Mega Putih: Upgrading Trainer dengan TOT (Training of Trainter)

Instruktur Mega Putih memberikan materi lapangan dalam TOT
Instruktur Mega Putih memberikan materi lapangan dalam TOT

Tahun ini, merupakan tahun ketujuh Tim Outbound Mega Putih mengadakan TOT (Training of Trainer) dengan tema yang bertajuk “Upgrading Trainer”. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pada anggota tim yang baru bergabung dengan Mega Putih. “TOT merupakan agenda tahunan Mega Putih untuk memberikan pelatihan outbound pada calon trainer baru,” kata Faiz selaku direktur Mega Putih.

Agenda tahunan yang digelar di Desa Wisata Mronjo, Kabupaten Blitar kemarin (3/9) diikuti oleh 43 peserta yang sebelumnya telah lulus seleksi untuk bergabung bersama Tim Mega Putih. Tahun ini terdapat 80 peserta yang mendaftarkan diri untuk menjadi bagian dari Mega Putih dan hanya 58 peserta yang lolos seleksi. “Tahun ini ada 80 peserta yang mendaftar, diambil 58 peserta yang berhak mengikuti TOT dan yang bisa ikut TOT ada 43 peserta,” jelas Mahrus selaku ketua pelaksana TOT 07. Terdapat repon positif dari peserta TOT. Hal ini terlihat dari antusias peserta dalam menjalani rangkaian acara TOT.

Kegiatan yang berjargon “Belajar dan Bersenang-senang” memberikan berbagai materi dan pelatihan seputar outbound. Peserta dibekali dengan berbagai materi seperti pengenalan seputar Mega Putih dan outbound, public speaking, marketing, dan lain-lain. “Banyak banget materinya, kayak public speaking, ke-outbound-an, marketing,” kata Haniam salah satu peserta TOT07. Tidak hanya mendapat materi, peserta TOT juga berkesempatan untuk mengenal dan mempraktikkan peralatan outbound. “Kita juga diberi kesempatan buat mengenal alat-alat outbound secara langsung dan praktik menggunakannya. Ada banyak alatnya. Seru banget.,” tambah Haniam.

Peserta TOT juga diberi keterampilan dan pelatihan berpikir kreatif dengan mengerjakan tugas role play. Pada sebuah sesi, peserta diminta untuk berkelompok dan berperan menjadi sebuah tim outbound yang menawarkan jasa pada klien. “Tadi perkelompok diminta berperan jadi sebuah tim outbound yang nawarin jasa ke klien. Kelompok kita dikasih permasalah melakukan outbound di TK,” terang Ari salah satu peserta TOT07. Dari hal tersebut, peserta belajar tentang bagaimana menawarkan jasa pada klien, bernegosiasi, melakukan asesmen, hingga proses membuatan game atau outbound yang tepat sesuai dengan keinginan klien. “Dengan bermain peran gitu kita jadi banyak belajar gimana menghadapi klien, gimana nawarin jasa, benegosiasi, asesmen, sampek membuat game atau outbound yang kreatif buat menyelesaikan masalah dan memberi kepuasan pada klien” tambahnya.

Tidak hanya materi tentang outbound, peserta TOT07 juga dibekali dengan materi evakuasi dan kedaruratan medis. Materi evakuasi dan kedaruratan medis meliputi cara-cara untuk menangani kasus trauma seperti luka karena benturan dan kasus medis seperti maag, pingsan, dan lain-lain. “Materi ini meliputi cara penanganan kasus trauma kayak luka benturan dan kasus medis kayak maag, pingsan, dan lain-lain” kata Syukron, salah satu pemateri evakuasi dan kedaruratan medis.

Harapan Faiz, direktur Mega Putih, terhadap peserta TOT adalah dengan diadakannya training of trainer ini, tim Mega Putih dapat belajar bersama untuk mengupgrade kemampuannya di dunia outbound. “Harapannya kepada peserta TOT tetap semangat dan belajar bersama-sama untuk mengupgrade skill kita,” kata Faiz, selaku direktur Tim Outbound Mega Putih. Peserta juga berharap agar kegiatan TOT seperti ini tetap dijalankan karena kegiatan ini sangat bermanfaat terutama bagi anggota baru tim Mega Putih. “Harapannya kegiatan TOT seperti ini tetap dilaksanakan karena sangat bermanfaat banget, terutama buat anggota baru,” kata Razaf, salah satu peserta TOT.

Reporter  : Setyani Alfinuha
Editor       : Nur Jihan

Tanggapan Anda

Silahkan login di akun facebook anda jika ingin memberikan komentar/tanggapan