Inilah Sosok Gubernur DEMA-F Psikologi Periode Tahun 2017

 Psikologi Politik, Sosok

Saktya Alif

PsychoNews – Pemilihan Umum Raya (Pemira) yang dilaksanaan di Aula Gedung B Lantai 2 UIN Maliki Malang berlangsung dengan lancar (29/03). Calon Gubernur DEMA-F dengan nomor urut 2 ini berhasil menduduki peringkat pertama setelah melalui perhitungan yang cukup ketat. Hasil akhir menyatakan bahwa Saktya Alief Al Azhar ditetapkan sebagai Gubernur DEMA-F periode 2017. Pemuda kelahiran Pati, 19 September 1996 ini mendapatkan amanah dari mahasiswa Fakultas Psikologi untuk melanjutkan kepemimpinan DEMA-F yang sebelumnya diamanahkan pada Faqih Muqoddam. Sakty, sapaan akrabnya merupakan lulusan Pondok Pesantren Muallimin Muhammadiyah, Yogyakarta. Membaca, menulis, dan bermain futsal adalah kegemaran yang sudah melekat pada dirinya.

Ketika masih di pesantren, Sakty memiliki segudang pengalaman berorganisasi dengan berbagai bidang yang berbeda, yaitu menjadi Koordinator Sponshorship Lembaga Pers Muallimin “Sinar” Yogyakarta dan Koordinator P3K Student Medical Team Yogyakarta. Memasuki kehidupan kampus, Sakty tetap aktif dalam berorganisasi. Hal ini terbukti ketika dirinya menjadi Koordinator Publisher LSO “Paradise Pers” Jurnalistik Fakultas Psikologi, Staff Departemen Sosial dan Networking DEMA-F Psikologi, Ketua bidang Advokasi dan keuangan SEMA-F Psikologi, Staff Biro Sosial dan Networking PMII Rayon “Penakluk Al-Adawiyah”, serta menjabat sebagai sekretaris PMII Rayon “Penakluk Al-Adawiyah”.

Motivasi Sakty mencalonkan diri sebagai Gubenur DEMA-F Psikologi adalah ingin memberdayakan mahasiswa psikologi dalam kegiatan yang diadakan oleh Fakultas Psikologi serta adanya dukungan dari keluarga psikologi angkatan 2014. “Pemberdayaan mahasiswa psikologi dilakukan dengan menfasilitasi mahasiswa psikologi dalam belajar berorganisasi di dalam DEMA, LSO, maupun komunitas. Bahkan, di setiap kegiatan DEMA periode ini saya berniat membuka Open Recruitment (Oprec) agar seluruh mahasiswa psikologi dapat belajar berorganisasi”, ucapnya. Berikut visi dan misi Sakty selaku Gubernur DEMA-F Psikologi 2017, yakni:

Visi : Mewujudkan Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas (DEMA-F) Psikologi yang berkompeten, harmonis, dan berkarakter psikologis.

Misi:

  1. Menjadikan DEMA-F Psikologi sebagai mitra Fakultas Psikologi dalam membentuk mahasiswa yang akademis dan organisatoris
  2. Mensinergikan tujuan Organisasi Mahasiswa Intra Kampus (OMIK) dan komunitas Fakultas Psikologi menjadi sebuah satu kesatuan yang utuh.
  3. Mewujudkan DEMA-F Psikologi yang mandiri dalam berorganisasi.

Sakty beranggapan bahwa partisipasi mahasiswa dalam pemira kali ini sangat antusias. Ia juga berharap antusiasme mahasiswa psikologi tetap terjaga dalam pemira selanjutnya. “Tahun ini suara yang dihasilkan menembus 400 pemilih, biasanya jumlah pemilih kisaran 350 atau di bawahnya” tuturnya.

Sakty berharap pada seluruh mahasiswa psikologi untuk mensukseskan agenda DEMA-F Psikologi dengan mendukung dan menjunjung tinggi asas kekeluargaan di Fakultas Psikologi,  serta menggunakan OMIK dan komunitas Fakultas Psikologi sebagai wadah belajar dalam berorganisasi. “DEMA-F Psikologi adalah milik kita bersama. Bukan perorangan ataupun golongan dan tidak lupa maksimalkan OMIK dan komunitas Fakultas Psikologi untuk kegiatan di luar kelas”, ujar Sakty ketika ditemui oleh salah satu Reporter Psychonews.

Segala sesuatu tidak berjalan sempurna tanpa adanya pemimpin, karena dengan adanya pemimpin maka suatu kaum memiliki panutan atau pedoman dalam menjalankan tugasnya. Pemimpin yang baik harus bersikap adil dan amanah, sebagaimana hadist Nabi dalam riwayat Imam Bukhori yang artinya, “Setiap kalian adalah pemimpin dan kalian akan dimintai pertanggungjawaban atas kepemimpinannya”. Menjadi seorang pemimpin bukanlah sesuatu yang mudah, karena pada hakikatnya pemimpin memiliki tanggung jawab yang lebih daripada kaumnya. Oleh karenanya seorang pemimpin dalam menjalankan tugasnya harus bersikap adil, amanah, dan bijaksana, serta senantiasa memohon petunjuk kepada Tuhan Semesta Alam. (Red.Ms)

Reporter           : Firda Hana Virantia

Editor                : Faatihatul Ghaybiyyah

Simpan

Tanggapan Anda

Silahkan login di akun facebook anda jika ingin memberikan komentar/tanggapan

Author: