38 Judul Penelitian Didiseminasikan dalam Seminar Hasil PKL

 Liputan Terkini, Rilis Berita
Semangat : Salah satu peserta PKL mempresentasikan hasil penelitiannya dalam seminar hasil PKL

Semangat : Salah satu peserta PKL mempresentasikan hasil penelitiannya dalam seminar hasil PKL

Psychonews – Ruang sidang Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang telah dipadati mahasiswa semester V dan VII (30/09). Pasalnya, ruang tersebut digunakan sebagai tempat seminar hasil PKL (Praktik Kerja Lapangan) yang terdiri dari tiga sesi pukul 14.00-17.00 WIB. Agenda ini wajib diikuti mahasiswa semester V sebagai audiens. Seminar ini pun dihadiri oleh beberapa dosen sebagai reviewer pelaporan hasil PKL tahun ini.

Peserta PKL terdiri dari mahasiswa semester VI (sekarang semester VII) ke atas. “Peserta PKL tahun ini mencapai 192 mahasiswa semester VI dan beberapa mahasiswa semester atas yang memenuhi syarat,” ujar salah satu peserta PKL. Setiap kelompok terdiri dari 5 orang mahasiswa dan dalam seminar ini salah satu perwakilan tiap kelompok mempresentasikan hasil program dan penelitian kelompoknya selama PKL berlangsung.

Seminar hasil PKL ini memberikan manfaat bagi mahasiswa semester V, baik pengetahuan mengenai kondisi ketika terjun ke lapangan, pengalaman menarik, dan ilmu. Tak heran, peserta PKL, audiens, dan reviewer nampak begitu antusias dalam mengikuti seminar hasil PKL ini. Hal ini berguna bagi mahasiswa semester V sebagai acuan dalam melaksanakan PKL tahun mendatang.

Luasnya peluang lapangan untuk melakukan PKL bagi mahasiswa Psikologi tentu perlu didukung dengan sumber daya mahasiswa yang berkompeten. Beberapa lembaga yang berpeluang untuk dijadikan sebagai tempat PKL di antaranya adalah lembaga pendidikan, perguruan tinggi, tempat bimbingan belajar, pusat pelatihan, bahkan pondok pesantren. “Sebenarnya mahasiswa Psikologi berpeluang untuk memasuki berbagai lembaga atau komunitas, seperti lembaga pendidikan, perguruan tinggi, bimbingan belajar, pusat pelatihan, bahkan pondok pesantren” ucap salah satu mahasiswa semester VII.

Seminar hasil PKL ini menunjukkan bahwa mahasiswa harus memiliki kemampuan mengidentifikasi masalah secara lebih luas dan mereka diharapkan untuk tidak membatasi dirinya. Oleh karenanya, mahasiswa dituntut untuk melihat fenomena dari berbagai sudut pandang, baik dari psikologi perkembangan, industri dan organisasi, sosial, dan lain-lain. “Harapannya mahasiswa tidak membatasi dirinya. Maksudnya adalah melihat fenomena dari berbagai sudut pandang, baik dari perkembangan, PIO, sosial, dan lain-lain,” harap salah satu mahasiswa yang mengikuti seminar tersebut. Selain itu, peserta PKL dinyatakan sukses apabila mereka mampu menginisiasi perubahan yang lebih baik di tempat mereka melaksanakan PKL tersebut.

Reportase : Mukhodatul Afidah
Editor          : Sofia Musyarrafah

Tanggapan Anda

Silahkan login di akun facebook anda jika ingin memberikan komentar/tanggapan

Author: