Meraih Juara pada Ajang Duta Budaya dan Museum Kota Malang Tahun 2020

Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN MALIKI Malang meraih juara pada ajang Duta Budaya dan Museum Kota Malang, Kamis (18/6) menjadi catatan sejarah bagi Martin Hidayat. Bertempat di Pendopo Taman Krida Budaya Jawa Timur (Jl. Soekarno Hatta No. 7, Kota Malang) digelar Grand Final Pemilihan Duta Budaya dan Museum Kota Malang tahun 2020. Acara ini diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang secara Virtual Event, mengingat kondisi pada saat ini tidak memungkinkan untuk menggelar acara yang mengumpulkan massa. Diharapan dengan diselenggarakannya acara ini adalah untuk menjaring bibit-bibit generasi muda yang mampu berkontribusi dalam memperkenalkan, menjaga dan melestarikan budaya dan musem yang ada di Kota Malang, sebagai bentuk representasi pemajuan objek kebudayaan yang ada di Kota Malang. Adapun tahapan yang harus dilalui diantaranya yaitu, Technical Meeting yang diselenggarakan di Ruang Rapat Pemerintahan Kota Malang.

Pemilihan Duta Budaya dan Museum Kota Malang ini kurang lebih diikuti oleh 110 peserta. Pada pemilihan kali ini diselenggarakan sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumya dikarenakan pemilihan ini dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19, namun tidak menurangi antusias dari para paserta. Setelah peserta mengikuti technical meeting tahapan selanjutnya yaitu peserta mengikuti seleksi bakat dan minat dengan mengirimkan video penampilan bakat minat melalui akun sosial media yang dimiliki masing-msing peserta. Kemudian berlanjut pada tahapan Deep Interview yang dilaksanakan di Movie Room, Museum MPU Purwa (8-9/6). Pada deep interview ini peserta terbagi atas dua kloter berbeda yaitu Senin (8/6) dan Selasa, dengan mematuhi protokol kesehatan dari pemerintah. Masing- masing peseta mendapat tiga pertanyaan yang berbeda dari tiga dewan juri. Dari hasil seleksi tahap dua tersebut diperoleh keduapuluh finalis yang kemudian bertemu di Grand Final (18/6). Namn sebelum para finalis bertemu pada Grand Final, para finalis dibekali dengan materi yang berkaitan dengan Pemajuan Kebudayaan oleh Bpk. Cokro Wibowo Sumarsono (Budayawan), Performa oleh Andre Modeling School, Sabtu (13/6).

Kemudian pada hari Selasa (16/6) dilaksanakan City Tour ke dua Museum yang ada di Kota Malang, yaitu Museum Pendidikan dan Museum Musik Indonesia. Kunjungan berlanjut di Dewan Kesenian Malang. Serangkaian pembekalan telah dilalui, hingga pada akhirnya bertemu pada puncak acara yaitu, Grand Final Pemilihan Duta Budaya dan Museum Kota Malang tahun 2020. Dari 10 pasang finalis terpilihlah tujuh pasang finalis yang diantaranya adalah Martin Hidayat Mahasiswa Psikologi 2018. Keempat belas finalis tersebut mendapat satu pertanyaan dari Dewan Juri baik secara langsung maupun melalui video. Dari ketujuh pasang finalis tersebut terpilihlah Juara Favorit Putera dan Puteri, Juara Harapan I, II, III Putera dan Puteri. Dan Juara I, II, III Putera dan Puteri.

Puji syukur Alhamdulillah kami panjatkan karena berkat do’a dan dukungan dari Orang Tua, Keluarga, Dosen, teman-teman, dan semua pihak yang turut andil didalamnya, Martin Hidayat dinobatkan sebagai Juara III Putra Duta Budaya dan Museum Kota Malang tahun 2020. Mudah-mudahan prestasi ini mampu memotivasi seluruh mahasiswa untuk turut andil dalam membawa nama baik Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Selamat dan sukses kami ucapkan kepada Fakultas Psikologi yang mampu mencetak kader-kader berprestasi.

X