Ringkasan

DSC_0950

Jurusan/Program Studi Psikologi Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang merupakan lembaga pendidikan yang secara umum berada di bawah naungan Kementerian Agama Republik Indonesia, dan secara akademik berada di bawah pengawasan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Jurusan/Program studi ini mulai diselenggarakan pada bulan Juni tahun 1999 dengan nomor SK Pendirian E/138/1999. Tujuan dari Jurusan/Program Studi Psikologi salah satunya menghasilkan sarjana psikologi (S.Psi) yang memiliki penguasaan terhadap teori dan metodologi, serta mampu mengaplikasikan ilmu psikologi dalam tata kehidupan sosial dan kemasyarakatannya. Berdasarkan pernyataan tersebut, maka dirumuskan visi dan misi Jurusan/Program Studi Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, yaitu pertama, visi Jurusan/Program Studi Psikologi yakni menjadi program psikologi terkemuka dalam penyelenggaraan Tridharma Pendidikan Tinggi untuk menghasilkan lulusan di bidang psikologi yang berkarakter ulul albab. Kedua, misi Jurusan/Program Studi Psikologi yakni sebagai berikut.

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi berbasis penelitian berparadigma Al-Qur’an (Qur’anic Paradigm-Research-Based Education) untuk pengembangan ilmu psikologi dengan pendekatan interdisipliner dan kemampuan bersaing di dunia internasional, serta dilandasi oleh kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, keluasan ilmu, dan kematangan profesional.
  2. Menyelenggarakan penelitian di bidang ilmu psikologi yang berkualitas dan diakui di tingkat nasional, regional, hingga internasional.
  3. Membangun suasana keilmuan dan masyarakat intelektual dalam bidang ilmu psikologi.
  4. Memberikan dharma bakti kepada masyarakat dalam pengembangan teori, model, dan pemahaman berbagai masalah pada bidang ilmu psikologi.

Upaya mewujudkan visi dan misi tersebut, ditunjang oleh tenaga pendidik (dosen) yang berkualifikasi dan ideal. Jurusan/Program Studi Psikologi memiliki dosen tetap yang berkualifikasi sesuai bidang keahliannya sejumlah 21 orang, dosen tetap yang bidang keahliannya di luar bidang program studi sejumlah 10 orang, dan dosen tidak tetap 3 orang. Dari 34 dosen tersebut, 2 orang bergelar professor, 14 orang bergelar doktor, 16 orang bergelar magister dan 2 orang sedang menempuh gelar doktor. Selain itu, berdasarkan data tujuh tahun terakhir, Jurusan/Program Studi Psikologi telah meluluskan 597 lulusan dengan IPK rata-rata 3,42. Dari lulusan-lulusan tersebut, 82% menyatakan bahwa kurikulum yang ada di Fakultas Psikologi sangat relevan dengan profesi yang diampu.  

Kegiatan kemahasiswaan Jurusan/Program Studi Psikologi terwadahi oleh kegiatan pengembangan minat, bakat, kreativitas, dan moral spiritual mahasiswa dalam bentuk kelembagaan dan komunitas. Lembaga kemahasiswaan dan komunitas tersebut, dibina oleh jurusan/program studi melalui berbagai cara, baik melalui training maupun coaching. Pembinaan mahasiswa yang selama ini dilakukan terbukti berhasil dengan baik yang dibuktikan dengan pencapaian berbagai prestasi mahasiswa di berbagai kejuaraan (bidang olahraga, seni budaya, karya tulis, debat ilmiah, ceramah agama, dan lain-lain) baik di tingkat lokal, nasional, regional, maupun internasional.

Selain hal di atas, jurusan/program studi juga selalu berusaha meningkatkan kualitas pembinaan mahasiswa dengan melibatkan alumni. Alumni yang tergabung dalam Keluarga Alumni Psikologi (KAPsi) memberikan kontribusi pada pengembangan mahasiswa baik di bidang akademik maupun non akademik. Sistem pelacakan alumni dilakukan melalui penyebaran angket dan sistem online. Melalui pelacakan tersebut diperoleh data tentang kepuasan alumni terhadap jurusan/program studi dan stakeholder yakni tinggi.

 

 

https://www.youtube.com/watch?v=drCWSCNywL4

Leave a Reply