Berharap Hasilkan Penulis Handal, LSO Jurnalistik Adakan Workshop Bersama CIPP dan PLC

 Rilis Berita

“Kebenaran perlu diungkapkan, maka ungkaplah kebenaran dengan cara yang benar.”

-Yevha-

 

MALANG – LSO Jurnalisitk “Paradise Pers” Fakultas Psikologi pada Sabtu (28/4) kemarin mengadakan kegiatan workshop kepenulisan. Acara ini dilaksanakan di ruang 212 gedung B UIN Malang. Dimulai puul 09.00 hingga 15.00 WIB, kegiatan kerja sama antara LSO bersama CIPP (Central Indigenous and Peace Psychology) dan PLC (Psychology Learner Club) ini dihadiri oleh beberapa peserta dari mahasiswa psikologi sendiri.

 

Kegiatan ini diadakan dalam rangka menjawab keresahan mahasiswa akan sulitnya menulis dan menampilkan hasil riset maupun artikel dengan lebih menarik. Pelatihan mengenai penelitian disampaikan oleh salah seorang mahasiswa psikologi senior angkatan 2014, Melly Santoso. Kali ini, pembahasan lebih difokuskan kepada cara mencari data yang akurat sebagai bahan dalam melakukan penelitian maupun tulisan. Selain itu, cara pengolahan data dalam SPSS juga tak luput dari pembahasan.

 

Sesi kedua disampaikan oleh mahasiswa psikologi juga yang merupakan anggota UKM Inovasi UIN Malang, Luluk Khusniyah. Pada sesi kedua ini, peserta dikenalkan sedikit mengenai dunia jurnalistik yang tidak bisa dipisahkan dari dunia penelitian dan publikasi. Pembahasan lebih dititik beratkan kepada cara menulis yang baik sebagai bekal dalam menuliskan hasil penelitian maupun dalam menuliskan artikel atau fenomena lain. Arif Maulana selaku pemateri sesi ketiga yang juga merupakan mahasiswa psikologi, menyampaikan pembahasan mengenai cara mendesain, seperti mendesain tampilan hasil penelitian dalam bentuk poster supaya lebih menarik dan mudah dipahami pembaca. Pelatihan desain ini dilakukan karena banyak orang yang handal dalam melakukan penelitian namun kurang cakap dalam menampilkan dalam bentuk yang menarik.

 

“Acaranya bagus lo, konsepannya luar biasa. Setelah mencari data, kemudian dituliskan dan divisualisasikan dengan desain yang menarik,” ungkap Yansa Alif Mulya, salah satu peserta acara saat ditemui ketika jam istirahat. Yansa yang juga merupakan anggota SEMA Fakultas Psikologi ini bahkan meminta kepada panita agar mengadakan kegiatan serupa lagi karena dirasa sangat banyak manfaatnya.

 

Usai jam istirahat, para peserta kemudian diminta untuk menuliskan sebuah artikel berdasarkan fakta dan data, lalu menggambarkan desainnya pula. Tulisan-tulisan hasil karya peserta lalu dikoreksi oleh Luluk Khusniyah selaku pemateri kepenulisan . Di akhir kegiatan, peserta dan panitia berkumpul bersama pemateri untuk membahas tulisan hasil peserta. Para peserta dan panitia pun sepakat untuk membuat proyek kepenulisan selama bulan Ramadhan sebagai kelanjutan dari kegiatan ini.

 

Reported by :

Yuni Hadziqoh, LSO Jurnalistik Paradise Pers

Tanggapan Anda

Silahkan login di akun facebook anda jika ingin memberikan komentar/tanggapan

Author: