Ta’aruf dan Out Bound Perkuat Potensi Diri Maba

IMG-20131004-WA0000Batu, FPsiKeep reading start writing, menjadi ajang lanjutan kegiatan OPAK untuk mahasiswa baru di tahun ini. Hal serupa kembali ditampilkan oleh segenap Panitia yang terdiri dari jajaran SEMA dan DEMA-F pada acara Ta’aruf dan Out Bound Fakultas Psikologi yang bertempat di bumi perkemahan Coban Rondo, Batu (27/10). Acara ini bertujuan untuk merekatkan dan memperkenalkan antar mahasiswa baru yang satu dengan mahasiswa yang lain. Selain itu, acara ini diharapkan juga dapat mengakrabkan mereka dengan mahasiswa lama yang dalam kesempatan ini turut memperoleh tanggung jawab menjadi panitia, tambah panitia. Tema yang diusung dari kegiatan Ta’aruf dan Out Bound adalah “Kembangkan Potensi Diri Dengan Psikologi”. Mahasiswa baru diperkenalkan dengan makna potensi diri. Mereka juga dituntun secara perlahan untuk menemukan dan mengenali potensi-potensi yang terdapat dalam diri mereka. Selain potensi diri, mahasiswa baru juga dibekali dengan materi-materi lain yang berhubungan dengan tema dan pastinya tidak kalah penting, terkait dengan bagaimana mereka mampu melakukan analisis diri, ke-psikologian, ke-organisasian, dan bakat dan minat.

Panitia menyelanggarakan Ta’aruf dan Out Bound tidak hanya di isi dengan serangkaian materi yang dapat membuat peserta menjadi jenuh. Namun upaya ini diselingi dengan ice breaking dan game-game seru dari tim out bound Mega Putih (Selaku trainer untuk kegiatan out bound. Hal tersebut diberikan untuk mengurangi tingkat kebosanan peserta akan semua materi yang diberikan, dan tidak menghilangkan unsur belajar menyenangkan “bersenang-senang” yang sudah menjadi icon dalam setiap kegiatan yang di adakan Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Hari terakhir kegiatan Ta’aruf dan Out Bound Fakultas Psikologi di isi dengan Out Bound seharian penuh. Pada acara out bound semua peserta menggunakan pakaian siap kotor dan dilarang membawa alat-alat elektronik, karena nantinya mereka akan melewati medan yang berkenaan dengan air dan lumpur. Tujuan dari out bound ini bukan hanya untuk refreshing dan bermain-main semata, namun juga me-review materi-materi yang sudah diberikan. Semua peserta harus melewati beberapa pos yang sudah disediakan oleh panitia, antara lain sebagai berikut:

  • Pos 1-3, game-game dari tim Out Bound Mega Putih
  • Pos materi Stadium General dan Analisis Diri (review)
  • Pos materi Ke-Psikologian dan Ke-Organisasian (review)
  • Pos materi Bakat dan Minat (review)
  • Pos bayangan, yaitu istrahat sejenak (santap bekal) dan sharing bersama
  • Pos Trust Fall, inti game ini yaitu kepercayaan terhadap teman sendiri
  • Pos Flying Fox
  • Pos Yuyu Kangkang, dan
  • Pos pendinginan dari Ketua DEMA-F Psikologi

Pemberhentian terakhir semua peserta Ta’aruf di Wahana Wisata Air Terjun Coban Rondo sambil menikmati konsumsi yang sudah disediakan oleh panitia. Dengan demikian acara diakhiri sementara. Kegiatan Ta’aruf dan Out Bound Fakultas Psikologi dilanjutkan dengan Follow Up satu minggu setelahnya, yang bertepatan pada tanggal 05 Oktober 2013 bertempat di Home Theater Fakultas Humaniora. Follow Up di isi dengan pemutaran film dan beberapa penampilan yang dimulai dari pukul 08.00 hingga acara pembagian sertifikat untuk semua peserta yang telah resmi menjadi mahasiswa Psikologi. (Editor: Redaksi/admin)

Penulis: Panitia Ta’aruf dan Out Bound Fakultas Psikologi 2013

Tanggapan Anda

Silahkan login di akun facebook anda jika ingin memberikan komentar/tanggapan

Leave a Reply

Your email address will not be published.