Mahasiswa dan Dosen Psikologi Kolaborasi Riset AAICP 2014 di UNS Surakarta

 Rilis Berita

Aaicp 2014 psychologyFPsi UIN Maliki MalangAsian Association of Indigenous and Cultural Psychology (AAICP) yang diselenggarakan di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kemarin (10-11/14), menjadi ajang riset kolaborasi antara mahasiswa dan dosen Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang. Sekitar 36 peneliti yang dinyatakan lolos seleksi abstrak oleh panitia mempresentasikan hasil karyanya di kota Surakarta yang dinilai sarat dengan makna “Indigenous” oleh panitia. Tema AAICP ke lima yang di usung tahun ini adalah Stress, Health and Well-being: Indigenous, Social and Cultural Perspectives. Berangkat dari isu penelitian terbaru yang menunjukkan bahwa faktor-faktor relasional, sosial dan budaya masyarakat memediasi pengalaman stres dan coping serta beberapa faktor tersebut penting dikaji dalam memahami kesehatan dan mempromosikan kesejahteraan individu.

Akhirnya tema tersebut menjadi isu yang layak dikupas secara mendalam oleh para penggagas AAICP di tahun ini karena peran adat istiadat, agama, cara hidup seseorang dan budaya lokal masyarakat menjadi aspek pendukung yang mampu memediasi stres dan coping di masyarakat. Keunikan adat dan budaya yang ada pada setiap daerah, kota dan negara yang berbeda-beda menjadi bahasan utama dalam mempromosikan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, pemilihan kota Surakarta (Solo) juga menjadi salah satu contoh Kota yang masyarakatnya hidup harmonis dengan keanekaragaman corak adat, budaya dan agama yang berbeda.

Sejumlah mahasiswa yang mewakili Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang dalam acara tersebut menuai banyak sambutan positif dari beberapa perguruan tinggi luar dan dalam negeri. Mereka bersaing dengan peserta lain untuk mempresentasikan hasil penelitiannya secara baik untuk memperoleh feed back dari audiens yang notabene-nya dari Korea, Japan, India dan Indonesia. Selain oral presentasi di ruangan yang disediakan panitia, sejumlah mahasiswa psikologi UIN Maliki juga mempresentasikan poster yang dinyatakan lolos seleksi di hall II Graha Solo Raya Surakarta. Apresiasi tersendiri juga dilontarkan oleh peneliti dan mahasiswa asing yang mengunjungi poster mahasiswa psikologi UIN Maliki Malang. Navis dan Umi salah satu peserta presentasi poster hasil penelitian mengungkapkan “beberapa poster kami laris manis dikunjungi oleh peneliti dari Japan dan Korea, mereka menanyakan beberapa hal yang menarik tentang temuan kami dilapangan dan beberapa aspek indigenous yang kami temui saat penelitian” tegasnya.

Kebahagian tersendiri juga dirasakan oleh beberapa dosen yang bergabung dalam kolaborasi riset tersebut. Yusuf Ratu Agung salah satu dosen yang tergabung dalam kegiatan ini menuturkan bahwa “event ini adalah ajang untuk mengenalkan mahasiswa psikologi dan menjalin relasi riset-riset lain di kancah lokal maupun internasional, mereka harus dibiasakan dengan pengalaman riset sejak dini untuk membentuk mind set mereka sebagai calon peneliti atau ilmuwan psikologi”. Menariknya, beberapa peniliti yang mewakili Fakultas Psikologi UIN Maliki berasal dari semester III keatas yang cenderung masih muda, karena saingan mereka adalah beberapa peniliti yang telah memiliki gelar sarjana, magister, doktor dan professor yang berasal dari beberapa Negara. Lebih lanjut, selain menambah pengalaman kepada peneliti muda, keynote speaker yang dihadirkan juga sangat tidak asing karena lagsung dari pakarnya masing-masing, seperti Prof. Kwang-Kuo Hwang (National Taiwan University, Taiwan), Prof. Susumu Yamaguchi (Tokyo University, Japan), Prof. Rosnah Ismail (University Malaysia Perlis, Malaysia), Prof. Jenny Setiawan (University of Ciputra, Indonesia), Prof. Alpana Vaidya (Associate Professor & Head Dept. of Psychology Symbiosis College Pune), Prof. Akira Tsuda  (Kurume University, Japan), Prof. Satoko Kimpara (Palo Alto University, USA), Tanggap dosen dengan wajah bahagia tersebut. (Ms)

Reporter: @Surur_ID

Baca Juga:

AAICP 2014 UIN

Tanggapan Anda

Silahkan login di akun facebook anda jika ingin memberikan komentar/tanggapan

Author: