Pengurus DEMA dan SEMA-F Psikologi Periode 2017/2018 Resmi Dilantik

 Suara Mahasiswa

Pengurus DEMA dan SEMA Fakultas Psikologi Periode 2017-2018 Resmi Dilantik

PsychoNews – Fakultas Psikologi kembali menyelenggarakan kegiatan kemahasiswaan tahunan bertajuk “Pelantikan Pengurus dan Capacity Building”. Kegiatan yang sedianya dirancang untuk melantik pengurus Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Psikologi (DEMA-F Psikologi) dan pengurus Lembaga Semi Otonom (LSO) ini bertempat di aula lantai 3 gedung C (4/6). Acara yang diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Siraj Subhi, dilanjut dengan menyanyikan lagu kebangsaan “Indonsia Raya”, sambutan oleh ketua Senat Mahasiswa fakultas Psikologi (SEMA-F Psikologi), Gubernur DEMA fakultas Psikologi, serta Wakil Dekan III (WD III) bagian kemahasiswaan. Dalam pelantikan ini, Plt.Dekan Fakultas Psikologi tidak bisa hadir dalam kegiatan ini. “Saya mewakili Pak Dekan, beliau tidak bisa hadir hari ini, juga surat selesai masa bakti menjadi Dekan sudah keluar tanggal dua yang lalu”, ujar Mahpur, selaku WD III dan perwakilan Dosen yang bertugas melantik pengurus DEMA-F Psikologi dan pengurus LSO fakultas Psikologi.

Pada sambutan pertama ketua SEMA-F Psikologi, Muadzin, memaparkan tentang pentingnya komunikasi, “Saya membagi cara menjaga pola komunikasi menjadi 3, pertama diwaktu yang tepat, ditempat yang tepat, dan dengan cara yang tepat”, ujar Muadzin. Muadzin sangat memperhatikan komunikasi yang akan dilakukan oleh para pengurus. Karena menurutnya, komunikasi merupakan hal yang sangat penting dalam berorganisasi. “Tidak bisa kita menyelesaikan masalah jika  masih mengandalkan ego masing-masing”, lanjut Muadzin dalam sambutannya.

Selain itu, banyak juga mahasiswa Fakultas Psikologi tahun 2016 yang baru menjadi pengurus pada tahun ini. Hal Ini juga menjadi perhatian SEMA-F Psikologi dalam memantau perkembangan DEMA-F Psikologi. “DEMA-F Psikologi mempunyai aturan, hukum, anggaran dasar, anggaran rumah tangga, dan lain-lain yang harus dipatuhi”, ujar Muadzin. Selain itu, pengurus DEMA-F Psikologi tahun ini lebih memperhatikan LSO dan komunitas yang ada dibawah Fakultas Psikologi. Muadzin mengatakan, “Harapannya, untuk LSO dan komunitas yang belum teratur struktur atau ADART (Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga) harus dibenahi dulu”, tegasnya. Tidak lupa juga, Muadzin memberikan semangat kepada pengurus DEMA-F Psikologi dan LSO dalam mengabdi “jangan mengeluh, jangan bersedih, harus semangat mengabdi kepada mahasiswa”, ujarnya.

Gubernur DEMA-F Psikologi, Saktya Alief juga memberikan sambutannya kepada seluruh audient. Tidak lupa juga Saktya, berterima kasih kepada SEMA-F Psikologi. “Terima kasih kepada SEMA-F Psikologi yang telah menyiapkan kegiatan ini dengan maksimal”, ujar Saktya. Selain itu, Saktya yang dikenal kalem di kalangan civitas Psikologi juga meminta maaf atas apa yang terjadi. “Mohon maaf jika selama pendaftaran kepengurusan DEMA-F Psikologi terdapat kekurangan”, ujarnya dengan suara yang lembut.

Mahpur selaku WD III Fakultas Psikologi juga sangat mengapresiasi cara perekrutan yang dilakukan Fakultas Psikologi. “Saya sangat senang melihat cara perekrutan pengurus DEMA-F Psikologi”, ujar Mahpur. Hal ini juga kenapa pelantikan pengurus hampir liburan semester. “Dengan lamanya rekrutmen, setelah dilantik sudah punya program untuk nantinya direalisasikan”, ungkap Mahpur.

Selain itu, Mahpur juga memperhatikan jadwal kegiatan yang harus sinkron antar lembaga di Fakultas Psikologi. “Pengurus DEMA-F Psikologi bukan indah di wacana, tetapi merealisasikan kegiatan-kegiatan dan bekerja sama dengan LSO dan komunitas terkait”, lanjutnya. Lanjut, Mahpur sangat senang jika Universitas bisa melihat dan mempraktekkan proses perekrutan pengurus DEMA.

Terakhir, Mahpur memberikan suatu pelajaran tentang iradah sebagai suatu yang dimiliki untuk melaksanakan apa yang kita tahu. Ini yang harus dimiliki oleh seseorang. Setelah proses berpikir, maka iradah harus ada untuk merealisasikan bentuk kreativitas yang dipikirkan. Hal ini sama dengan konsep “kesadaran berpikir” yaitu bagaimana orang tahu pentingnya berbuat baik, kemudian melaksanakannya. Proses pelantikan berjalan dengan lancar dan sukses. Untuk seluruh civitas fakultas Psikologi, mohon tunggu rapat kerja dari DEMA-F Psikologi yang akan diadakan pada 12-13 Juni 2017. (Red. Ms)

Reportase    : Yansa Alif Mulya

Editor             : Wahyu Riska Elsa P

Simpan

Tanggapan Anda

Silahkan login di akun facebook anda jika ingin memberikan komentar/tanggapan

Author: