Juara 1 Panelis Duta Pemuda Indonesia pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Malang

MAHASISWA UIN Maulana Malik Ibrahim Malang kembali menorehkan prestasi. Kali ini Amilia Dwi Yanti yang kerap disapa dengan Amel, yang beberappa waktu lalu meraih Juara 2 Duta Generasi Berencana Kabupaten Malang, mahasiswi Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ini kembali berhasil meraih Juara 1 Duta Pemuda Kabupaten Malang yang dikukuhkan pada 29 September 2020. Tentunya sebagai jura pertama Amel yang ditugaskan mewakili Kabupaten Malang ke tingkat provinsi kembali lolos di tingkat Provinsi Jawa Timur 2020. Berbagai persiapan ia lakukan dengan maksimal, Hingga pada 11 Desember 2020 Amel dinobatkan sebagai Duta Pemuda Indonesia Provinsi Jawa Timur 2020 yang dikemas dalam Jambore Pemuda Indonesia (JPI) Virtual 2020. Pemilihan Duta Pemuda ini merupakan ajang bergengsi yang diselenggarakan oleh Kemenpora Republik Indonesia.
Agenda Jambore Pemuda Indonesia virtual 2020 bertempat di Kabupaten Blitar dengan mengangkat tema “Spirit Pemuda Jawa Timur, Memberdayakan Kearifan local berbasis nilai nilai Pancasila” pada tanggal 11 – 13 Desember 2020. Seluruh peserta Duta Pemuda yang sudah lolos yang berjumlah 14 pemuda terpilih dari tiap tiap kabupaten/kota di jawa timur mengikuti serangkaian kegiatan yang berlangsung selama tiga hari. Kegiatan yang diadakan ini diabadikan dengan video dan di visualkan dalam bentuk short movie yang nantinya akan diberikan penilaian final di tingkat nasional.
Di babak final, seluruh provinsi menayangkan video satu persatu dari tiap tiap provinsi dan memberikan presentasi terbaik mengenai potensi yang dimilikinya. Amel bersama 2 orang tim terpilih menjadi panelist yang mewakili Jawa Timur mempresentasikan ke tingkat nasional. Kegiatan final ini yang dilaksanakan pada 16-20 Desember ini membuahkan hasil yang luar biasa khususnya untuk provinsi jawa timur. Amel bersama dengan tim berhasil mendapatkan Juara Pertama Terfavorit dari 34 provinsi yang ada di Indonesia.
Dalam menjalani proses ini, tak jarang amel mengalami berbagai rintangan dan hambatan. Tetapi berkat dukungan dari orang tua, Jajaran Dinas Kepemudaan Dan Olahraga Provinsi Jawa Timus, Jajaran Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Malang, DPD PPMI Jawa timur, DPD PPMI Kabupaten Malang, Indra Gunawan, S.Sos, selaku Camat Kecamatan Karangploso, dan seluruh dosen fakultas Psikologi UIn Malang, serta kerabat dan teman teamn yang selalu memberikan doa dan dukungan mereka sehingga dapat meraih prestasi membanggakan seperti ini.
Amel berpesan kepada seluruh pemuda bahwa tidak ada kata tidak mungkin, jika kita terus berusaha maka kita pasti mendapatkan apa yang kita inginkan. Pemuda adalah asset terbesar bangsa, berikan segala yang terbaik untuk bangsa kita. Kalua bukan kita maka siapa lagi, dan kalua bukan sekarang maka kapan lagi.