SEMA-F Psikologi Sukses Gelar Capacity Building dan Rapat Kerja DEMA-F 2018

Psychopers – Senat Mahasiswa Fakultas Psikologi (SEMA-F) menyelenggarakan Capacity Building sekaligus Rapat Kerja Tahun 2018 yang bertempat di Vila Tlekung Junrejo Batu Jawa Timur. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh anggota  DEMA  dan keempat  LSO Fakultas Psikologi yang baru saja dilantik.  Keempat LSO (Lembaga Semi Otonom) yang hadir antara lain LSO OASIS, LSO Mega Putih, LSO Jurnalistik, dan LSO Tahfidz. Acara yang dimulai pada Jumat (18/05) hingga Minggu (20/05) ini berjalan lancar tanpa hambatan apapun.  Kegiatan ini diawali dengan acara pembukaan pada pukul 18.00 WIB. Dr. Elok Halimatus Sa’diyah, M.Si selaku Wakil Dekan III Bagian Kemahasiswaan dan Kerja Sama turut hadir dalam acara pembukaan. Beliau memberikan sambutan sekaligus membuka acara.

Setelah selesai pembukaan Capacity Building (CB) dimulai dengan pemberian materi Tata Pemerintahan Republik Mahasiswa yang disampaikan oleh Abdik Maulana dari Senat Mahasiswa Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang tahun 2016.

Capacity Building (CB) dan Rapat Kerja DEMA-F Psikologi merupakan kegiatan tahunan setiap awal kepengurusan baru.  Dengan adanya CB dan rapat kerja ini diharapkan kemampuan para pengurus DEMA dan SEMA dalam menjalankan roda kepengurusan selama satu tahun dapat terpenuhi dan berjalan sesuai rencana”, ujar Andika Rizky W, selaku perwakilan SEMA-F dari Komisi Organisasi. Andika juga menuturkan “Semoga dengan diadakannya CB anggota pengurus DEMA-F dapat mengamalkan materi yang didapat dengan baik di lingkungan civitas akademika Psikologi demi mengabdi kepada Fakultas Psikologi.

Di hari kedua,  Sabtu (19/05) pukul 09.00 Capacity Building dilanjutkan dengan pemberian materi mengenai Desain Pelatihan yang dalam hal ini disampaikan oleh Saktya Alief Al-Azhar, Ketua DEMA-F Psikologi 2017 yang pada tahun ini menjadi anggota SEMA-U. Sekitar pukul 11.00 WIB, Fuji Astutik, M.Psi, Psikolog salah satu dosen psikologi yang dulu juga merupakan ketua DEMA-F Psikologi memberikan materi mengenai Managemen Organisasi. Materi selanjutnya adalah Networking yang disampaikan oleh Rizky Aziz.

Setelah sholat tarawih berjamaah, tepatnya pukul 20.00 WIB, Rapat Kerja DEMA-F Psikologi 2018 resmi dimulai. Sidang Pleno dipimpin  oleh Diana Indraswari selaku pimpinan sidang bersama sekertaris Siraj Subhi. Sidang Pleno pertama membahas mengenai aturan sidang, selanjutnya Pleno kedua membahas mengenai tata tertib sidang. Rapat Kerja dibahas bersama pada Pleno ketiga yang diawali oleh pemaparan program kerja dari LSO. LSO OASIS Peer Counseling menjadi pembuka dalam pemaparan program kerja yang disampaikan oleh direktur dan wakil direktur, dilanjutkan oleh LSO Mega Putih Outbound Provider, LSO Jurnalistik Paradise Pers, dan LSO Tahfidz.

Sidang pleno kemudian dilanjutkan dengan pemaparan program kerja dari pengurus DEMA Fakultas Psikologi. Pemaparan pertama disampaikan oleh Departement Kajian Islam, dilanjutkan oleh Departemen Pengembangan, Departemen Infokom, Departemen Olahraga, Departemen Sosial Networking dan terakhir Departemen Seni Budaya. Sidang pleno dilanjutkan pada hari minggu pukul 07.30 dengan agenda pemaparan program kerja oleh Badan Pengurus Harian DEMA-F  yang disampaikan oleh Wakil Gubernur DEMA-F, Naufal Atma Bahari dan Ketua DEMA-F terpilih, Anggi Citra Alfiroh. Kemudian, sidang dilanjutkan pleno keempat, yaitu penetapan atau pengesahan program kerja. Pukul 08.01 WIB program kerja disahkan oleh pimpinan sidang, Diana Indraswari dengan ketukan palu sidang sebanyak dua kali dan sidang pleno pun ditutup.

Pada pukul 09.00 WIB, dilanjutkan dengan sesi penutupan. Penutupan diawali dengan pembacaan ayat Suci Al-Quran, dilanjut dengan menyanyikan lagu “Indonesia Raya” dan “Himne Psikologi”, sambutan oleh Ketua Senat Mahasiswa yang diwakili oleh Yansa Alif Mulya, Ketua DEMA-F Psikologi, serta Wakil Dekan III bagian Kemahasiswaan dan Kerjasama.

“Ini bukan puncak atau akhir, tetapi ini pijakan awal untuk melewati tangga-tangga yang pada akhirnya sampai pada puncak. Saya berharap terus bisa bekerja sama dan program kerja dari awal hingga akhir dapat berjalan lancar”, ujar Anggi saat memberikan sambutannya.

Dr. Elok Halimatus Sa’diyah, M.Si selaku WD III Fakultas Psikologi mengungkapkan bahwa merasa senang sekali bisa melihat semua peserta dalam keadaan sehat dan tertawa bahagia, ketika melihat dari jauh semua peserta sedang bermain ini menunjukkan  semua sedang dalam keadaan emosi positif. Beliau pun tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada semua peserta atas terlaksananya acara penting ini dengan baik dan lancar.

Reportase : Titi Nur Aini

Tanggapan Anda

Silahkan login di akun facebook anda jika ingin memberikan komentar/tanggapan