Seminar Psikologi Olahraga “2 Hebat 3 Sempurna”

 Event, Kemahasiswaan

Pamflet Seminar Psikologi Olahraga2

Semua tentu pernah merasa takut atau cemas dalam berbagai situasi. Takut dimarahi, takut tidak lulus, takut tidak puas, takut kalah, dan sebagainya. Kecemasan tersebut juga dialami oleh atlet dalam dimensi olahraga. Dalam menghadapi pertandingan, wajar saja kalau atlet menjadi tegang, bimbang, takut, cemas, terutama kalau menghadapi lawan yang lebih kuat atau seimbang, dan kalau situasinya mencekam. Hasil-hasil penelitian cenderung menunjukkan bahwa atlet paling takut pada akibat sosial yang akan mereka peroleh atas mutu prestasi mereka (Guilanotti, 2004). Misalnya takut gagal memenuhi harapan pelatih, otoritas olahraga terkain (seperti KONI, departemen olahraga dll), takut dicemooh, dikritik dan dikecam masyarakat.

Menurut Tanenbaum & Eklund (2007) dalam Handbook of Sport Psychology bahwa selain kondisi fisik dan skill mumpuni, penampilan atlet dapat ditentukan oleh beberapa faktor psikologi meliputi; motif-motif berprestasi, intelegensi, aktualisasi diri, kemandirian, agresivitas, emosi, percaya.

Psikologi olahraga adalah sebuah cabang ilmu yang relatif baru, terutama di Indonesia. Bersama dengan cabang ilmu lain seperti nutrisi, kedokteran olahraga atau ilmu fisiologi, psikologi olahraga masuk dalam ranah sport science. Sport Science adalah rumpun ilmu pengetahuan yang berfokus untuk membantu atlet agar mempunyai kualitas teknik, fisik dan mental yang berada dalam level tertinggi (Nieuwenhuys, Hanin & Bakker, 2008).

Pentingnya pemanfaatan ilmu psikologi dalam olahraga didasari fakta bahwa ada tiga unsur yang menentukan keberhasilan seorang atlet atau sebuah tim dalam sebuah pertandingan, yaitu; fisik, teknik dan mental. Faktor fisik dan mental adalah dua faktor dalam tubuh manusia yang selalu akan saling mempengaruhi. Orang yang sakit secara fisik akan mempengaruhi kondisi mental, begitu juga sebaliknya. Ada banyak unsur dalam mental seorang atlet yang menentukan keberhasilan sebuah pertandingan, diantaranya adalah motivasi, kepercayaan diri, kecemasan, agresifitas, team cohesion, leadership dan sebagainya. Selanjutnya permainan olahraga di samping memiliki nilai ekonomi dan budaya juga memiliki manfaat bagi kesehatan diri pribadi, yaitu untuk menjaga tubuh tetap aktif sehat bergerak dan tidak lemah atau kaku.

Berdasar ide dan gagasan tersebut, seminar Psikologi Olahraga ini diharapkan dapat menambah kajian ilmu psikologi olahraga  agar dapat meningkatkan kesehatan mental, menjadikan mental atlet yang tahan banting dalam pelaksanaan suatu petandingan. Seminar ini menghadirkan narasumber sebagai berikut:

  1. Guntur Cahyo Utomo, pelatih mental (Mental Coach) Tim Nasional U-19
  2. Indra Sjafri, Pelatih Kepala (Head Coach) Tim Nasional U-19
  3. Evan Dimas, Kapten Tim Nasional U-19

Video tentang fenomena kegagalan sebuah tim atau atlet professional dalam sebuah pertandingan akan diputar sebagai bahan brainstorming pemicu awal. Video dokumenter tersebut akan ditanggapi dengan testimoni dari pemain profesional yang sekaligus mendeskripsikan atmosfir pertandingan dalam sebuah pertandingan. Berdasarkan testimoni tersebut pelatih kepala akan memberikan tanggapan dari segi terapan olahraga dilanjutkan oleh paparan teoritis dan terapan dari pelatih mental. Seminar akan diakhiri dengan diskusi dalam termin pertanyaan yang dipandu langsung oleh moderator.

Seminar ini diselenggarakan oleh Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) dan SEMA Fakultas Psikologi dengan tema “2 Hebat 3 Sempurna”. Kemudian tema besar yang akan di kupas secara tuntas dalam perspektif psikologi olahraga secara spesifik adalah jawaban psikologi dalam ranah sepak bola.

Jadwal Seminar:

  • Hari: Sabtu
  • Tanggal: 7 Desember 2013
  • Waktu: 08.00 WIB – 13.00 WIB
  • Tempat: Student Sport Center UIN Maliki Malang

Registrasi Seminar (Booking Tiket):

  • Kantor DEMA (Dewan Eksekutif Mahasiswa) Fakultas Psikologi di Gedung Sport Center UIN Maliki Malang.
  • Format Pendaftaran via sms : Ketik SPO (spasi) NAMA (spasi) ASAL INSTANSI (spasi) STATUS (spasi) JUMLAH TIKET kirim ke nomor Hp 085735283177 , Contoh : SPO ANDI UIN MALIKI MALANG MAHASISWA 2
  • Tiket Seminar : Bagi Mahasiswa UIN Maliki Malang Rp. 30.000 (syarat: menunjukkan KTM), Bagi mahasiswa non UIN Rp. 50.000 (syarat: menunjukkan KTM), Bagi Pelajar Rp. 30.000 (syarat: menunjukkan kartu pelajar/undangan), Bagi guru olahraga, praktisi, psikolog, dan peserta umum Rp. 100.000.
  • Contact Person event: Ika Novita (Hp) +6285735283177 dan Sarah (Hp) +6281213457039

Fasilitas yang diberikan:

  • Sertifikat
  • PIN Seminar Psikologi olahraga
  • Snack
  • Handout
  • Seminar kit

Event organizer –  dipersembahkan oleh Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) FPsi UIN Maliki Malang

Tanggapan Anda

Silahkan login di akun facebook anda jika ingin memberikan komentar/tanggapan

Author: