Menelisik Sang Gubernur DEMA Fakultas Psikologi Periode 2016

 Sosok
Gubernur Dema Terpilih untuk Tahun Periode 2016

Gubernur Dema Terpilih untuk Tahun Periode 2016

PsychoNews – Pemilihan Raya (Pemira) Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang 2016 berjalan dengan lancar (08/3). Kegiatan yang dimulai pada pukul 09.00 WIB tersebut berlangsung di hall lantai 1 Fakultas Psikologi. Meriahnya agenda itu pun terlihat dari banyaknya partisipasi para mahasiswa Fakultas Psikologi itu sendiri. Konsep yang dibuat pada agenda tahunan ini sangat menarik. Pasalnya, panitia telah menyediakan doorprise, yakni kue bagi 100 pemilih pertama untuk menarik minat partisipan mahasiswa. Setelah proses pemilihan berakhir, penghitungan suara dilakukan. Kemudian, pengumuman pun menyatakan bahwa yang meraih suara terbanyak adalah Faqihul Muqoddam. Mahasiswa yang lahir di Madura, 06 Maret 1994 itu berhasil meraih jabatan sebagai Gubernur DEMA-F Psikologi periode tahun 2016.

Faqih, sapaan akrabnya, semenjak kecil sudah tinggal di lingkungan pesantren. Alumni SMA Al-Amin Madura ini memiliki hobi berorganisasi, membaca buku, dan mendaki gunung. Ia pun telah memiliki pengalaman organisasi yang luar biasa, di antaranya adalah: pengurus organsiasi di pesantren Al-Amin, regu khusus pramuka (Brawijaya), dan manusia penikmat alam (Mapena). Ketika menjadi mahasiswa, ia juga bergabung dengan beberapa organisasi, yakni: SEMA-F Psikologi, LSO Oasis, dan Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Rayon Penakluk Al-Adawiyah.

Motivasi Faqih mencalonkan diri sebagai Gubernur DEMA-F Psikologi adalah karena teman-teman yang mempercayai kinerjanya. “Hal inilah yang mendorong saya untuk menjadikan DEMA-F Psikologi yang lebih baik dari sebelumnya. Selain itu, saya mempunyai prinsip untuk bertanggung jawab dengan terpilihnya saya menjadi Gubernur DEMA selama satu periode,” ucapnya.

Berikut adalah visi dan misi Faqih sebagai Gubernur DEMA-F Psikologi 2016, yakni:

Visi: Membentuk Dewan Eksekutif sebagai lembaga eksekutif yang indukatif, inspiratif, dan peka terhadap lingkungan di sekitar.

Misi: 1) Mengembangkan potensi kreatifitas mahasiswa, 2) Membangun pola komunikasi dalam bentuk hubungan yang harmonis antara satu elemen dengan elemen yang lain, dan 3) menghilangkan kebudayaan diam dengan cara bersikap kritis terhadap fenomena-fenomena yang ada di sekitar.

Faqih turut senang melihat besarnya antusiasme mahasiswa Fakultas Psikologi yang berpartisipasi dalam Pemira kali ini. Ia menyebutkan bahwa Pemira pada tahun ini mendapatkan lebih dari 50% suara mahasiswa. Hal tersebut menunjukkan besarnya kesadaran mahasiswa akan pentingnya Pemira. “Saya sangat berterima kasih karena pada tahun ini lebih dari 50% mahasiswa secara keseluruhan menggunakan hak pilihnya. Hal ini menandakan bahwa terdapat peningkatan kesadaran pada diri mahasiswa terhadap pentingnya Pemira di kampus ini,” ungkapnya.

Sebagai Gubernur DEMA-F Psikologi yang baru, Faqih berharap agar teman-teman mahasiswa senantiasa meningkatkan kesadarannya untuk mengembangkan kreativitas dan potensi yang ada di fakultas. “Harapan saya dalam memimpin DEMA satu tahun ke depan yaitu agar semua sivitas akademika Fakultas Psikologi meningkatkan persatuan dalam pengembangan potensi karena melihat fakta-fakta mahasiswa sekarang banyak yang masih kurang memiliki kesadaran terhadap perkembangan kreativitas dan mampu meningkatkan potensi yang ada di Fakultas Psikologi,” harapnya.

Semangat yang besar pun ditunjukkan Faqih dengan perencanaan program awal DEMA-F Psikologi, yakni mengadakan Open Reqruitment DEMA-F Psikologi. Kemudian program selanjutnya yang diagendakan adalah kerja sama dengan SEMA-F Psikologi untuk mengadakan forum diskusi antarelemen yang ada di Fakultas Psikologi, yakni: komunitas-komunitas, LSO, departemen, dan tentunya juga pihak dekanat Fakultas Psikologi. (Red. Ms)

Reporter         : Mukhodatul Afidah

Editor               : Sofia Musyarrafah

Simpan

Tanggapan Anda

Silahkan login di akun facebook anda jika ingin memberikan komentar/tanggapan

Author: