Perkuat Research, Mahasiswa Psikologi UIN Maliki Bentuk Komunitas Lagi

 Opini
Gambar Ilustrasi di unduh di google

Gambar Ilustrasi di unduh di google

PsychoNews – Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, kembali telurkan komunitas baru yang dikenal dengan kelompok penelitian. Kelompok penelitian ini menjembatani para mahasiswa psikologi yang mempunyai minat dalam bidang research. Kelompok ini dibentuk dan dibimbing langsung oleh dosen psikologi yang berpengalaman dalam bidang research, yakni Dr. Fathul Lubabin Nuqul, M.Si. Kelompok penelitian ini pada awalnya dibentuk atas inisiatif dari Lubab itu sendiri untuk mengajak mahasiswa psikologi yang mempunyai keinginan yang kuat dalam belajar, terutama dalam belajar research. Setelah mahasiswa psikologi sudah mengetahui tentang research, diharapkan adanya perubahan yang akan terjadi dalam diri mahasiswa psikologi baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Perubahan dalam jangka pendek ini diharapkan mahasiswa psikologi bisa belajar bagaimana meneliti dengan benar, sehingga nantinya akan terjadi perubahan dalam jangka panjang berupa output penelitian itu sendiri yang mampu memberikan kontribusi bagi masyarakat. Sehingga, kelompok penelitian ini diharapkan bisa menguatkan perkuliahan yang dijalankan oleh mahasiswa psikologi serta menguatkan kompetensi mereka sebagai seorang sarjana psikologi.

Baru berjalan selama 1 tahun dan tanpa publikasi yang besar, kelompok penelitian ini telah mendapatkan respon yang baik oleh mahasiswa psikologi. Hal ini terbukti akan banyaknya mahasiswa psikologi yang mengikuti serangkaian tahap recruitment. Tahap recruitment kelompok penelitian ini dibagi menjadi 2 tahap, yakni tahap administrasi dan tahap wawancara. Hal ini penting dilakukan, karena kelompok penelitian ini benar-benar mencari mahasiswa psikologi yang memiliki komitmen yang kuat dalam belajar research. Kelompok penelitian ini lebih mengutamakan mahasiswa psikologi semester tiga keatas, karena pada semester ini mahasiswa sudah tidak dibebankan lagi dengan adanya Program Pengembangan Bahasa Arab (PPBA) dan kegiatan-kegiatan di Ma’had Sunan Ampel Al Aly (MSAA). Sehingga, mahasiswa bisa memfokuskan perhatian sepenuhnya kepada kelompok penelitian ini.

Sekarang, jumlah anggota kelompok penelitian ini berjumlah sembilan orang dengan tiga orang pembimbing yang membimbing mereka dalam belajar research. Ketiga orang ini diantaranya; Fathul Lubabin Nuqul selaku founder dari kelompok penelitian ini, Ardana dan Dian selaku alumni Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang pada tahun 2016. Setiap minggu, kelompok penelitian ini rutin melakukan pertemuan guna menambah ilmu baru tentang research sekaligus sharing baik antar sesama anggota kelompok penelitian maupun dengan pembimbing. Pertemuan ini sengaja dibuat sesantai mungkin dengan membawa konsep diskusi kelompok, sehingga para anggota kelompok penelitian ini merasa nyaman dan mudah menerima materi yang disampaikan.

Nisa Puspita, selaku anggota dari kelompok penelitian ini mengaku bahwa motivasi utamanya dalam mengikuti kelompok penelitian ini karena ia memang ingin mengetahui lebih jauh tentang kelompok penelitian ini, belajar lebih dalam tentang research, dan menjadi seorang peneliti. Nisa berharap dengan ia bergabung dalam kelompok penelitian ini, kedepannya ia akan menjadi seorang peneliti, mempunyai jurnal sendiri, dan mendapatkan beasiswa keluar negeri untuk studi lanjut, seperti yang diberitakan sebelumnya bahwa banyak lulusan psikologi UIN yang melanjutkan studi S2 di Jerman, Belanda dan Inggris melalui program beasiswa.

Baca: Alumni Psikologi UIN Maliki Tembus Postgraduate di Jerman, Inggris dan Belanda

Para mahasiswa yang mengikuti kelompok penelitian ini mempunyai semangat dan motivasi belajar yang tinggi. Motivasi itu sendiri dapat diartikan sebagai suatu upaya untuk menimbulkan atau meningkatkan dorongan untuk mewujudkan perilaku tertentu yang terarah kepada pencapaian suatu tujuan tertentu. Lubab mengakui, harapan terbesarnya untuk kelompok ini yakni adanya kemauan yang keras mahasiswa psikologi untuk belajar research. Sehingga, diharapkan nantinya mahasiswa ini bisa berkembang dan dapat memberikan kontribusinya bagi diri sendiri, lingkungan sekitar, maupun bagi masyarakat.

Islam juga memandang penting akan adanya motivasi dalam belajar. Seseorang yang sedang menuntut ilmu diharapkan hati dan pikirannya bersih dari hal-hal yang dilarang. Sehingga, motivasi itu akan mudah dimunculkan. Salah satunya adalah adanya motivasi dalam belajar, dengan hati yang bersih maka ilmu akan mudah diterima dan ilmu tersebut dapat lebih mudah diingat baik di dalam pikiran maupun di dalam hati sehingga menjadi ilmu yang bisa bermanfaat bagi dirinya sendiri maupun bagi orang lain, yang termuat dalam QS. Al Mujaadilah ayat 11 yang artinya ”Hai orang-orang beriman apabila kamu dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majlis”, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu,” maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”. Dari Ibnu Abbas R.A ia berkata: Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang dikehendaki Allah menjadi baik, maka dia akan difahamkan dalam hal agama. Dan sesungguhnya ilmu itu dengan belajar” (HR. Bukhori). *Red.Ms

Reporter            : Wachidatul Zulfiyah

Editor                 : Fauza Nor Hidayah

Simpan Berita

Tanggapan Anda

Silahkan login di akun facebook anda jika ingin memberikan komentar/tanggapan

Author: