Pyschology Is Our Journey: Ajang Saling Kenal MABA Psikologi 2016

Kompak: Salah Satu Kelompok MABA Psikologi 2016 Mengikuti Kegiatan Outbond dan Taaruf
Kompak: Salah Satu Kelompok MABA Psikologi 2016 Mengikuti Kegiatan Outbond dan Taaruf

PsychoNews – Mahasiswa baru Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang melaksanakan Ta’aruf dan Outbound (TAO). Kegiatan tahunan Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang kali ini diadakan pada hari Jumat – Minggu (28 – 30/10) di kawasan Bumi Perkemahan Cuban Rondo.  “TAO kali ini di Bumi Perkemahan Coban Rondo, 28 sampai 30 Oktober”, ujar Faiz, salah satu panitia TAO 2016. Kegiatan yang bertemakan “Pyschology Is Our Journey” diikuti oleh mahasiswa baru Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang. Antusias peserta TAO terlihat dari banyaknya jumlah mahasiswa yang turut serta pada acara ini. Tidak kurang dari 200 mahasiswa turut berpartisipasi dalam kegiatan yang digelar oleh Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Psikologi. “Pesertanya 200 lebih, dari maba”, tutur salah satu tim outbound Fakultas Psikologi.

TAO 2016 bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi keluarga besar Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang. Kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkenalkan keluarga besar Fakultas Psikologi khususnya  antara mahasiswa baru (maba) dengan kakak tingkat, maba dengan dosen, dan juga antara sesama maba. “Tujuannya ya mempererat tali silaturahmi”, ucap salah satu panitia. Tidak kalah pentingnya, panitia TAO 2016 juga menghadirkan beberapa pemateri handal yang berasal dari dosen Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang guna memberikan pembekalan dan membuka wawasan mahasiswa baru tentang keilmuan psikologi. “Seneng banget, materinya menarik. Jadi makin yakin masuk jurusan ini”, kata salah satu peserta.

Gubernur Dewan Mahasiswa Fakultas Psikologi (DEMA-F-Psi), Faqih, mengatakan bahwa ia merasa bahagia atas antuasiasme peserta TAO 2016. “Seneng, bahagia, pesertanya antuasias” ucap Faqih. Hal ini juga dirasakan oleh peserta TAO yang juga merasa kegiatan TAO sangat bermanfaat bagi dirinya. “Acara ini benar-benar hebat, selama di Madrasah Aliyah, saya tak pernah merasakan kegiatan yang benar-benar hebat. Saya juga mengenal teman-teman lebih banyak lagi.” ujar Bari, salah satu peserta TAO.

Kegiatan Taaruf dan Outbound ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi warga Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang ini sesuai dengan tuntunan ajaran Islam. Surah Al-Hujurat (49:18) menjelaskan, “Hai manusia, sesungguhnya kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal”.

Jika ditinjau dari sisi psikologis, kegiatan ini tidak hanya sebagai sarana silaturahmi, melainkan juga sebagai ajang berinteraksi dan mendapatkan dukungan sosial, baik dari teman, senioritas, maupun dosen. Dukungan sosial sangat diperlukan bagi individu dalam rangka pencapaian tujuan hidup serta melakukan aktuaslisasi diri orang tersebut. Tujuan akhir dari kegiatan ini adalah agar mahasiswa psikologi angkatan 2016 kompak dan solid. “Tujuannya ya agar kompak, solid. Biar perjalanan yang akan dihadapi mahasiswa psikologi angkatan 2016 yang kurang lebih selama empat tahun harus dilalui dengan rasa kekeluargaan yang erat”, ujar salah satu panitia. Panitia juga berharap nantinya DEMA F-Psi rutin melaksakan kegiatan TAO yang semakin menarik setiap tahunnya sebagai ajang mempererat silaturahmi antara mahasiswa baru Fakultas Psikologi. “Semoga tahun depan bisa lebih menarik dan semoga kegiatan ini menjadi suatu kesan yang tak terlupakan bagi mahasiswa baru yang menikutinya”, tutupnya. (Red. Ms)

Reportase : Yansa Alif Mulya

Editor          : Setyani Alfinuha

[button href=”http://psikologi.uin-malang.ac.id/wp-content/uploads/2016/11/Pyschology-Is-Our-Journey-Ajang-Saling-Kenal-MABA-Psikologi-2016.pdf” rounded=”” size=”btn-mini” style=”red” target=”_blank”]Simpan Berita[/button]

Tanggapan Anda

Silahkan login di akun facebook anda jika ingin memberikan komentar/tanggapan