“Psychocare” : Donasi Dalam Rangka World Mental Health Day Kepada Yayasan Pembinaan Anak Cacat Malang

Dalam memperingati hari kesehatan Mental dunia yang jatuh setiap tanggal 10 Oktober setiap tahunnya, Dewan Mahasiswa (DEMA) Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menyelenggarakan suatu kegiatan bakti sosial bertajuk “Psychocare” dengan konsep penggalangan donasi yang akan disalurkan kepada yayasan atau lembaga sosial yang berperan dalam penanganan dan pembinaan terhadap anak berkebutuhan khusus yang berada di Kota Malang, hal ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap isu kesehatan mental. Donasi terbuka untuk seluruh masyarakat sebagai bentuk kontribusi sosial terhadap sesama dimulai sejak 10 Oktober 2020. Hasil dari donasi diserahkan kepada Yayasan Pembinaan Anak Cacat Malang (YPAC). Kegiatan penyerahan donasi dilaksanakan pada tanggal 18 November 2020 di Yayasan Pembinaan Anak Cacat Malang yang berlokasi di Kelurahan Sanan, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. Penanggung jawab dari “Psychocare”, Larissa Tyananda memaparkan alasannya memilih YPAC sebagai target dari pemberian donasi dikarenakan atas antusiasme dari Divisi Social Networking DEMA Fakultas Psikologi guna memberikan dukungan terhadap anak-anak yang ada di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Malang.
Penyerahan donasi dihadiri langsung oleh Gubernur DEMA Fakultas Psikologi Achmad Fawaid. Gubernur DEMA Fakultas Psikologi Achmad Fawaid berpendapat bahwa acara yang diselenggarakan kali ini melatih kepekaan terhadap kondisi sosial yang ada. ketika penyerahan donasi berlangsung, kami disambut oleh Kak Rio selaku pendamping dari anak-anak tersebut.
Suasana di sana sangatlah sepi dikarenakan dari total 20 orang penghuni yayasan, hanya 7 orang yang masih tinggal akibat pandemi COVID-19. Di sana juga hanya terdapat beberapa pengasuh serta seorang psikolog pendamping yang membimbing anak-anak. Selama pandemi berlangsung, kegiatan belajar mereka tetap berjalan. Kak Rio menjelaskan terkait jam kunjungan yang bisa dilakukan oleh pengunjung hingga jadwal keseharian yang biasa dilakukan anak-anak. Kak Rio selaku perwakilan dari pihak YPAC Malang mengucapkan terima kasih atas kesanggupan dari pihak DEMA Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Khoiruddin Hidayatullah dan Nurdiansyah, LSO Jurnalistik