Seminar Mozaik of Our Culture Bukti Hadirnya Peneliti Muda Antropologi

Meriahnya seminar Mozaik of Our Culture Sedang Pose Bareng Menunjukkan Hasil Karya
Meriahnya seminar Mozaik of Our Culture Sedang Pose Bareng Menunjukkan Hasil Karya

PsychoNews – Komunitas Penulis Muda Antropologi Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang akhirnya menggelar seminar bertajuk “Mozaik Of Our Culture” sekaligus launching buku pertama mereka yaitu “Mozaik”. Acara yang berlangsung pada Minggu (20/03/16) ini dihadiri oleh hampir seluruh mahasiswa semester dua Fakultas Psikologi UIN Malang beserta para dosen yang mengampu mata kuliah antropologi. Acara ini memberikan edukasi terkait antropologi psikologi atau yang dikenal dengan istilah antropopsikologi (sebuah kajian ilmu yang menjembatani pemahaman manusia terkait budaya dan mental serta perilaku individu atau kelompok masyarakatnya sekaligus bahasan ilmu yang menggabungkan konsep pengetahuan terkait antropologi dan psikologi).

Dekan Fakultas Psikologi UIN Malang, Dr. H. Luthfi Musthafa, M.Ag. dalam sambutannya memberikan apresiasi atas pergerakan Komunitas Penulis Muda Antropologi Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang yang secara masif dalam menjadi role model bagi mahasiswa lain untuk menjadi peneliti muda. Ia menegaskan bahwa budaya membaca adalah usaha utama untuk menjadi peneliti “Kalau Anda tidak pernah membaca buku, maka Anda tidak akan pernah tergerak untuk menulis”. Sambutan hangat lain yang diterima oleh para calon peneliti ini diberikan Wakil Dekan III Fakultas Psikologi UIN Malang, Dr. Moh. Mahpur, M.Si., “Siapa Anda besok adalah apa yang Anda lakukan hari ini!’’ Ia menambahkan bahwa kehadiran para mahasiswa baru di hari weekend itu dinilai sebagai bentuk deklarasi nyata para mahasiswa baru akan kesiapan ke depan berkarya di bidang penelitian Psikologi.

Acara yang beragendakan launching dan bedah buku “Mozaik” ini dipimpin oleh editor dari buku “Mozaik” yaitu Anwar Fuady, MA., serta beberapa perwakilan dari para penulis. Beberapa rangkaian acara terlaksana dengan meriah bahkan ketika Master of Ceremony (MC) baru membuka acara. Ruangan tidak pernah sepi dari berbagai pertanyaan dari para mahasiswa yang sangat antusias dalam menyambut karya ini, bahkan untuk menambah kemeriahan acara, panitia juga mengundang penampilan live music dan berbagai tarian yang diisi oleh para pengiat seni di Fakultas Psikologi UIN Malang.

Pada salah satu sesi di akhir acara Akhmad Mukhlis, M.A., yang didapuk sebagai pembicara sekaligus pencetus ide dari karya ini memberikan petuah yang sangat berharga kepada para mahasiswa yang hadir. Ia berharap mereka lebih peka pada fenomena yang terjadi di sekitar mereka. Sehingga para calon peneliti ini diharapkan dapat melihat fenomena budaya yang ada di hadapan mereka dan tidak terpaku pada budaya atau ritual dari sebuah daerah saja karena pada dasarnya budaya merupakan semua tingkah laku manusia yang berasal dari produk pemikiran manusia.

Berbagai tanggapan dan effort positif disampaikan para mahasiswa ketika mengikuti kegiatan ini, Ketua pelaksana seminar Mozaik of Our Culture, Jamiyatus Sholichah, menyatakan “Seminar ini terlaksana bukan sebagai wadah pamer siapa yang hebat. Namun ini merupakan wadah aktualisasi atas kekaryaan mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Malang kepada mahasiswa baru. Acara yang dimaksudkan untuk memompa semangat para mahasiswa baru dalam melakukan penelitian kebudayaan ini juga berhasil memotivasi para mahasiswa untuk terus berkarya yang lebih baik kedepannya seperti Isa Ahmad, salah satu peserta, menyatakan launching dan bedah buku “mozaik” membuat dirinya menjadi semakin semangat untuk menulis penelitian antropologi yang lebih baik dari yang sebelumnya. (Red. Ms)

Penulis : Wahyu Riska Elsa Pratiwi

Editor   : Subhanallah Ramadhan

[button href=”http://psikologi.uin-malang.ac.id/wp-content/uploads/2016/03/Seminar-Mozaik-of-Our-Culture-Bukti-Hadirnya-Peneliti-Muda-Antropologi.pdf” rounded=”” size=”btn-mini” style=”nonestyle” target=”_blank”]Simpan Berita[/button]

Tanggapan Anda

Silahkan login di akun facebook anda jika ingin memberikan komentar/tanggapan