SEMARAK PBAK 2019 “Fully Functioning Person with Psychology” (Mengenal Manusia Seutuhnya di Awal PBAK Fakultas Psikologi 2019)

 

PSYNEWS- Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang menggelar agenda tahunan PBAK-F pada hari rabu, tanggal 14 Agustus 2019. PBAK-F Psikologi 2019 dihadiri oleh Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Prof. Dr. Abdul Haris yang pada saat itu memberikan sambutan sekaligus membuka acara PBAK-F Psikologi 2019. Acara PBAK-F Psikologi diikuti oleh seluruh mahasiswa baru yang berjumlah 239 peserta. 

 Tema yang diusung untuk PBAK-F Psikologi 2019 adalah “Fully Functioning Person with Psychology”. Tema tersebut dipilih dengan tujuan agar mahasiswa psikologi dapat menjadi manusia yang sempurna, untuk mencapai itu tentu harus dilakukan dengan berbagai upaya. Salah satunya dengan menjadi manusia seutuhnya.

Kepala Dekan Fakultas Psikologi menyampaikan dalam sambutan nya bahwa “Fully functioning person with psychology adalah memberi tanpa berharap dan melakukan sesuatu tanpa mengharap imbalan”. Artinya, sebagai manusia kita harus loyalitas kepada sesama, tidak boleh meminta imbalan atas kebaikan yang kita lakukan. Sambutan beliau memberikan antusiasme mahasiswa baru untuk menyimak.

 

” Tema ini di angkat karena Psikologi UIN MALANG berdasar pada integrasi yang sangat berkaitan erat dengan ilmu agama. Pada diskusi kami kemarin juga membahas bahwa orang yang baik adalah orang yang menjadi insan kamil, yang kemudian kami kaji ke dalam psikologi yaitu fully functioning person. Jelas bahwa manusia itu harus mempunyai karakter sebagai mahkluk yang berada dalam koridor-koridor agama.” tutur Bu Fuji Astutik, M.Si selaku ketua Panitia PBAK Fakultas Psikologi 2019.

Beliau juga berharap dengan dilaksanakan nya PBAK 2019 ini, para mahasiswa dapat mengenal bagaimana cara untuk memanusiakan manusia dengan baik dan ke depannya mereka dapat menjadi manusia seutuhnya melalui psikologi dan agama.

Hari pertama sampai terakhir, peserta mendapatkan berbagai materi yang bertujuan agar rasa cinta terhadap fakultas tumbuh, sebagai sarana motivasi, dan juga pengenalan lebih mendalam terhadap sistem akademik fakultas. Selain itu, mahasiswa juga diperkenalkan dengan berbagai macam kegiatan yang ada di fakultas guna meningkatkan mutu kepemimpinan dan skil non akademik mahasiswa. Di antara lembaga yang bertugas mengembangkan bakat dan minat mahasiswa adalah Lembaga Semi Otonom (LSO) Jurnalistk, LSO OASIS, LSO Mega Putih, dan LSO Tahfidzul Qur’an. Penutupan PBAK-F dilaksanakan di depan fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan dihadiri oleh Dekanat Fakultas Psikologi, para dosen dan karyawan dan ratusan balon yang diterbangkan oleh mahasiswa Psikologi. Selain itu, seluruh mahasiswa baru fakultas psikologi membuat berbaris Bersama membentuk pola trisula.

 

 

Reporter : F Ulil

Editor : Novia Solichah

X