Komunitas PsychoWorld Tampilkan Hypnosis di UM

 Suara Mahasiswa
Pertunjukkan hypno stage yang dibawakan oleh Sudrajad

Pertunjukkan hypno stage yang dibawakan oleh Sudrajad

PsyschoNews – Dunia akademis selalu dihadapkan pada kualitas lulusan yang lahirkannya. Dalam Strategi Jangka Panjang Pendidikan Tinggi disebutkan bahwa peningkatan kualitas dipandang sebagai strategi utama dalam meningkatkan nations’s competitiveness. Berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 231/U/2000, tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa, menunjukkan bahwa selain kompetensi pada bidang ilmunya (base knowledge), dituntut pula ada kompetensi-kompetensi tambahan sehingga mahasiswa memiliki wawasan kemandirian dan keahlian diluar bidangnya.

Sejalan dengan ini, komunitas psychoworld hadir untuk memperkuat kebutuhan akan soft skill dan hard skill yang ada dalam diri mahasiswa psikologi. Di komunitas ini terdapat beberapa devisi yang akan menampung segala minat bakat yang dimiliki oleh mahasiswa, diantaranya devisi psychohypnosis yang didalamnya terdapat beberapa mahasiswa psikologi yang berkeinginan untuk belajar hypnosis.

Kamis malam, (3/11) Psychohypnosis mendapat suatu kehormatan sebagai pengisi acara dalam malam puncak “Simplystation” yaitu sebuah acara tahunan yang diadakan oleh organisasi yang bergerak di bidang entertainment di Universitas Negeri Malang (UM). Acara Simplystation ini dihadiri oleh berbagai macam komunitas musik, serta menampilkan lagu dari masing-masing band yang kebanyakan beraliran jazz. Disini, Psychohypnosis tampil beda dengan membawakan pertunjukkan hypno stage untuk menghibur penonton di atas panggung.

Pertunjukkan hypno stage dilakukan oleh dua orang senior psikologi UIN Maliki Malang yang berpengalaman di bidang hypnosis, yakni Sudrajad Yudo Putra dan Cahya Eka Prasetyo. Kedua orang ini telah mengikuti pelatihan dan telah mengantongi sertifikat resmi dari lembaga hypnosis. Pertunjukkan hypno stage ini mengundang rasa penasaran dari penonton yang ada didalamnya, pasalnya diantara semua yang ditunjuk sebagai pengisi acara hanya komunitas psychoworld saja yang menampilkan adegan hypno stage.

Sudrajad Yudo menuturkan bahwa “Ini adalah langkah awal bagi psychoworld supaya mampu mengembangkan sayap, khususnya pada psychohypnosis. Selain itu, ketika acara Simplystation ini para panitia sangat menghargai kita. Adegan hypnostage ditaruh di acara puncak, sehingga kita diberi kebebasan untuk tampil dari jam 21.00-24.00 WIB. Sedangkan, yang lain diberikan waktu untuk tampil dalam waktu 30 menit. Meskipun demikian, pukul 23.15 WIB kami sudah mengakhiri pertunjukkan kami.”

Menurut Abraham Maslow, aktualisasi diri mendorong manusia sampai kepada pengembangan yang optimal dan menghasilkan ciri unik manusia seperti kreativitas, inovasi, dan lain-lain. Dalam hal ini, psychohypnosis mencoba untuk terus menaiki tangga hingga menuju aktualisasi diri yang sempurna. Aktualisasi diri memang harus dimulai dengan memahami diri sendiri terlebih dahulu, kemudian bersinergi dan berintegritas dengan situasi yang dituju. (Red. Ms)

Reporter          : Wachidatul Zulfiyah

Editor               : Fauza Nur Hidayah

Simpan Berita

Tanggapan Anda

Silahkan login di akun facebook anda jika ingin memberikan komentar/tanggapan

Author: