Lab. Integrasi

LATAR BELAKANG

Dalam Islam, ilmu merupakan salah satu perantara untuk memperkuat keimanan. Iman hanya akan bertambah dan menguat, jika disertai ilmu pengetahuan. Seorang ilmuan besar, Albert Einsten mengatakan bahwa “science without religion is blind and religion without science is lame”, ilmu tanpa agama buta, dan agama tanpa ilmu adalah lumpuh.

Ajaran Islam tidak pernah melakukan dikotomi antar ilmu satu dengan yang lain. Karena dalam pandangan Islam, ilmu agama dan umum sama saja berasal dari Allah. Islam juga menganjurkan kepada seluruh umatnya untuk  bersungguh-sungguh dalam mempelajari setiap ilmu pengetahuan. hal ini dikarenakan Al-Qur’an merupakan sumber dan rujukan utama, ajaran-Nya memuat semua inti ilmu pengetahuan, baik yang menyangkut ilmu umum maupun ilmu agama.

Pemikiran tentang integrasi  atau islamisasi ilmu pengetahuan dewasa ini dilakukan oleh kalangan intelektual muslim. Secara totalitas, hal ini dilakukan di tengah ramainya dunia global yang sarat dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan sebuah konsep bahwa umat Islam akan maju dapat menyusul dan menyamai orang-orang Barat apabila mampu mentransformasikan dan menyerap secara aktual terhadap ilmu pengetahuan.

Berangkat dari semangat dan orientasi itulah Fakultas Psikologi menyusun kerangka kerja dalam menjalankan aktivitasnya dalam rangka mewujudkan visi misi Fakultas Psikologi melalui pengembangan integrasi antara keilmuan psikologi dan tradisi intelektual lslam.

 

VISI :

Menjadi unit yang terkemuka dalam riset dan pengembangan konsep pembinaan akademik dan kelembagaan dalam bidang Integrasi Psikologi dan Keislaman.

MISI :

  1. Menciptakan dan memelihara kultur akademik di Fakultas Psikologi yang memadukan secara akademis dan kelembagaan antara Islam dan Sains.
  2. Memformulasikan model-model dan strategi integrasi Islam dan Sains yang berlatarbelakang psikologi;
  3. Menyelenggarakan riset dan pengembangan strategi pendidikan dan kajian tafsir al-Qur’an melalui eksplorasi khazanah intelektual Islam dengan keilmuan psikologis;

TUJUAN

Tujuan dibentuknya Unit Integrasi Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang adalah :

  1. Merumuskan kerangka konseptual dan kerangka kerja perwujudan integrasi Keislaman dan Keilmuan Psikologi.
  2. Melakukan pembinaan akademik untuk mewujudkan integrasi Keislaman dan Keilmuan Psikologi.
  3. Mengembangkan studi dan penelitian dalam mewujudkan integrasi Keislaman dan Keilmuan Psikologi.
  4. Mengembangkan komunikasi dan kerjasama efektif dengan lembaga eksternal baik ditingkat regional maupun nasional dalam konteks pengembangan integrasi Keislaman dan Keilmuan Psikologi

PROGRAM KERJA

Program Kerja Unit Integrasi Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang adalah :

  1. Melakukan kajian dan penelitian ilmiah berparadigma integrasi Keislaman dan Keilmuan Psikologi.
  2. Pembinaan sivitas akademika Fakultas Psikologi melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan dalam rangka penguatan paradigma integrasi Keislaman dan Keilmuan Psikologi.
  3. Mengembangkan kerjasama dengan pihak-pihak terkait dalam bidang keilmuan dan pembinaan kemasyarakatan.
  4. Mengembangkan layanan data & informasi tentang peradaban dan pemikiran integrasi Keislaman dan Keilmuan Psikologi. (misalnya, melalui laboratorium al-Qur’an, microfilm, dan direktori).