Euforia Magang Research Internship dan Reporter Psikologi

magang reporterFPsi UIN Maliki Malang – (4/12) Tak terasa sudah 3 hari program pembekalan magang yang dilakukan oleh panitia. Siapa sangka, minat magang Internship mahasiswa yang diselenggarakan ini  menuai banyak apresiasi positif dari beberapa peserta yang diterima. Panitia sedianya hanya mentargetkan sekitar 20 peserta saja yang akan diterima, namun hasil seleksi menunjukkan adanya persaingan yang cukup ketat diantara 55 peserta yang mengikuti seleksi. Panitia menyelenggarakan 2 kali tahap seleksi untuk memperoleh hasil yang terbaik. Seleksi pertama dilakukan dengan pengumpulan berkas biodata, minat dan keseriusan peserta (administrasi) dan seleksi tahap kedua diperkuat dengan wawancara. Setelah memenuhi kriteria yang ditentukan, akhirnya Wakil Dekan III dan panitia menetapkan 35 peserta magang yang lolos seleksi dan mereka diharuskan mengikuti prosesi pembekalan yang akan dilaksanakan selama 4 hari.

Pembekalan peserta magang selama dua hari pertama menunjukkan hasil yang sangat maksimal. Mereka antusias dengan beberapa pemateri yang dihadirkan untuk memompa kreativitas mereka dalam tulis-menulis. Peserta menilai pembekalan tersebut sangat bermanfaat dan dapat memperkaya pengetahuan tentang dunia kepenulisan dalam setting karya populer maupun ilmiah.

Hari pertama pembekalan (28/11) dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Psikologi Dr. M. Lutfi Mustofa, M.A. Pembukaan yang istimewa itu menuturkan berbagai kompetensi yang harus kita hadapi di masa mendatang dan betapa pentingnya kemampuan berkomunikasi yang melibihi kemampuan kognitif seorang mahasiswa. Selanjutnya acara inti disampaikan Wakil Dekan III Dr. Mohammad Mahpur, M.Si, beliau menyampaikan pesan bahwa kita harus bisa memanfaatkan sosial media, seperti blog, facebook, dan twiter untuk mengasah seni menulis kita. Kreativitas seseorang juga dapat dirangsang melalui kemampuannya dalam merangkai kata, status dan

Pembekalan dihari kedua (29/11) disampaikan oleh Kholid, S.S (Wartawan Jawa Pos). Wartawan senior yang juga merupakan alumni UIN Malang itu membuka cakrawala baru bagi mahasiswa peserta magang 2013. Beliau memberikan trik sederhana tapi itulah kunci termudah untuk membuat berita ataupun artikel yang populer (tidak kaku). Rencana pembekalan tersebut di adakan selama 4 hari pada tanggal 28-29 November dan 3-4 Desember. Sengaja diagendakan dua hari pertama untuk lebih mengenal dunia kepenulisan dan diikuti oleh semua peserta magang, sedangkan dua hari selanjutnya hanya di tujukan kepada mahasiswa peneliti karena lebih ditekankan pada proses-proses dan cara penelitian. (Redaktur:Ms)

Reportase: Jihan (Mahasiswa Magang Reporter)

Baca Juga:

Tanggapan Anda

Silahkan login di akun facebook anda jika ingin memberikan komentar/tanggapan

Leave a Reply

Your email address will not be published.