Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang melaksanakan rangkaian Pemilwa

Pemilwa ( Pemilihan Umum Mahasiswa ) merupakan agenda rutinan yang dilaksanakan oleh seluruh kampus di Indonesia. Pemilwa biasa disesut dengan pesta demokarasi, hal ini sebagai ajang atau ruang bagi mahasiswa yang tertarik terhadap dunia politik. Selain itu sebagai ajang pembelajaran bagi mahasiswa dalam panggung demokrasi.

Selasa 18 Agustus 2020, Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang melaksanakan rangkaian Pemilwa. Agenda ini dilaksanakan setiap tahun yang melibatkan seluruh mahasiswa dalam pelaksanaanya. Kegitan ini bertujuan untuk memilih calon anggota Senat Mahasiswa ( SEMA ) dan pemilihan calon Presiden Mahasiswa ( PRESMA ) yang kemudian seluruh anggota SEMA dan PRESMA akan mementukan calon anggota Dewan Mahasiswa ( DEMA ). Seluruh mahasiswa diwajibkan untuk ikut serta dalam pemilihan para calon kandidat.

Pelaksanaan Pemilwa sendiri diselenggarakan oleh KPU ( Komisi Pemilihan Umum ). KPU Fakultas Psikologi terbentuk secara seleksi yang diselenggarakan oleh SEMA U. KPU bertugas untuk  mempersiapkan pelaksanaan Pemilwa, melakukan rekapitulasi hasil suara, menetapkan dan mengumumkan calon yang terpilih.

Tahun 2020 pelaksanaan Pemilwa dilaksanakan secara Online dikarenakan adanya Pandemi Covid-19. Sistem Pemilwa yang digunakan adalah sistem proposional terbuka dimana para calon kandidat diketahui secara umum dan dipilih oleh seluruh Mahasiswa. E – Vote diselenggarakan pada hari Selasa ( 18 / 08 ) dimulai pada jam 08.00-15.00 WIB dan telah disediakan Link untuk proses pemungutan suara. Pada menu pemilihan umum telah disediakan kotak pemilihan calon kandidat. Pada pukul 15.00 WIB pemungutan suara ditutup dan dilanjutkan dengan penghitungan suara setiap kandidat. Kandidat yang terpilih diumumkan secara langsung kepada seluruh mahasiswa melalui pamflet yang telah dibuat.

Diharapkan dengan terlaksanakannya agenda Pemilwa ini dengan baik, menjadi awal langkah yang baik dan semoga hasil dari proses tersebut memuncukan pemimpin yang bisa mengayomi seluruh mahasiswa Fakultas Psikologi.

“ Patah Tumbuh Hilang Berganti, Siap Dipimpin dan Siap Memimpin.”

X