Monitoring dan Evaluasi PKL

Monitoring dan Evaluasi pada Mahasiswa Praktik Kerja Lapangan, Rabu (6/8). Monitoring dan evaluasi diikuti oleh mayoritas peserta PKL, yaitu mahasiswa Psikologi semester 6 dan sebagian Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Kegiatan ini dilakukan sebagai wadah dan fasilitas komunikasi antara panitia, mahasiswa dan dosen dan bertujuan untuk mengetahui perkembangan PKL serta memberikan solusi apabila mengalami hambatan selama PKL, khususnya yang berkaitan dengan persyaratan, bimbingan dan beberapa kebutuhan yang bisa difasilitasi oleh panitia. Monitoring dan evaluasi ini berlangsung dengan menggunakan zoom selama 2 jam sehingga diharapkan semua peserta dan dosen pembimbing lapangan bisa mengikuti kegiatan ini dimanapun dan dalam kondisi apapun.

Dari kegiatan ini diketahui bahwa ada beberapa mahasiswa yang mengalami hambatan baik yang berkaitan dengan diri sendiri, lembaga tempat PKL maupun dalam bimbingan dengan masing-masing dosen pembimbingnya. Beberapa lokasi menerapkan WFH dan WFO sehingga beberapa mahasiswa memiliki keterbatasan dalam melakukan praktik. Beberapa dosen ada yang memiliki keterbatasan dalam membimbing sehingga perlu adanya dosen lain yang mampu mewakili dalam memberikan bimbingan. Namun demikian, secara umum Praktik Kerja Lapangan (PKL) ini bisa berjalan meski dengan konsep yang berbeda dan keterbatasan yang tidak bisa dihindari.

Diharapkan dengan adanya media ini Praktik Kerja Lapangan bisa berjalan dengan baik dan mahasiswa kembali belajar di kelas dengan pengalaman baru yang didapatkan selama melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL).

X