Ritual Khotmil Qur’an Tiap satu Bulan Sekali di Fakultas Psikologi

 Rilis Berita

Khotmil Quran Psikologi UIN MalangFPsi UIN Maliki Malang – Kepenatan akibat padatnya aktivitas di lingkungan Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang, tidak menyurutkan niat sivitas akademika untuk menggelar kegiatan khotmil Qur’an. Acara yang sedianya menjadi agenda LSO SEMA kini telah dinyatakan menjadi agenda bulanan Fakultas yang diadakan setiap hari Jum’at di minggu pertama. Khotmil Qur’an dirasa sangat penting diadakan tiap bulan sekali untuk menciptakan suasana fakultas yang khas dengan sentuhan khazanah qur’ani. Keakraban antar dosen, staf karyawan dan mahasiswa akan terbangun dengan seringnya ada perkumpulan atau komunitas yang menunjang kepribadian ulul albab sebagai citra kampus UIN Maliki Malang.

Kegiatan ini juga menjadi ajang bagi mahasiswa Psikologi yang tergabung dalam komunitas penghafal Al Qur’an atau LSO Tahfidzul Qur’an Psikologi UIN Maliki Malang. Dekan berharap agar kegiatan positif ini terus dikembangkan di lingkungan Fakultas Psikologi agar mereka dapat memberikan spirit dan inspirasi untuk melestarikan Al Qur’an kepada mahasiswa lain selain hanya belajar ilmu psikologi. Setidaknya terdapat point penting yang terkandung dalam ritual Khotmil Qur’an, antara lain; khotmil qur’an juga menjadi salah satu terapi mental bagi individu yang memiliki penyakit hati maupun fisik yang mengganggu diri individu, terbukti ketika kasiat doa-doa yang dibacakan oleh hafidz atau hafidzah kemudian ditiupkan dalam air putih dengan penuh ikhlas selalu ditunggu-tunggu jamaah yang hadir. Ritual yang unik ini dapat dikaji secara lebih melalui ilmu psikologi, sebagai bentuk integrasi antara psikologi dan ke-Islaman.

Selain itu, adanya khotmil Qur’an yang rencananya akan diadakan setiap satu bulan sekali ini dapat memberikan siraman rohani yang secara khusus harus diikuti oleh seluruh sivitas Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang. Bagi dosen  dan mahasiswa tidak harus bergelut dengan kegitan belajar mengajar di kelas saja, mereka dapat sejenak mengikuti ritual Khotmil Qur’an yang mampu menentramkan hati dan pikiran yang penat oleh aktivitas sehari-hari. Sedangkan bagi karyawan juga akan menambah penyegaran rohani dan pengikat tali silaturahmi antar sivitas agar lebih akrab dan solid dalam bekerja di lingkungan Fakultas Psikologi.

Reporter: @surur_id

Tanggapan Anda

Silahkan login di akun facebook anda jika ingin memberikan komentar/tanggapan

Author: