PBAK-F 2018, Fakultas Psikologi Punya Konsep Unik

PSYNEWS- Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang menggelar agenda tahunan PBAK-F pada Rabu (14/08) sampai dengan Kamis (16/08). Acara tersebut mengambil tema Psikologi Berbakti untuk Negeri: Peran Psikologi dalam Menangkal Narkoba dan Radikalisme. Tema tersebut diambil dengan tujuan agar mahasiswa psikologi yang akan berkecimbung dalam masyarakat dapat menjadi generator perubahan negeri, khususnya dalam hal narkoba dan radikalisme yang saat ini sangat marak menjangkit negeri ini. PBAK-F Psikologi 2018 dihadiri oleh Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Prof. Dr. Abdul Haris yang pada saat itu memberikan sambutan sekaligus membuka acara PBAK-F Psikologi 2018.

Acara PBAK-F Psikologi diikuti oleh seluruh mahasiswa baru yang berjumlah 239 peserta. Kegiatan ini bertempat di auditorium selatan  lantai 4 Fakultas Sains dan Teknologi UIN Malang. Berbeda dengan tahun kemarin, mahasiswa baru diajak mengunjungi fakultas dan stand-stand LSO di depan fakultas setelah kegiaan indoor selesai. Sesi berkeliling fakultas inilah yang menjadi hal unik dalam acara ini. Dengan adanya hal ini, diharapkan para mahasiswa baru dapat mengenal fakultas lebih baik dan memiliki kesempatan untuk bertanya secara langsung kepada LSO-LSO. Dua hal yang tak kalah menarik adalah adanya sesi cap tangan stop narkoba dan photobooth 3D yang mampu memikat mahasiswa sekaligus dosen.

Hari pertama sampai terakhir, peserta mendapatkan berbagai materi yang bertujuan agar rasa cinta terhadap fakultas tumbuh, sebagai sarana motivasi, dan juga pengenalan lebih mendalam terhadap sistem akademik fakultas. Selain itu, mahasiswa juga diperkenalkan dengan berbagai macam kegiatan yang ada di fakultas guna meningkatkan mutu kepemimpinan dan skil non akademik mahasiswa. Di antara lembaga yang bertugas mengembangkan bakat dan minat mahasiswa adalah Lembaga Semi Otonom (LSO) Jurnalistk, LSO OASIS, LSO Mega Putih, dan LSO Tahfidzul Qur’an. Penutupan PBAK-F dilaksanakan di depan fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dengan dihadiri oleh Dekanat Fakultas Psikologi, para dosen dan karyawan dan ratusan balon yang diterbangkan oleh mahasiswa Psikologi.

“Alhamdulillah PBAK-F Psikologi 2018 telah terlaksana dengan baik. Dapat dibuka oleh Prof. Abdul Haris ini adalah sebuah kejutan yang luar biasa. Semua ini tak lepas dari kinerja para panitia yang tak kenal lelah, berikut dukungan dari seluruh civitas akademika Fakultas Psikologi. Harapan kami untuk teman-teman mahasiswa baru 2018, tetap semangat dan tetap semangat. Berikan hembusan tekad kuat nan abadi. Kepalkan tangan dan katakan bahwa kita adalah pemimpin bangsa dimasa mendatang”, Faza Fatiyurrobbany, selaku Wakil Ketua Pelaksana PBAK-F Psikologi.

“PBAK-F Psikologi membuat kami lebih mengenal satu sama lain. Kami bisa bertemu banyak teman, kakak-kakak mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Psikologi, serta pemateri untuk berbagi ilmu. Dengan diadakannya PBAK-F Psikologi kami menjadi semakin mengerti bahwa dalam Fakultas Psikologi telah terbentuk suatu hubungan kekeluargaan tanpa ikatan darah,” ujar Faiza Chimayatas, mahasiswi baru asal Kediri.

“Kesan saya mengikuti PBAK-F Psikologi 2018 adalah sangat senang sekali terutama di penugasan PBAK-F Psikologi 2018. Saya merasa penugasan sangat berguna sekali pada waktu yang akan datang. Pasti dibalik penugasan ada manfaatnya. Saya juga sangat menikmati tiap sesi materi dalam PBAK-F Psikologi. Harapan saya kedepannya untuk Fakultas Psikologi adalah semoga Fakultas Psikologi semakin jaya dan sukses”, ungkap Muhammad Muchlis, mahasiswa asal Nganjuk, Jawa Timur. (17/08)

Reporter : Titi Nur Aini

Editor     : Yuni Hadziqoh