Gelar Seminar Inspirasi dan EXPO, IC PRO Ajak Mahasiswa Metamorfosa Diri

 Liputan Terkini, Rilis Berita
Muchlis Said menyampaikan pandangannya tentang metamorfosa

Muchlis Said menyampaikan pandangannya tentang metamorfosa

Psychonews – Kesuksesan memiliki banyak arti dalam diri seseorang bergantung variasi dan tolok ukur dalam memandangnya. Akan tetapi, jika sebuah kesuksesan dinilai dari keberhasilannya menginspirasi orang banyak, maka Komunitas Inspirator Class Programe (IC-PRO) Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang tentu dapat dikatakan sudah berhasil untuk membangun kesuksesannya dengan menghelat Seminar Inspirasi dan EXPO IC-PRO pada Kamis (10/09) dengan tema “Inspirator Is You”.

Bertempat di rektorat lantai V UIN Maliki Malang, acara berlangsung sangat semarak dan meriah. Acara ini sengaja direalialisasikan spesial untuk menyambut kedatangan mahasiswa baru Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang tahun ajaran 2015/2016. Hal ini sesuai dengan target komunitas IC-PRO sendiri yang berusaha menggebrak dan membangunkan jiwa-jiwa muda yang merindukan dekapan ilmu, perubahan, inspirasi serta motivasi.

Acara yang berlangsung dari pagi hingga sore ini menghadirkan tiga pembicara sekaligus yaitu Presiden Mahasiwa UIN Maliki Malang, Nanang Maasshobirin, wisudawan terbaik UIN Maliki malang periode II 2015, Fatin Hijriyah S. Pd.I serta penulis buku “Metamorfosa: dari siswa menjadi mahasiwa”, Muchlis Said ST., yang merupakan lulusan dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya (ITS). Selain seminar acara ini juga diisi dengan launching buku kedua dari salah satu mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Maliki Malang “Saiful Is Me: Diam-diam suka, Diam-diam terluka”, Photography Tips, DIY Craft Tutorial, Cooking Demo, Desain Creative, serta Make Up Demo. Semua acara dikemas dengan gaya fun dan young.

Ketiga pemateri yang mengisi seminar adalah para mahasiswa yang telah berkiprah positif ketika masih menyandang status mahasiswa sehingga dapat dijadikan sebagai role model bagi mahasiswa baru yang hadir dalam seminar tersebut. IC-PRO, selaku panitia penyelenggara seminar ini menegaskan bahwa tema dari seminar kali ini adalah “Inspirator Is You” dengan harapan setiap orang yang hadir dalam seminar ini menyadari bahwa masing-masing orang adalah inspirator untuk dirinya sendiri. Sehingga mereka mampu berproses menjadi individu yang produktif.

Stressing point pada seminar inspirasi ini ialah, metamorfosa seseorang dari siswa menjadi mahasiswa. Presiden Mahasiswa UIN Maliki Malang 2015, Nanang Maashobirin, menyebutkan istilah metamorfosa sama dengan hijrah yang diartikan sebagai perpisahan, perpindahan atau perubahan status dari satu keadaan menjadi keadaan lain, Hijrah dimaknai sebagai peristiwa yang penuh dengan spiritual yang diperjuangkan untuk mencapai puncak kejayaan. Sementara, Fatin H., menggunakan kata move on dalam menjelaskan metamorfosa. Bagaimana seorang siswa menyadari perannya, menentukan pilihannya dan berani untuk berpindah ke track yang lebih baik untuk menjadi mahasiswa yang bukan mahasiswa biasa tapi mahasiswa berprestasi yang luar biasa..

Muchlis Said, selaku penulis buku Metamorfosa, memberikan bekal kepada mahasiswa baru dalam menghadapi bangku perkuliahan. Ia menjelaskan bahwa mahasiswa harus menyiapkan amunisi sebelum melakukan metamorfosa dan perlu memahami kebutuhan mereka dahulu baik dalam Pola pikir, perilaku, dan jiwa yang pasti akan dihadapi oleh seorang mahasiswa.

Mahasiswa yang pada awalnya adalah seorang siswa perlu menata ulang Mindset atau kerangka pikirannya. Mindset dimaknai sebagai sekumpulan kepercayaan yang mempengaruhi perilaku dan sikap seseorang, jadi pada dasarnya Mindset itu adalah kepercayaan. Mahasiswa yang sudah memahami perannya sebagai mahasiswa tentu akan berpikir, bersikap sebagaimana seorang mahasiswa.

Psikologi mengajarkan mengenai keunikan setiap individu. Setiap orang memiliki ciri-ciri kepribadian tersendiri. Oleh karena itu melalui seminar ini diharapkan bisa memberi kontribusi pada pembentukan mindset yang positif dalam diri mahasiswa baru UIN Maliki Malang. Pembentukan mindset positif yang berhasil akan berujung pada perubahan perilaku individu (Red.Af)

Reportase : Wahyu Riska Elsa Pratiwi
Editor         : M. Anwar Fu’ady

Tanggapan Anda

Silahkan login di akun facebook anda jika ingin memberikan komentar/tanggapan

Author: