Libur Semester: Maba Psikologi Adakan Riset di Lumajang

 Sorotan Kritis, Sosok

Pose Bareng: Maba Psikologi UIN Maliki Riset di Lumajang

PsychoNews – Mengisi liburan semester tidak melulu pergi ke tempat wisata maupun bersantai-santai, mahasiswa baru (maba) Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang mempunyai cara tersendiri untuk mengisi waktu libur semester ganjil mereka. Yansa, Kosala, Alvina, dan Dewi yang tergabung dalam Actualization Psychological Association (APT) mengadakan penelitian dengan mengambil tema “Hubungan kemiskinan dengan pendidikan”. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 6-13 januari 2016 yang bertempat di  Desa Ranu Bedali, Kecamatan Ranuyoso, Kabupaten Lumajang. Tidak mudah untuk melakukan penelitian disana, mereka harus menempuh perjalanan selama 4 jam dari kampus menuju ke tempat penelitian. Selain itu, selama seminggu disana mereka tinggal dan makan di Balai Desa Badali maupun di rumah keluarga pemuka agama setempat.

Banyak kegiatan yang mereka lakukan disana, selain melakukan penelitian terhadap siswa-siswi mulai dari jenjang sekolah dasar hingga sekolah menengah atas beserta jajaran perangkat desa setempat, pada kurun waktu tiga bulan kedepan, Yansa dkk akan melakukan kegiatan bakti sosial dengan memberikan buku-buku pengetahuan umum bagi sekolah-sekolah disana serta mengajak seluruh civitas akademika Fakultas Psikologi UIN Malang untuk turut berpartisipasi didalamnya, mengembangkan UMKM, serta memberikan data hasil angket yang telah mereka sebar ke beberapa orang tua siswa mulai dari SD, SMP, dan SMA kepada kepala sekolah masing-masing. “Tim ini sudah melakukan awal yang baik, sudah memiliki informasi umum atau analisa dasar yang selanjutnya bisa dikembangkan bersama pembina yakni Bapak Lubab” ujar Faqih, Ketua DEMA-F Psikologi

Penelitian ini merupakan langkah awal bagi Yansa, dkk. Kedepannya, setelah penelitian ini terselesaikan mereka akan merekrut beberapa rekan-rekan yang berminat untuk bergabung dalam penelitian selanjutnya. Selain Lumajang, Blitar dan Tuban akan menjadi tempat sasaran penelitian selanjutnya. “Kami akan terus melakukan pembenahan dari segi kualitas dan kuantitas terhadap hasil penelitian kami, harapan terbesar kami supaya penelitian ini memberikan dampak yang positif bagi masyarakat umumnya serta menjadi bahan acuan pemerintah dalam pembangunan wilayah setempat” ujar Kosala.

“Kami berterima kasih kepada Bapak Lubab, Ibu Fuji, Bapak Mahpur, Bapak Zamroni, Kak Ken, Kak Maman, Kak Faqih, dan seluruh jajaran pengurus DEMA Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang” ujar Yansa, selaku ketua penelitian ini.

Seorang muslim yang ingin merasakan kedekatan kepada Allah SWT, niscaya akan menyibukkan diri dengan hal-hal yang mendatangkan manfaat. Jika ia mampu melakukan ini maka yang demikian itu adalah bukti kebenaran imannya kepada Allah SWT. Abu Hurairah RA, berkata: Rasulullah SAW bersabda : “Diantara tanda sempurnanya Islam seseorang adalah meninggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat” (Hadist riwayat Tirmidzi). Diantara hal-hal yang dapat dilakukan untuk menyibukkan diri akan hal-hal yang bermanfaat adalah menjalin hubungan positif dengan orang lain, selain mempererat silaturrahmi hubungan ini akan menimbulkan kebahagiaan dalam suatu individu.

Reporter            : Wachidatul Zulfiyah

Editor                 : Fauza Nor Hidayah

Simpan

Tanggapan Anda

Silahkan login di akun facebook anda jika ingin memberikan komentar/tanggapan

Author: