STADIUM GENERAL BERSAMA GURU BESAR PSIKOLOGI INDUSTRI UGM YOGYAKARTA

PSYNEWS – Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menggelar kuliah tamu bagi mahasiswa semester 1 dan semester 7 dengan pembicara Prof. Dr. Djamaluddin Ancok, M.Si, Ph.D, guru besar Psikologi Industri UGM Yogyakarta. Kuliah tamu dengan tema “Meraih Sukses Melalui Keilmuan Psikologi” diselenggarakan pada Senin (17/09) di Aula Gd. Soekarno Lt V yang dihadiri oleh Dekan Fakultas Psikologi, Dr. Siti Mahmudah, M.Si, para dosen dan juga para staff.

Dalam orasinya, Prof. Djamaluddin menyampaikan bahwa tantangan di masa depan sangatlah beragam. Perubahan teknologi yang sangat cepat, seperti banyaknya produk yang berubah menjadi digital (perdagangan online) sehingga mengakibatkan semua produk kehilangan wadah fisik (bit money).

“Dunia berubah, kita harus siap. Kita keliru bila kita beranggapan bahwa masa depan adalah kelanjutan dari masa lalu. Kalau merasa diri kita hebat, kita akan binasa. Sukses di masa lalu tidak menjamin sukses di masa depan”, ujar pria kelahiran Bangka, 18 Agustus 1946 ini. Merupakan penggalan kata motivasi bagi para mahasiswa yang hadir, bahwa sebagai generasi milenial harus siap menghadapi berbagai macam tantangan ke depannya, terutama tantangan pesatnya kemajuan teknologi, serta tantangan global.

Prof. Ancok juga mengungkapkan bahwa mental bangsa Indonesia saat ini masih mengesampingkan kemampuan diri sendiri. Hal ini yang seringkali membuat kecilnya rasa percaya diri untuk bersaing dengan pihak asing. “Jangan pernah minder menjadi bangsa Indonesia, karena kita adalah keturunan nenek moyang yang cerdas dan hebat. Mulai dari bangunan candi borobudur, candi prambanan yang arsitekturnya begitu apik yang tidak dimiliki oleh negara lain, kapal Phinisi Nusantara, serta situs gunung padang adalah bukti kekuatan nenek moyang” jelas Prof. Ancok.

 

Reporter : Vina Anjarsari

Editor     : Yuni Hadziqoh

X