Mahasiswa Psikologi UIN Maliki Presentasikan Paper di IAMP 2016

 Suara Mahasiswa
Peserta Seminar Internasional

Mahasiswa Psikologi UIN Maliki Malang Pose Bareng Bersama Presenter dari Negara Lain

PsychoNews – Mahasiswa Psikologi UIN Maliki Malang kembali berpartisipasi di ajang Internasional dengan mengikuti “The 5th Conference Of The International Association Of Muslim Psychologists 2016 di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (5-6/11). Salah satu tema yang di usung dalam ajang ilmiah tingkat dunia tersebut adalah Child Psychology an Islamic & Cultural Perspective yang dihadiri oleh pakar psikologi Islam dari berbagai negara, yakni Sudan, Pakistan, Jerman, dan Arab Saudi. Konferensi ini di selenggarakan untuk menyebarkan perspektif yang berbeda tentang psikologi anak, pendekatan dan cara-cara pemecahan masalah, dalam lingkungan keluarga muslim di seluruh dunia.

Kali ini, mahasiswa semester VII yang berkesempatan untuk menimba ilmu di ajang internasional tersebut.  Akbar Ilman, Dewi Mustirah, Shofwatun Amaliyah, dan Khairul Anwar yang bergabung dalam satu tim mengaku sangat senang mendapat kesempatan berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh International Association of Muslim Psychologists (IAMP), International Institute of Islamic Thoughts, Ahmad Dahlan University, State Islamic University, Islamic University of Indonesia, and Indonesian Association of Islamic Psychology.

“Saya sangat senang dapat kesempatan untuk berpartisipasi dalam acara yang luar biasa ini dan pesan saya bagi mahasiswa yang lain, jangan pernah melewatkan acara konferensi internasional yang ada”. Ujar Dewi Mustirah yang mengangkat judul “Enhancing Islamic Moral Children through Educational Concept of Al Quran Surah (12-19)” dalam mempresentasikan penelitian bersama timnya.

Pengalaman menimba ilmu di Kota Pelajar ini membuat Dewi dan timnya mendapat berbagai ilmu baru. Tiada kata terlambat untuk memulai sesuatu bahkan untuk menulis sekalipun. “Ketika menulis kita dapat mencurahkan semua perasaan yang terdapat dalam diri kita, kita juga dapat bebas bermain kata didalamnya bahkan kita dapat memotivasi orang lain melalui tulisan-tulisan kita”, imbuh Dewi Mustirah yang merupakan mahasiswa asal madura ini.

Dalam Ilmu Psikologi, Motivasi berasal dari kata motif yaitu dorongan yang datang dari dalam untuk berbuat (Walgito, 2002). Sedangkan dalam Islam, motivasi adalah sesuatu yang sangat dianjurkan oleh setiap orang apalagi memotivasi seseorang dalam hal positif karena itu adalah salah satu kebaikan yang tak ternilai harganya sehingga akan membuat orang lain bersemangat dalam menjalani aktivitasnya. Pada intinya, motivasi adalah bagaimana cara kita mengekspresikan minat dan bakat kita agar bisa tercapai pada tujuan yang kita inginkan.

Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Baqarah ayat 148 “Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah (dalam membuat) kebaikan. Dimana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. Sejatinya, sebagai muslim yang baik sudah selayaknya bagi kita untuk berusaha agar langkah yang kita pijaki selalu bertumpu pada niat yang baik dan hanya mengharap Ridho-Nya. (red.Ms)

Reporter          : Husnul Khatimah

Editor               : Faatihatul Ghaybiyyah

Simpan Berita

Tanggapan Anda

Silahkan login di akun facebook anda jika ingin memberikan komentar/tanggapan

Author: