Mega Putih Visiting Program di MTs Ma’arif Malang

LSO Mega Putih Psikologi UIN Malang Visiting ProgramFPsi UIN Maliki Malang Visiting Program masih satu rangkaian acara dengan agenda pengkaderan outbound Mega Putih, di mana peserta Training of Trainer (TOT) terjun langsung ke lapangan untuk menerapkan materi yang sudah diberikan. Program ini juga salah satu strategi marketing untuk mengenalkan Mega Putih sebagai LSO outbound Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang kepada khalayak umum. Setelah mendapatkan izin mengisi kegiatan Outbound di di MTs Ma’arif pada sabtu, 1 November 2013 sekitar pukul 08.30 – 11.00 WIB sepuluh peserta TOT didampingi oleh sepuluh panitia berangkat menuju sekolahan. Di MTs Ma’arif peserta TOT langsung menerapkan materi yang sudah mereka terima kapada dua belas siswa MTs Ma’arif. Mereka mempraktikan game-game di dalam kelas dan games outdoor di lapangan MTs tersebut. Panitia memilih MTs Ma’arif sebagai tempat visiting program untuk peserta TOT setelah melakukan observasi dan need assessment di MTs ini. Adanya fenomena yang diperoleh kemudian panitia menetapkan MTs ini sebagai tempat yang tepat untuk visiting program, demikian yang dituturkan oleh Ibu Denik selaku kepala sekolah MTs Ma’arif, “Wah, ini sangat tepat sekali jika mahasiswa Psikologi ingin memberikan outbound di sini. Kebetulan anak-anak sudah selesai ujian, juga sering ada perselisihan antara siswa laki-laki dan perempuan. Mungkin dengan outbound ini bisa mencairkan keakraban dan kerjasama siswa. Jadi, saya rasa ini sangat tepat sekali.”

Diawali dengan stretching di dalam ruangan kelas, siswa MTs Ma’arif diajak senam bersama dengan peserta dan panitia TOT, dilanjut perkenalan untuk mengakraban dengan siswa. Adapun games yang dibawakan yaitu pindah kelereng, kaki tiga, menyusun puzzle, marina menari, tepuk paha, uji konsentrasi, lomba yel, cutger. Sebagai penutup visiting program ini semua siswa, peserta dan panitia ikut berpartisipasi dalam game cutger (kecut seger), serta dilanjutkan dengan sesi foto bersama dan pamit kepada guru-guru MTs tersebut.

LSO Mega Putih Psikologi UIN Malang Visiting Program 2

Visiting program di MTs Ma’arif ini diharapkan dapat terus berlanjut sehingga pengalaman dan skills trainer Mega Putih semakin terasah. “Terimakasih banyak untuk Outbound Mega Putih Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang yang sudah memberikan outbound kepada siswa kami, jika ada program lain silahkan siswa dilibatkan, kami dengan senang hati menerima mahasiswa psikologi di sini.” Tutur Ibu Denik seusai acara visiting program. Respon positif dari salah satu siswa juga di lontarkan oleh Aam; “Saya senang, main sama kakak-kakak, semoga lain kali kakak-kakak main lagi ke sini, ya.” Jelas Aam peserta outbound MTs Ma’arif. Pengurus juga menambahkan, visiting program ini tidak akan berhenti hanya sampai di sini karena program ini akan terus berlanjut sebagai program latihan rutinan LSO Mega Putih Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang. (Editor:surur_ID)

Penulis: Gisella A Grafiyana (LSO Mega Putih)

Leave a Reply