengan jumlah peserta sebanyak 25 peserta dari berbagai daerah di jawa timur pada tanggal 27 Desember 2019.

Prestasi membanggakan itu disabet oleh pemilik nama Moh Ilham Ichlasu Amal, mahasiswa psikologi UIN Malang semester II. Meski terbilang muda rekam jejak prestasinya sangat bagus, sebelumnya ia pernah menjuarai juara harapan III yang diadakan oleh LPTQ Provinsi Jawa Timur yang diikuti oleh 35 peserta dari berbagai daerah.

Ilham pun pernah menorehkan prestasi dengan meraih juara 2 dari perlombaan yang diselenggarakan oleh HTQ (Hai’ah Tahfidz Al-Qur’an) sebuah organisasi dibawah naungan UIN Malang yang mewadahi pengkaji, penghafal dan pencinta Al-qur’an.

Prestasi itu bukan tanpa proses, diketahui ilham memulai hafalanya sejak mengenyam pendidikan di MTS Nurul Qur’an dan merampungkan hafalanya setelah satu tahun kelulusanya dari MA Nurul Qur’an Probolinggo, kemudian melanjutkan pendidikanya di UIN Malang dan bergabung dengan HTQ.

Saat ditanyai hal apa yang membuatnya termotivasi untuk menghafal al-quran, ilham mengungkapkan bahwa dukungan dari orang tua dan teman-temanya semasa di pondok Nurul Qur’an yang membuatnya termotivasi untuk menghafal Al-Qur’an.

Ilham berharap untuk kedepanya agar tetap bisa menjaga hafalanya dan memberikan kontribusi untuk orang-orang disekitarnya, menurut ilham cita-cita utama bagi penghafal Al-quran adalah untuk tetap istiqomah dan mampu menjaga hafalanya hingga akhir hayat. Amiiin.

Penulis: Risma Ana Wahdati, LSO Jurnalistik Fakultas Psikologi

 

X