Calon Wisudawan Psikologi Harus Kreatif

5 Terbaik PsikologiMalang, FPsi – Raut muka bahagia menyelimuti ke 84 mahasiswa dan mahasiswi yang telah resmi memperoleh Surat Keterangan Dekan Fakultas Psikologi tentang kelulusan dan peserta yang berhak mengikuti wisuda. Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini seluruh peserta yudisium dibekeli dengan sentuhan-sentuhan pengembangan kreativitas terkait dengan aplikasi keilmuan Psikologi. Lulusan sarjana psikologi dapat menciptakan lapangan pekerjaan sendiri tanpa harus menunggu dari instansi manapun. Setiap tahun lulusan sarjana psikologi di Indonesia mencapai ribuan Mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi Negeri maupun Swasta. Sedangkan peluang dan serapan lulusan yang ada di pemerintah maupun swasta beberapa tahun ini sangat minim dibuka, karena tidak setiap tahun mereka membuka kesempatan lapangan pekerjaan.

Dengan memacu kreativitas dan pengalaman sarjana lulusan Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang diharapkan tidak hanya mampu bersaing untuk memperebutkan kursi pekerjaan di pemerintahan maupun swasta, namun mereka mampu menciptakan peluang dan ide lain untuk pengembangan keilmuan psikologi yang lebih luas. Irwan Candra, selaku narasumber pembekalan yudisium mencontohkan beberapa hal yang dapat dilakukan setelah lulus dari perguruan tinggi. Irwan mendirikan yayasan yang berorientasi pada pengembangan sumber daya manusia dan klinik kesehatan mental bagi masyarakat di daerah Malang.

Yudisium pada semester Gasal 2013 ini di ikuti oleh 84 Mahasiswa dan mahasiswi dari beberapa angkatan, antara lain: angkatan 2006, 2007, 2008 dan 2009. Kebanggaan juga ikut dirasakan oleh sivitas akademika fakultas psikologi ketika mendengarkan hasil laporan yang disampaikan oleh Fathul Lubabin Nuqul (Wakil Dekan I) menunjukkan 5 orang yang ditetapkan memperoleh IPK terbaik.  Kelima mahasiswa tersebut antara lain;

  1. Ragwan Alaydrus IPK 3,81 (Terbaik I)
  2. Aprillian Pravita IPK 3,70 (Terbaik II)
  3. Ulfa Kurniawati IPK 3,68 (Terbaik III)
  4. Anindita Absari IPK 3,62 (Terbaik IV)
  5. Nova dwi Hanum IPK 3,62 (Terbaik V)

Kelima mahasiswa yang dinyatakan sebagai lulusan terbaik Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang memperoleh sertifikat penghargaan dari sivitas akademika Fakultas Psikologi yang dapat dijadikan simbolis prestasi mereka selama 4 tahun dalam menempuh program sarjana psikologi (S.Psi). Ceremonial yudisium yang dilakukan pada kamis, 24 Oktober 2013 kemarin di lanjutkan dengan sosialisasi keberadaan organisasi Alumni Fakultas Psikologi yang telah berjalan selama 5 tahun. Ke-84 peserta juga diberikan kartu keanggotaan yang dapat dimanfaatkan sebagai kartu login di situs alumni, meskipun mereka telah lulus akan tetap berinteraksi melalui situs yang memang disediakan untuk alumni Fakultas Psikologi.

Penulis: Redaktur (surur_id)

Tanggapan Anda

Silahkan login di akun facebook anda jika ingin memberikan komentar/tanggapan

Leave a Reply

Your email address will not be published.