Serius; LSO Mega Putih Bentuk Kader yang Loyal

 Rilis Berita

LSO Mega Putih Psikologi UIN MalangFPsi UIN Maliki Malang – (30/02) Lembaga Semi Otonom (LSO) Mega Putih setiap tahun memiliki agenda rutin berupa kaderisasi pengurus. Acara ini lebih dikenal dengan Training of Trainer (TOT) Mega Putih dan telah lama berjalan sejak 5 tahun. Pengkaderan dilakukan untuk mencetak bibit-bibit unggul pengurus LSO Mega Putih yang benar-benar memiliki loyalitas dan professional yang tinggi bagi organisasi. Pelatihan diawali dengan sambutan inspiratif Dr. Muhammad Mahpur, M.Si selaku Wakil Dekan III dan dilanjutkan dengan pemberian sejumlah materi yang menunjang aktivitas LSO Mega Putih. Secara khusus, materi yang diberikan berupa Sigap Bencana, Marketing out bound, Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD), Be a Great Speaker, Need Assessment, General Outbound, Sustainable Organization, dan Mountainering. Para narasumber yang dihadirkanpun berasal dari alumni pengurus out bound Mega Putih, dosen, dan mahasiswa aktif UIN Maliki Malang.

Adapun peserta yang mengikuti TOT ini merupakan mahasiswa Fakultas Psikologi dengan prasyarat minimal semester tiga, sebanyak 10 orang mahasiswa. Kegiatan berlangsung sejak 30 Oktober sampai dengan 02 November 2013, tiga hari dilaksanakan di dalam ruangan (indoor) dan dua hari di luar ruangan (outdoor). Untuk menerapkan apa yang telah diperoleh dari materi tersebut peserta juga diharapkan mampu mengasah skills-nya melalui kegiatan yang telah dikemas sebelumnya dengan pihak MTs Ma’arif dan ditambah dengan tugas mencari klien untuk kegiatan out bound secara gratis.

LSO Mega Putih Psikologi UIN Malang 2

Materi-materi tersebut sengaja di setting agar setelah kegiatan usai tercipta pengurus baru Mega Putih yang memiliki loyalitas dan professional yang tinggi. Semua pengurus lama dan baru harus paham betul ideologi Mega Putih dan mampu menginisiasikannya ke dalam dirinya. Terang Akhmad Mukhlis, MA di sela-sela pemberian materi Sustainable Organization. Diantara materi itu juga dibahas rencana program, simulasi menghadapi klien yang akan memakai outbound Mega Putih, dan cara membawakan game-game yang sudah dipelajari. Mahpur selaku Wakil dekan III Juga menambahkan, “Mulai saja dengan mengadakan visiting program ke sekolah-sekolah dengan memberikan out bound gratis.” Tantang beliau sembari memberi motivasi. (Editor: surur_ID)

Penulis: Gisella Grafiyana (LSO Mega Putih FPsi UIN Maliki Malang)

Tanggapan Anda

Silahkan login di akun facebook anda jika ingin memberikan komentar/tanggapan

Author: