Dialog Interaktif SEMA dan DEMA Terpilih Fakultas Psikologi

Suasana Saat Audiensi Antara Pihak Fakultas dengan SEMA-Dema Terpilih
Suasana Saat Audiensi Antara Pihak Fakultas dengan SEMA-Dema Terpilih

PsychoNews – Rabu lalu (29/03/16) menjadi hari bersejarah bagi Senat Mahasiswa dan Gubernur Dewan Mahasiswa fakultas psikologi terpilih di Universitas Islam Negeri (UIN) Maliki Malang. Pasalnya hari itu setelah terpilih dan menjabat bagian utama dari badan organisasi tertinggi mahasiswa di fakultas psikologi UIN Maliki Malang mereka mengadakan dialog Interaktif Organisasi Lintas Komunitas dan LSO. Kegiatan ini diapresiasi oleh dekan fakultas psikologi UIN Maliki Malang karena menurutnya dialog interaktif ini merupakan upaya mendinamisasi kekuatan seluruh komponen dari unit kegiatan yang aktif di fakultas psikologi UIN Malang yang dari sekarang memang harus perlu dibangun secara berkelanjutan, oleh karenanya DEMA dan SEMA fakultas psikologi UIN Maiki Malang sebagai badan organisasi tertinggi di fakultas perlu melakukan fungsi fasilitasi sebagai berikut. Melalui dialog interaktif ini diharapkan seluruh perwakilan LSO dan komunitas mampu memanfaatkan kesempatan untuk memberikan saran-saran produktif untuk jalannya DEMA dan SEMA fakultas Psikologi UIN Malang kedepannya. Dialog ini menjadi pintu masuk untuk berdiskusi secara efektif untuk bisa bekerja sama dengan lebih baik dibanding periode sebelumnya. Dekan menyatakan bahwa aktivis itu identik dengan sosok akademik yang kuat sehingga usaha untuk meningkatkan akademik dan juga prestasi non akademik harus selalu diwujudkan jadi dengan bertukar ide dan merealisasikan gagasan merupakan upaya yang tepat dilakukan oleh para aktivis yang akademis ini.

Dialog interaktif ini dhadiri oleh Dekan fakultas psikologi, Dr. H. Luthfi Mustafa dan Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Moh. Mahpur, M.Si serta dosen-dosen yang tergabung sebagai pengurus LSO di fakultas Psikologi UIN Malang yakni Yusuf Ratu Agung dan M. Anwar Fuadi juga Fuji. Dialog ini menjadi upaya silaturahmi untuk membangun proses sinergi awal para OMIK yang merupakan mitra fakultas dengan badan organisasi tertinggi di fakultas psikologi UIN Maliki Malang yaitu Senat Mahasiswa (SEMA) dan Dewan Mahasiswa (DEMA) untuk mewujudkan tiga goal utama dari pembinaan kemahasiswaan oleh fakultas.

Terdapat tiga tujuan pembinaan kemahasiswaan yang harus diwujudkan oleh pihak fakultas diantaranya pertama, mewujudkan rasa nyaman dan kemudahan bagi mahasiswa dalam proses belajar serta pengembangan dan aktualisasi diri mereka. Kedua, ialah meningkatkan mutu dan proses hasil pembelajaran. Ketiga, ialah mewujudkan program pembinaan mahasiswa yang berorientasi pada penguatan nilai-nilai keislaman. Dengan kolaborasi positif yang dilakukan oleh pihak SEMA, DEMA dan LSO serta Komunitas di fakultas Psikologi kedepannya diyakini tujuan dari pembinaan kemahasiswaan ini akan terwujud dengan baik.

Dr. Moh. Mahpur, M.Si selaku Wakil Dekan Bidang kemahasiswaan dan kerjasama menjadi spirit tersendiri bagi para aktivis untuk memaksimalkan dinamika kemahasiswaan. Gubernur Dewan Mahasiswa periode lalu Ikhsan Hadi juga memaparkan hal-hal yang perlu diperhatikan bagi pengurus kedepan, dalam dialognya ia mengajak seluruh mahasiswa yang mengambil peran dalam DEMA, SEMA, LSO dan Komunitas untuk lebih peka dengan lingkungan sekitarnya. Ia menyatakan “mari mainkan mata kita. Jangan menutup mata kita. Ayo lihat hal-hal luar biasa, tidak hanya di dalam namun di luar lingkungan kita”. Ikhsan Hadi menyatakan bahwa memiliki hubungan yang positif dan bekerja secara baik bersama dengan semua teman-teman yang menjadi pengurus di dalam SEMA dan DEMA juga seluruh anggota dari komunitas dan LSO adalah modal utama untuk menjadikan fakultas Psikologi UIN Malang semakin besar namanya di masa yang akan datang.

Melalui dialog interaktif ini disepakatai bahwa kedepannya akan ada kegiatan yang membangun kebersamaan dimana LSO dan komunitas serta DEMA dan SEMA akan bersama-sama membangun kohesivitas kelompok demi mewujudkan tiga tujuan utama pembinaan kemahasiswaan bersama dengan pihak fakultas. Apalagi oleh Faqih Muqoddam selaku gubernur Dema terpilih menegaskan bahwa fungsi dari DEMA dan SEMA ialah sebagai wadah penyampai aspirasi dan penggerak dari para mahasiswa untuk hal-hal kontributif bagi diri dan lingkungannya. Sehingga seluruh mahasiswa fakultas Psikologi memiliki kesempatan untuk terus berkembang potensi dan bakatnya melalui kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan kedepannya oleh DEMA dan SEMA yang tentunya melibatkan LSO dan komunitas sebaliknya pun begitu.

Moh. Mahpur juga menambahakan bahwa forum dialog interaktif ini menjadi begitu spesial oleh karenanya wajib diadakan setiap tahunnya bagi seluruh pengurus DEMA dan SEMA fakultas psikologi terpilih kedepannya. Nasihat berharga yang diberikan oleh beliau adalah “Bekerjalah di dalam kelompokmu, berkontribusilah secara signfikan. Bila bisa dikolaborasikan maka silahkan, namun janganlah berusaha untuk mencoba menyeragamkan, tapi cobalah menghargai karena setiap orang berbeda. Tandasnya. (Red. Ms)

Reportase : Wahyu Riska Elsa Pratiwi

[button href=”http://psikologi.uin-malang.ac.id/wp-content/uploads/2016/04/Dialog-Interaktif-SEMA-dan-Dema-Psikologi.pdf” rounded=”” size=”btn-mini” style=”red” target=”_blank”]Simpan Berita[/button]

Tanggapan Anda

Silahkan login di akun facebook anda jika ingin memberikan komentar/tanggapan