Alur dan Mekanisme Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL)

Berkenaan akan diaksanakannya kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) oleh Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, maka disampaikan beberapa hal sebagai berikut;

PERSYARATAN PESERTA PKL

  1. Menempuh matakuliah minimal 120 SKS (termasuk SKS yang sedang ditempuh);
  2. Mencetak transkrip nilai sementara di siakad
  3. Mengisi formulir pendaftaran
  4. Pas photo ukuran 3×4 terbaru (1 lembar)

PENDAFTARAN DAN PENGAJUAN LOKASI PKL;

  1. Mengisi formulir pendaftaran kelompok beserta anggota kelompok mulai tanggal 28 Februari – 20 Maret 2017. Form isian pendaftaran kelompok dapat di download disini
  2. Persyaratan peserta PKL dimasukkan ke dalam map warna merah, diberi nama, nim serta lokasi PKL dan dikumpulkan di Bidang Pemberkasan Administrasi
  3. Mendownload Proposal umum pelaksanaan PKL disini
  4. Proposal yang telah didownload dimintakan tandatangan kepada ketua BP-PKL melalui ibu Mu’allifah, S. Psi, MA atau Bapak Zamroni, S. Psi, M. Pd untuk di paraf.
  5. Mengisi permohonan surat pengantar yang ditujukan kepada kabag umum fakultas untuk dibuatkan surat pengantar. Permohonan surat pengantar dapat didownload disini
  6. Proposal yang telah ditandatangani oleh BP-PKL, ditunjukkan kepada bagian umum Fakultas untuk mengambil surat pengantar PKL.
  7. Proposal beserta surat pengantar dari Fakultas diserahkan kepada lembaga (lokasi) yang dituju
  8. Mahasiswa melakukan asesmen awal sebagai pertimbangan penentuan kelayakan lokasi PKL, form dapat di download disini dan dikirim (scan pdf) ke email pkl2k17@gmail.com
  9. Mahasiswa mengumpulkan LoA asli sebagai bukti bahwa lokasi yang dituju bersedia ditempati PKL pada tanggal 20 – 22 Maret 2017
  10. Daftar lembaga (lokasi) mitra PKL tahun 2016 disini

ASESMEN ATAU NEED ANALISIS

  1. BP-PKL mengumumkan lokasi PKL dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL)
  2. Mahasiswa menemui DPL dengan membawa fotocopy LoA dari lokasi PKL untuk berkonsultasi tentang asesmen lanjutan yang akan dilakukan pada tanggal 27 Maret – 15 Mei 2017 dengan mengisi disini
  3. Hasil asesmen lanjutan digunakan sebagai dasar untuk menyusun program PKL
  4. BP-PKL melakukan monitoring asesmen lanjutan  pada tanggal 10 April dan 2 Mei 2017
  5. Program PKL disusun atas sepengetahuan dan atau persetujuan pimpinan lokasi PKL dan DPL, format program PKL dapat didownload disini dan timeline kegiatan disini
  6. Program PKL yang telah disusun dikumpulkan via email pkl2k17@gmail.com pada tanggal 16 Mei 2017
  7. Mahasiswa mempresentasikan program PKL yang telah disusun pada saat pembekalan PKL pada tanggal 22 – 23 Mei 2017
  8. Mahasiswa melakukan revisi program PKL apabila terdapat masukan dari Reviewer dan mengumpulkan program terevisi pada tanggal 6 Juni 2017

PELAKSANAAN LAPANGAN

  1. BP-PKL melakukan pelepasan mahasiswa peserta PKL pada tanggal 7 Juli 2017
  2. Mahasiswa melaksnakan program yang telah disusun pada tanggal 10 Juli – 31 Agustus 2017, dan selama pelaksanaan BP-PKL akan melakukan monitoring
  3. Penarikan peserta dilakukan pada tanggal 31 agustus 2017