Recruitment Anggota: Psycho Adventure, Nuansa Baru Psycho World

 Suara Mahasiswa

Suasana Foto Bareng Setelah Selesai Kegiatan Pscycho Adventure

PsychoNews – Komunitas Psycho World Fakultas Psikologi UIN Malang melakukan open recruitment untuk anggota baru. Komunitas ini adalah salah satu komunitas yang berkembang pesat di Fakultas Psikologi yang menampung ide-ide kreatif mahasiswa.  Pada recruitment kali ini, panitia mengadopsi psycho adventure sebagai nama kegiatan yang merupakan agenda tahunan psycho world. Psycho adventure atau lebih tepatnya disebut makrab adalah kegiatan yang bertujuan untuk mengakrabkan antar anggota psycho world secara keseluruhan serta adanya tes komitmen untuk anggota baru di komunitas ini.

Selama dua hari (4-5/03) ada 45 orang peserta yang bergabung dari 80 orang yang terdaftar sebagai anggota baru. Dalam kegiatan psycho adventure panitia menghimbau pada seluruh anggota psycho world untuk melaksanakan sholat berjamaah setiap masuk waktu sholat. Hal ini bertujuan untuk membiasakan anggota psycho world memiliki jiwa kekeluargaan yang kuat dan sebagai pondasi awal bahwa sukses dalam psycho world itu harus dilakukan secara bersama-sama. “Tujuan membiasakan sholat berjama’ah saat psycho adventure ialah selain mengikuti sunnah nabi, kita ingin mengajarkan pada seluruh panitia dan seluruh anggota baru psycho world bahwa hikmah yang bisa diambil dari sholat berjama’ah akan kita terapkan di psycho world yaitu kita harus sukses secara berjama’ah dan sesuai dengan jargon kita be a team be a success”, ucap Andi Prayogi selaku ketua pelaksana kegiatan.

Ada hal yang menarik dalam makrab psycho world ini. Panitia mengemas apik setiap kegiatan dengan nuansa baru yang mampu menyihir peserta untuk lebih mendekatkan diri pada Sang Maha Agung. Agenda makan malam sengaja dilakukan di dalam ruangan gelap yang dilakukan agar peserta lebih peka terhadap lingkungan sekitar dan adanya pembelajaran mensyukuri segala nikmat Tuhan. “Makan dengan keadaan mata terpejam menjadikan saya sadar akan nikmat Tuhan yang diberikan pada diri saya, selain itu saya juga bisa merasakan berada pada posisi orang yang memiliki keterbatasan dalam dirinya sehingga menjadikan diri saya faham dan mengerti apa yang harus saya lakukan terhadap orang yang memiliki keterbatasan”, ucap salah satu peserta dalam kegiatan yang dilaksanakan di vila Aswaja, Batu, Malang.

Ketua pelaksana kegiatan ini tak lupa memberikan pesan pada seluruh anggota psycho world untuk tetap berjuang dan berprestasi secara berjama’ah. Kegiatan psycho adventure ini mendapat respon yang baik dari para peserta. Antusias peserta yang ingin tahu akan hal-hal baru menambah semangat panitia untuk lebih maksimal dalam membimbing calon anggota baru psycho world. Proses pengajaran yang dilakukan santai tapi serius, selain itu rasa kekeluargaan terjaga dengan baik. “Kegiatan psycho adventure ini asyik tetapi mendidik. Selain itu menambah keakraban antar anggota psycho world” ujar bangga Rezki Haris yang sangat antusias mengikuti kegiatan ini.

Manusia di dunia ini tidak ada yang sempurna, oleh karenanya kita membutuhkan orang lain untuk menegur dan menasehati kita agar menjadi manusia yang lebih baik. Hal ini diperkuat dalam Surah Al-Maidah ayat 2 yaitu: “ Tolong menolonglah kamu dengan (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran dan bertakwalah kamu kepada Allah. Sesungguhnya Allah amat berat siksaNya”.  Gotong- royong di sini memiliki makna kebersamaan atau bisa disebut dengan persatuan. Inilah yang menjadi dasar pondasi psycho world dalam meraih kesuksesan secara berjamaah. Berawal dari tolong-menolong, kita akan banyak belajar tentang cara mengasihi, menghargai, dan menghormati antar sesama sehingga lambat laun kita akan mengerti makna hidup yang sesungguhnya. Banyaknya relasi, mudahnya mendapatkan pekerjaan dan prestasi yang baik merupakan bonus dari Tuhan ketika kita berupaya untuk senantiasa taat kepada-Nya. (Red.Ms)

Reporter            : Firda Hana Virantia

Editor                 : Faatihatul Ghaybiyyah

Simpan

Tanggapan Anda

Silahkan login di akun facebook anda jika ingin memberikan komentar/tanggapan

Author: