Kegiatan Psikotest di Kota Probolinggo

PsikologiUINMalang-kerja sama dengan Dinas Sosial Probolinggo dengan mengadakan kegiatan Psikotes bagi para calon guru di Kota Probolinggo dan juga untuk para petugas medis di kota tersebut. kegiatan ini untuk mempersiapkan para guru dan para petugas medis agar siap menjadi seorang profesional dalam melaksanakan tugas pokoknya sebagai pegawai.

psikotes dalam kegiatan ini merupakan tes yang dilakukan untuk memprediksi performa kerja seseorang berdasarkan kepribadiaannya. Adapun di dunia medis, tujuan tes psikologi adalah mendeteksi kelainan mental pada diri seseorang sekaligus menentukan penanganan yang bisa di ambil sebagai proses pemulihan. disamping itu turut ikut serta para Peserta test yang datang dari alumni berbagai universitas yang ada di Indonesia. Setiap tes yang dilakukan di awasi dengan ketat oleh penguji dan diberikan waktu yang terbatas di setiap tesnya.

untuk melaksanakan kegiatan kerja sama ini fakultas psikologi UIN malang mengirimkan tiga mahasiswanya guna mendampingi pelaksanaan test. Psikotest yang diberikan pada peserta berupa test penalaran logika dan aritmatika, tes warteg, tes analog verbal, tes pauli dan tes HTP. Psikotest yang dilakukan untuk mengetahui kompetensi yang dimiliki para peserta apakah sesuai dengan bakat yang mereka miliki dengan mata pelajaran yang dipilih untuk menjadi guru.

Kegiatan berlangsung  sesuai dengan arahan dari mahasiswa yang sudah diberikan tugas yaitu dengan memberikan arahan kepada para peserta dalam mengerjakan psikotes yang dikerjakan. Pada saat kegiatan berlangsung, penguji memberikan lembar jawaban dan lembar soal yang telah disiapkan. Tes yang diberikan sesuai dengan arahan dari psikolog ahli. Setelah melaksanakan semua rangkaian tes, mahasiswa membantu psikolog ahli dalam membuat assement hasil psikotest yang dikerjakan oleh para peserta.

Reporter : Riris maulida Hilda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *