LSO Jurnalistik Gelar Diklat Untuk 22 Anggota Baru

LSO Jurnalistik UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menggelar diklat bagi anggota baru periode 2021/2022 dengan mengusung tema “Menumbuhkan Jiwa Jurnalistik”.  Tema tersebut diangkat untuk memperkenalkan dan memberikan pembekalan terkait dasar-dasar kejurnalisan yang perlu diketahui oleh seluruh anggota baru. Diklat berlangsung secara full online melalui zoom meeting, Sabtu (21/8).

“Dengan diklat ini untuk mencetak kader jurnalis kompeten dan mampu bertanggungjawab di lapangan, harapan untuk anggota baru dapat menumbuhkan chemistry, membangun kerjasama, dan memproduksi berita yang dimuat pada media online dan website resmi Fakultas Psikologi ,”tutur Khoiruddin Hidayatullah selaku Direktur LSO Jurnalistik UIN Malang. Selain itu, pada sambutannya, Wakil Dekan III Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang memberikan semangat kepada seluruh peserta dan berharap agar acara diklat ini dapat berjalan lancar.

Sebelumnya, LSO Jurnalistik telah melakukan rangkaian perekrutan anggota baru dan First Family Gathering pada Jumat (20/8) sehingga diklat pada tahun ini dapat diikuti oleh 22 orang anggota baru. Rangkaian perekrutan tersebut ditutup dengan dilaksanakannya diklat anggota secara online melalui zoom meeting pada Sabtu, 21 Agustus 2021 pukul 08.00 hingga 15.00 WIB.

Rangkaian acara diklat diisi dengan pemberian materi Menumbuhkan Jiwa Jurnalisme oleh CEO Warta Cakrawala, Ahmad Muzayid dan materi kedua tentang Tata Cara Kepenulisan Berita oleh Siti Nurjannah dari UAPM Inovasi UIN Malang. “Berbagai unsur dalam berita dapat disampaikan sesuai dengan kreatifitas penulis dengan tetap memperhatikan kelengkapan semua unsur untuk memberikan pemahaman menyeluruh kepada pembaca,” ujar Ahmad Muzayid dalam pemaparannya. Tidak hanya penyampaian materi, para anggota juga memiliki kesempatan untuk bertanya dan melakukan diskusi bersama. Pada penghujung diklat, para anggota baru diminta untuk mengerjakan penugasan berupa menulis artikel berita. Selanjutnya, artikel terbaik akan dimuat pada kanal Instagram resmi milik LSO Jurnalistik. Sebagai penutup rangkaian acara ini, dilakukan sesi foto bersama seluruh anggota LSO Jurnalistik UIN Malang. []

Pewarta: Novrinta Berliana, Editor: Nadia Alfiyyatus