Dari PLC Alumni Tembus Postgraduate di Jerman, Inggris dan Belanda

Peserta Baru Komunitas PLC dan Anggota Lama PLC
Peserta Baru Komunitas PLC dan Anggota Lama PLC

PsychoNews – Kamis kemarin (10/11) telah dilaksanakan pelantikan anggota baru oleh “Psychology Learner Community (PLC)” Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang di ruang Psycomovie Fakultas Psikologi lantai 3. “Karena pelantikan ini bukan hanya pelantikan  agendanya, tapi juga sebagai bentuk selebrasi dan sambutan selamat datang kepada PLCers Muda (sebutan untuk anggota baru PLC), membangun keakraban, dan berbagi informasi antar PLCers lintas generasi. karena di acara ini, kita juga mengundang seluruh senior PLC dan para dosen yg terlibat sebagai mentor di PLC” tutur Zakiyatul Muti’ah saat ditanya kenapa pelantikan ini penting dilaksanakan. Acara ini dihadiri oleh Dr. Fathul Lubabin Nuqul selaku wakil dekan satu, Dr. Mohammad Mahpur selaku wakil dekan tiga juga sebagai penanggung jawab PLC, Yusuf Ratu Agung MA selaku pembina PLC, Muh. Anwar Fuady MA, Zamroni S.Psi. Beliau-beliau adalah mentor PLC yang mendukung perkembangan dan proses riset PLC selama ini, juga 30 orang PLCers Muda  dan 20 orang anggota aktif beserta para senior PLC. “Melihat para PLCers Muda, mereka sangat antusias, konsep acara emang kita buat semi  formal agar suasana santai dan bersahabat lebih terasa, apalagi ketika para dosen hadir dan sangat apresiasi sama acara ini, jadi sekaligus memperkenalkan para mentor PLC ke PLCers Muda” tambah Razaf Pari selaku ketua pelaksana ketika ditanya mengenai bagaimana keadaan saat berlangsungnya acara.

Runtutan acara ini berlangsung selama tiga jam dimulai pukul 13.00 – 16.00 WIB, diisi oleh dosen-dosen yang memberikan sambutan, sharing bareng senior PLC, juga pemutaran beberapa video alumni yang saat ini melanjutkan postgraduate di luar negeri (Nafis (Jerman), Queen Rahma (MA Music Psychology Di University Of York, Uk) dan Syifaul Muntafi (Health & Social Psychology Di Maastricht, Belanda). Sesuai dengan pernyataan direktur PLC bahwa tujuan pemutaran video ini adalah untuk memotivasi para PLCers Muda, “semakin semangat berkarya dan percaya bahwa masuk di PLC adalah jalan yg tepat untuk belajar riset dan mulai menyiapkan “amunisi” untuk bisa go abroad melalui riset” sesuai dengan tema yang diusung dalam acara PLC kali ini adalah “Yang Muda Yang Berkarya”. “ Rasanya seneng, dari acara ini saya bisa kenal kakak-kakaknya, kenal PLC. Jadi termotivasi. Apalagi pas pemutaran video alumni yang sekarang kuliah di luar negeri. Punya harapan, bisa menghasilkan karya penelitian yang berkualitas, persentasi ke luar negeri pastinya “ ucap Elma salah satu PLCers Muda.

PLC sengaja dibentuk untuk mewadahi mahasiswa yang mencintai kepenulisan dan riset ilmiah. Komunitas yang berdiri sejak 2011 ini, membantu mahasiswanya untuk terus berkarya. PLC sudah beberapa kali berhasil membawa karyanya dipersentasikan ke international conference. “PLC adalah sebuah jembatan untuk menata mental kita sebagai mental pejuang ilmu, sebuah wadah untuk menjadi observer yang terlatih, menjadi akademisi yang handal untuk melatih kemandirian dan profesionalitas yang mana ini sangat dibutuhkan ketika kita ingin melanjutkan studi di luar negeri” tutur Queen Rahma selaku senior dan  authorial consultant di PLC yang saat ini melanjutkan studi S2 jurusan MA music psychology di University Of York, UK. Dosen-dosen berjanji akan mengusahakan membantu baik moril maupun materil, apabila ada mahasiswa yang berniat ke luar negeri baik melanjutkan pendidikan maupun research persentation. “ Disini kita membakar daya juang kalian ” ucap Pak Mahpur selaku dosen pembina. “ Belum ada kampus yang punya kelompok atau komunitas penelitian, kecuali di UIN Maliki Malang khususnya di Fakultas Psikologi ” Elma kembali mengingat apa yang disampaikan oleh salah satu dosen dalam sambutannya.

Dipandang dari perspektif psikologi menjadi pribadi yang berfungsi utuh (fully human being) Carl Rogers adalah individu yang dapat mengoptimalkan segala kemampuanya untuk dapat merealisasikan potensinya. PLC hadir menjadi wadah untuk membantu mahasiswa Psikologi dalam mengoptimalkan kemampuan termasuk minat dan bakat mereka, khususnya dalam bidang kepenulisan dan research.

Dari Ibnu Abbas ra, Rasulullah bersabda “Manfaatkan lima perkara sebelum lima perkara: [1] Waktu mudamu sebelum datang waktu tuamu, [2] Waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu, [3] Masa kayamu sebelum datang masa kefakiranmu, [4] Masa luangmu sebelum datang masa sibukmu, [5] Hidupmu sebelum datang kematianmu”. Menengok tema yang diusung oleh PLC “Yang Muda Yang Berkarya” seharusnya mengingatkan kita akan nasehat Rasulullah untuk memanfaatkan waktu muda-mu sebelum datang masa tua-mu. Mengoptimalkan potensi, memberikan karya terbaik, juga membawa manfaaat untuk sesama, melakukannya di masa ini “ masa muda aku, kamu dan kita”. (Red.Ms)

 

Reportase         : Nisa Puspita

Editor                  : Sudrajad Yudo Putra

Tanggapan Anda

Silahkan login di akun facebook anda jika ingin memberikan komentar/tanggapan