Laboratorium Pengembangan Alat Ukur dan Penelitian

Laboratorium Pengembangan Alat Ukur dan Penelitian


Laboratorium Pengembangan Alat Ukur dan Penelitian Psikologi merupakan salah satu  penunjang kegiatan akademik di Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Unit ini merupakan lembaga profesional yang didirikan oleh fakultas psikologi untuk menunjang kegiatan pengembangan keilmuan psikologi, baik di internal Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang maupun di kalangan masyarakat luas sebagai laboratorium psikologi.

Unit ini diarahkan dan difokuskan untuk mengembangkan keilmuan  psikologi dalam bidang pengukuran dan pengembangan alat ukur psikologi. Unit ini memiliki peran penting dalam mendampingi dosen dan mahasiswa yang sedang melaksanakan praktikum mata kuliah secara terbimbing di laboratorium psikometri, dan klien (individual, instansi, dan masyarakat) yang membutuhkan pelayanan jasa psikometri, statistik, dan pengembangan alat ukur psikologi. Oleh karena itu, fokus pengembangan keilmuan psikologi dalam bidang ini didasarkan pada laboratory bases dan field bases.

Kehadiran unit ini diharapkan mampu menyiapkan calon lulusan Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menjadi sarjana psikologi yang memiliki kemampuan dalam mengembangkan alat ukur psikologi. Salah satu profil lulusan psikologi adalah penyusun dan pengembang alat ukur psikologi sebagaimana dirumuskan oleh AP2TPI. Namun, saat ini input dan minat mahasiswa psikologi dalam bidang statistik maupun psikometri sebagai modal utama dalam pengembangan alat ukur psikologi sangat rendah. Selain itu, kebutuhan penggunaan tes-tes terstandar, terutama tes psikologi dalam proses diagnosa, penjurusan, rekrutmen, penempatan dan promosi jabatan di berbagai instansi, baik pemerintah maupun swasta cukup tinggi dan terus meningkat. Namun, tes- tes psikologi yang digunakan saat ini terlalu tua usianya, belum banyak upaya-upaya pengembangan maupun inovasi mutakhir mengenai tes-tes psikologi yang mampu menjawab kebutuhan perkembangan zaman.

Berdasarkan alasan dan kebutuhan tersebut, maka unit ini didirikan dan diharapkan mampu menjawab tantangan yang dihadapi Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Selain itu, unit ini juga diharapkan mampu menjadi kiblat dalam pengembangan tes psikologi di Indonesia.

 

JENIS PELAYANAN

Laboratorium Pengembangan Alat Ukur dan Penelitian Psikologi memiliki beberapa jenis program dan pelayanan yang ditawarkan sebagai berikut:

Pendampingan Praktikum

Pendampingan praktikum diberikan kepada dosen dan mahasiswa yang sedang melaksanakan praktikum mata kuliah secara terbimbing di laboratorium psikometri. Pendampingan ini pada dasarnya disediakan untuk seluruh mata kuliah yang berhubungan dengan praktikum statistika, psikometrika, konstruksi alat ukur, dan penelitian.

Kajian Psikometrika

Kajian dan diskusi psikometrika diselenggarakan sebulan sekali untuk memfasilitasi dosen, mahasiswa, dan praktisi dalam menyampaikan ide-ide dan gagasan mereka mengenai isu-isu mutakhir yang berkembang dalam ilmu pengukuran, statistik, dan pengembangan alat ukur psikologi. Kegiatan ini melibatkan peserta dari internal Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Penelitian tentang Alat Ukur Psikologi

Penelitian tentang alat ukur psikologi dilakukan minimal sekali dalam satu semester oleh tim peneliti yang dibentuk oleh UPAUP. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan dan 2) mengadaptasi alat ukur psikologi dengan melibatkan anggota internal unit dan dosen Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, serta mahasiswa atau tenaga ahli dari luar fakultas jika dibutuhkan. Hasil penelitian ini ditargetkan minimal terbit di jurnal Nasional bereputasi.

Evaluasi Alat Ukur Psikologi

Evaluasi terhadap alat ukur psikologi dilakukan secara terus-menerus untuk menghasilkan bukti-bukti empiris mengenai reliabilitas dan validitas alat ukur. Evaluasi ini bisa dilakukan secara mandiri oleh UPAUP atau bekerjasama dengan unit lain, misalnya Unit Laboratorium Psikologi yang memiliki bank data dari hasil praktikum mahasiswa, dan Unit Pelayanan Psikologi Terapan (UP2T) yang memiliki bank data dari hasil kegiatan psikotes terhadap klien secara luas.

Pelatihan Psikometrika

Pelatihan psikometrika diberikan kepada individu, instansi, dan masyarakat yang membutuhkan pengetahuan, teori, dan konsep-konsep psikometrik dasar dan operasional dalam menyusun, mengembangkan, menggunakan, dan mengevaluasi alat ukur psikologi secara mandiri. Pelatihan ini didesain dan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan klien.

Pelatihan Statistika

Pelatihan statistika diberikan kepada individu, instansi, dan masyarakat yang membutuhkan pengetahuan, teori, dan konsep-konsep statistik dasar dan operasional dalam mendesain, mengembangkan, dan menggunakan suatu model penelitian kuantitatif beserta model analisis statistiknya untuk membuktikan hipotesis penelitian maupun untuk menunjang efisiensi dan keefektifan bekerja secara mandiri. Pelatihan ini didesain dan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan klien.

Pelatihan Pengembangan Alat Ukur Psikologi

Pelatihan pengembangan alat ukur psikologi diberikan kepada individu, instansi, dan masyarakat yang membutuhkan pengetahuan, teori, dan konsep-konsep dasar dan operasional dalam menyusun, mengembangkan, menggunakan, dan mengevaluasi alat ukur psikologi, baik untuk menunjang pekerjaan maupun penelitian secara mandiri. Pelatihan ini didesain dan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan klien.

Konsultasi Standarisasi Tes

Konsultasi standarisasi tes diberikan kepada individu, instansi, dan masyarakat yang membutuhkan pendampingan dalam menyusun dan mengembangkan norma-norma tes psikologi pada kelompok tertentu, serta menerapkan prinsip-prinsip kerja di dalam melaporkan hasilnya. Konsultasi ini dilakukan sesuai dengan permintaan dan kebutuhan klien.

[…]

X