ART COMPETITION FAKULTAS PSIKOLOGI UIN MALANG

Dewan mahasiswa fakultas psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang mengadakan acara perlombaan Art Competition. Art Competition merupakan salah satu program kerja dari dinas seni dan budaya Dema Fakultas Psikologi 2018 yang mana tujuannya dari acara ini adalah untuk mewadahi bakat-bakat Mahasiswa dan juga sebagai salah satu panggung hiburan bagi mahasiswa itu sendiri. Acara tersebut merupakan agenda rutin dari dinas seni dan budaya, biasanya acara tersebut dilaksanakan secara offline dan bernama Psycho Fun Day namun karena situasi sekarang yang sedang pandemi dan tidak memungkinkan untuk mengadakan acara secara offline maka para panitia mengambil alternatif lain untuk membuat suatu agenda yang dilaksanakan seara online yang bersifat menghibur namun tetap dapat mewadahi bakat – bakat yang sangat luar biasa dari mahasiswa dan acara Art Competition ini yang menjadi pilihan alternatif terbaik.
Acara tersebut dilaksanakan pada tanggal 20 Oktober sampai 11 November 2020 yang diikuti oleh mahasiswa. Mekanisme perlombaan dilaksanakan dengan cara peserta mengupload video dengan durasi maksimal 7 menit ke akun instagram masing – masing dengan mencantumkan tagar #thisispsiuinma. Persyaratan video yang diunggah bertema seni seperti menari, olah suara atau apapun itu yang berbau seni. Peserta memiliki waktu sekitar 2 minggu untuk mengunggah karya atau konten di instagram, yakni pada tanngal 20 Oktober sampai dengan tanggal 4 November. Pengumuman juara diumumkan pada tanggal 11 November di akun instagram Dewan Mahasiswa Fakultas Psikologi Univesitas Islam Negeri Malang. Dalam pengumuman lomba tersebut terdapat 3 pemenang utama dan 1 juara kategori. Pemenang ketiga yang diraih oleh akun instagram bernama @vegamltskm dengan menampilkan tari ganyong, pemenang kedua diraih oleh akun instagram bernama @atsachaaa dengan menampilkan karya lukisnya, dan pemenang pertama dimenangkan oleh akun instagram bernama @parksooyzz yang menampilkan dance cover dari IZ*ONE. Terdapat juga juara kategori yang dimenangkan oleh @ibanezzz_ dengan menampilkan dance cover dari Lisa X Crazy. Meskipun dilaksanakan secara online tetapi tidak mengurangi antusiasme peserta, seperti yang telah dituturkan oleh ketua pelaksana bahwa panitia senang dengan antusiasme peserta, sejalan dengan pernyataaan ketua pelaksana salah satu peserta yang juga merupakan juara 1 yakni mahasiswi dengan nama akun @parksooyzz mengungkapkan kebahagiaannya karena dapat berpartisipasi di acara ini dan meskipun ini pengalaman pertamanya Ia sukses menyabet 2 juara sekaligus, ketika ditanya bagaimana perasaannya ia menjawab dengan sangat antusias “Ya, pastinya seneng dan exited karena ini baru pertama kali ikut event dan pertama kalinya menang.” Selain itu, mahasiswi angkatan 2018 ini menyampaikan alasan pemilihan dua karya tersebut “karena ini memang sudah passion saya mas, kalo K-pop saya sudah dari MI tapi kalo tari ya mulai TK dan juga saya ingin menunjukkan bahwa korea (dance) itu tidak selalu negatif.”
Dari acara perlombaan Art Competition yang dilaksanakan secara online dengan tema seni ini, Muhammad Rizqi Aufaqi Akrom selaku ketua panitia acara menyampaikan kebahagiannya atas antusias peserta dalam mengikuti Art Competition tersebut dan juga Muhammad Rizqi Aufaqi Akrom berpesan kepada kita semua, bahwa meskipun di situasi pandemi seperti ini yang belum juga mereda kita harus tetap berkreasi dan berkarya, jangan sampai semangat kita untuk berkreasi dan berkarya itu padam.

Azhar Amirul dan Amirulloh, LSO Jurnalistik