Komunikasi dan Perilaku Dunia Maya

Fakultas Psikologi UIN Malang mengadakan “Studium General Fakultas Psikologi” dengan tema “Komunikasi dan Perilaku Dunia Maya” yang digelar di Aula Gedung Rektorat Lantai 5 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan menghadirkan Prof. Dr. Suryanto, M.Si, Psikolog selaku pembicara utama dalam acara tersebut. Dr. Hj. Rifa Hidayah, M.Si selaku Dekan Fakultas Psikologi dalam sambutannya mengatakan “Marilah kita berkomunikasi dengan benar dan menyampaikan informasi yang baik”. Acara ini dihadiri oleh mahasiswa psikologi angkatan 2022 dan civitas akademika Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Acara dimulai pukul 08.40 WIB dan dipandu oleh Dr. Mohammad Mahpur, M.Si sebagai moderator. Agus Iqbal Wahabi, M.Psi, selaku dosen psikologi sekaligus Ketua Penyelenggara atas kegiatan ini, mengungkapkan “Tujuan diadakannya kegiatan ini untuk mengedukasi mahasiswa agar dapat menggunakan media sosial dengan bijak. Harapannya adalah agar mahasiswa menjadi tahu dan benar-benar mampu memanfaatkan media elektronik agar dimaksimalkan untuk pendidikan mereka di fakultas ini”.

Berprofesi sebagai Guru Besar Fakultas Psikologi di Universitas Airlangga di Bidang Ilmu Psikologi Sosial, Prof. Dr. Suryanto membawakan materi mengenai Komunikasi, Cyberspace (Dunia Maya), Cyber Community, Cyber Psychology dan Gangguan Psikologis Akibat Media Sosial. “Semangat untuk menjalani perkuliahan. Jangan hanya kuasai Bahasa Inggris dan Bahasa Arab. Tapi juga perkembangan aplikasi yang berhubungan dengan intervensi dan asesmen. Jangan hanya melihat Psikologi masa lalu tapi juga melihat Psikologi masa depan. Selamat meneliti, mengkaji dan menjadi Psychology Cyber” tutur Beliau sebagai simpulan materinya.

Setelah Prof. Dr. Suryanto menyampaikan materinya, kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan terdapat berbagai pertanyaan yang menarik serta kritis baik dari mahasiswa maupun dosen. Tentunya hal tersebut menjadi bukti bahwa terlihat antusiasme peserta dalam mengikuti acara tersebut.

Selesai sesi tanya jawab pemateri pertama, acara ini dilanjutkan dengan menghadirkan pemateri kedua yakni Yusuf Ratu Agung, S.Psi., M.A selaku dosen fakultas psikologi yang juga menyampaikan materinya yang berkaitan dengan komunikasi dan perilaku di dunia maya. Dari pemaparan materi yang beliau sampaikan dapat disimpulkan bahwa teknologi itu datang dengan full paket yakni paket positif dan negatif. Psychology cyber itu mengandung makna bahwa bagaimana seorang individu terpengaruh akan dunia-dunia konten atau teknologi. Di akhir penyampaian materi beliau mengatakan “Kita akan bisa menggunakan teknologi dengan bijak, apabila kita bisa memanfaatkan teknologi dengan baik”.

Selepas penyampaian materi kedua tidak lupa tentunya terdapat sesi tanya jawab dari mahasiswa. Acara ini pun ditutup pada pukul 11.55 WIB oleh Dr. Mohammad Mahpur, M.Si selaku moderator dan diakhiri dengan sesi foto bersama.

Jagat, salah satu peserta kegiatan ini mengatakan bahwa dengan mengikuti event ini ia merasa senang dan puas dengan diri sendiri karena bisa bertemu dengan pemateri yang hebat dan mendapatkan banyak ilmu pengetahuan terutama cara bijak bermedia sosial dan bagaimana seorang generasi muda dalam menanggapi isu-isu yang ada di media sosial. Jagat juga berharap dengan adanya event ini, ia bisa menjadi bersikap positif dalam bermedia sosial dan juga ingin mengajak orang lain atau orang-orang terdekat agar bisa bersikap positif dalam bermedia sosial seperti mengupload konten-konten yang bermanfaat di media sosial. Ia juga mengatakan agar event seperti ini diadakan lagi dengan mendatangkan pemateri hebat yang membahas tentang Pelecehan Seksual dan LGBT. Karena dua pembahasan tersebut merupakan pembahasan yang lagi booming di masyarakat. […]

Peliput : Tiara dan Kamala

Editor : Kairunn

X